Run Eat Sleep Repeat

Nike Running Club Jakarta

Lari mengalami berkembangan yang sangat pesat dalam 3-4 tahun terakhir. Gw sendiri adalah salah satu penikmat olahraga ini, gw mulai aktif berlari mulai dari tahun 2011. Popularitas yang meningkat dan makin banyaknya perlombaan lari semakin membuat olahraga ini digemari berbagai kalangan. Animo masyarakat yang tinggi bisa dilihat dari menjamurnya komunitas maupun klub lari baik di Jakarta maupun Indonesia.

Salah satu klub yang baru saja mengaktifkan kegiatan lari dan berlatih bersama adalah Nike Running Club atau lebih dikenal dengan sebutan NRC. Tidak hanya sekedar berlari bersama namun NRC juga memberikan coaching session dengan dua pelatih officialnya. Tidak tanggung-tanggung, latihan diberikan oleh Rustaman dan Agung Mulyawan. Rustaman adalah pelatih utama JRR (Jakarta Rustaman Runner) dengan catatan waktu marathon terbaik 2jam 58menit! (SCMS, 2011). Agung Mulyawan sendiri adalah founder Gantarvelocity yang pernah melatih Sigi Wimala untuk persiapan San Fransisco Women’s Marathon. Kesempatan yang bagus banget dong untuk ikut berlatih bersama NRC.

Akhirnya gw memutuskan ikut berlari bersama NRC di kedua sesi and I have to say, I’m impressed! The running/training event is very well-organised. Menurut gw pribadi NRC ini cocok banget baik bagi pemula maupun yang sudah sering berlari. Pemula bisa sangat terbantu dengan berbagai pilihan jarak dan pace sesuai kemampuan. Bagi yang sudah sering berlari, it would be nice to have a large number of training buddies. Fokus sesi Kamis malam yang gw ikuti adalah memperbaiki form lari dan meningkatkan kecepatan berlari (speed play). Program hari itu mengajak peserta berlari sejauh 3km dengan 5 kecepatan berbeda disetiap 600m, easy pacemarathon pacefastfasterfastest. Sesi Minggu pagi disedikan 3 pilihan jarak mulai dari 5km, 8km, 12km dengan pace mulai dari 6:00, 7:00, 8:00 menit/km. Pacers are available to lead and keep you focus to finish with the desired pace. Minggu lalu gw menempuh jarak 8km dan water station disediakan setiap kira-kira 2,5km. Trus gimana dong kita foto-foto, penting banget tuh pajang di instagram atau social media flatform lainnya. Well, fear not! photographer disediakan oleh NRC, bukan hanya group photo loh tetapi juga dibeberapa titik rute yang dilalui. Nah menurut gw disini kelebihan NRC dari klub-klub lainnya di Jakarta. Kalian tinggal membawa badan dan tidak usah khawatir masalah lainnya seperti hidrasi, pacing yourself atau foto-foto. Nike is supporting you 100% to go through your training without have to worry about anything. Kudos Nike! Jadwal tetap untuk sementara ini adalah

1. Ready Speed Go Run

  • When: Kamis, re-registration at 6.30pm and program start at 7.04pm
  • Where: Nike store at fX Sudirman

2. Home Run

  • When: Minggu, program start at 6.04am
  • Where: Taman Menteng

Peserta tidak diwajibkan memakai atribut Nike, no pressure at all. Keikutsertaan tidak dipungut biaya alias gratis! Oh iya, one more thing sebelum mengikuti sesi latihan, gw usahakan selalu mendaftar terlebih dahulu, daripada go show and risk it not be able to run. Kalian bisa mendaftar DISINI sekalian untuk mengecek jadwal ter-update, gosipnya nih akan ada sesi training tambahan selain Rabu dan Minggu. So, what are you waiting for? Come run with Nike!