Kevyn Aucoin The Contour Book Volume II

A Contour and Highlight Kit for Dummy

Mar 4, 2016 | review | 2 comments

Hi Everyone, Gw sudah lama ingin mencoba produk Kevyn Aucoin yang banyak mendapat sambutan positif dari beauty community maupun professional MUA. Produk Kevyn Aucoin terkenal dengan kualitasnya yang baik; pigmentedsuper-blendablecreamy dan minimal fall-out. Holiday season tahun 2015 yang lalu Kevyn Aucoin mengeluarkan Limited Edition “The Contour Book, The Art of Sculpting & Defining Volume II”. Akhirnya gw memutuskan membeli produk tersebut dan ada beberapa note yang akan gw bagi dengan kalian.

First and foremost, what I look for in a contour & highlight product. Gw memilih warna cokelat dengan undertone keabu-abuan (cool tone taupe) daripada warna cokelat dengan undertone merah atau oranye (warm tone chocolate). Contour bagi gw adalah menciptakan bayangan atau ilusi untuk menonjolkan bagian wajah tertentu ataupun mendorong bagian wajah tertentu sehingga tampak lebih terstruktur. Nah, berdasarkan pengamatan gw dibawah sinar matahari biasanya bayangan yang terbentuk didaerah seperti tulang pipi, dahi, dan rahang menyerupai warna taupe dengan cool undertone. Sedangkan untuk highlight gw mencari produk yang sesuai dengan skin tone gw. Prinsip gw tidak ada produk yang bersifat universal, gw lebih memilih paduan warna dengan yellow undertone. Gw menghindari warna-warna dengan pink undertone atau yang memiliki kecondongan putih. Okay, let’s get down to business

Packaging:  Keren banget, dikemas dengan faux leather berwarna merah maroon dan cukup kuat. Didalamnya terdapat how to guide sederhana mengenai contour & highlight dan saran pemakaian produk, dan cermin sebesar palet itu sendiri. Namun sayangnya tidak ada semacam pemisah antara produk yang satu dengan yang lain sehingga terkadang fallout dari produk powder tercampur dengan produk krim dan shimmer fallout tercampur dengan produk matte. Produk yang kita dapatkan gw listed below:

  • 4 x 0.04oz/1.13gr eyeshadow BrightenStarlightCool TanRuddy Earth
  • 0.14oz/3.69gr The Sculpting Powder (full size product)
  • 0.16oz/4.51gr The Sculpting Cream (full size product)
  • 2 x 0.17gr/4.81gr The Celestial Powder & Cream in Candlelight (full size product)

Texture: Powder product baik eyeshadow maupun contour terasa sangat creamy, khususnya The Sculpting Powder dengan fall-out minimal. Produk berwarna matte agak sedikit lebih kering daripada yang berwarna shimmer.

Performance:  Eyeshadow mattecool tan dan ruddy earth memiliki pigmentasi yang baik dan dapat dibaurkan tanpa mengurangi pigmen awalnya. Aplikasi kedua eyeshadow ini juga merata (tidak patchy) walaupun teksturnya lebih kering daripada eyeshadow shimmer. Sayangnya tidak begitu dengan dua eyeshadow shimmer, brighten dan starlight. Keduanya memiliki pigmentasi yang baik pada saat di-swatch namun pada waktu dibaurkan akan sangat menipis (sheer out) sehingga yang terlihat hanya sapuan kilauan pada kelopak mata. Gw sudah mencoba dengan menggunakan primer baik bertekstur cream maupun tacky tetapi hasilnya tetap sama. Sehingga gw harus kerja “ekstra” dengan kuas mata flat agar warnanya tetap terlihat. Untuk highlightercandlelight cream berwarna soft champagne yang memberikan efek glowing yang lembut. Produk ini sangat gampang dibaurkan, gw sendiri menggunakan jari tangan untuk aplikasi di pipi, cocok sekali dipakai siang hari dimana kita tidak mau terlihat seperti disco ball. Untuk efek yang lebih dramatis misalnya dimalam hari, candlelight powder bisa disapukan setelah menggunakan candlelight cream. Tidak ada sama sekali serpihan glitter di candlelight powder sehingga terlihat alami. Untuk contouring, the sculpting powder memiliki pigmentasi yang luar biasa dan very blendable. Sebaiknya gunakan kuas yang tidak terlalu padat apabila ingin hasil yang lebih alami. Kemudian walaupun matte tetapi bertekstur sangat creamy layaknya cream product. Salah satu hal yang paling gw sukai pada cream product di palet ini adalah kemudahan dibaurkan pada waktu aplikasi sehingga tidak menyebabkan foundation bergeser atau pudar. Longevity produk ini sekitar 5-6 jam dan akan memudar secara merata sehingga touch-up dapat dibaurkan dengan halus. Satu lagi kejutan menarik dari palet ini, gw bisa menggunakannya untuk alis karena warnanya yang ashy (keabu-abuansesuai dengan preferensi gw. Gw cukup mencampur cool tan dan ruddy tan dan hasilnya cukup natural.

Verdict: A+! Worth the hype and the money. Palet multi-guna yang memberikan hasil sesuai dengan yang diinginkan baik alami maupun dramatis. Walaupun eyeshadow shimmer tidak terlalu terlihat namun hal itu tidak terlalu menjadi masalah karena terkadang gw memang menginginkan “look” seperti itu. Beberapa hal perlu dicatat, this will work for; 1) lighter skin girls (& guys) and maximum of N40 (gw sendiri NC-37), 2) Orang yang menginginkan sculpted face dengan warna yang lebih alami, 3) A simpler contour & highlight product dengan varian krim dan powder sesuai dengan preferensi individual. Palet ini dijual di beberapa on-line shop di Indonesia apabila tidak lagi tersedia dan kalian masih tertarik mencoba bisa membeli produk dalam palet ini secara terpisah. Gw harap review ini berguna untuk memberikan gambaran bagaimana produk ini perform. Sehingga kalian sedikit banyaknya bisa mengetahui apakah produk ini kira-kira cocok atau tidak sebelum membeli. I’ll see you in my next review and please do share your favorite contour & highlight product, a constructive discussion will always be welcomed. XOXO