Sampar Pure Perfection Kit

A rescue kit for troubled skin

Mar 8, 2016 | review | 4 comments

Hi Everyone,

Gw adalah salah satu perempuan yang religiously mengunjungi dokter kulit. Setelah lebih dari 10 tahun akhirnya gw memutuskan no more dermatologist karena jujur saja gw tidak percaya lagi dengan dermatologist (we can discuss that in another post). Mulailah petualangan gw dengan over the counter product. Beberapa teman gw menggunakan Sampar Prodigal Pen dan rave how it does magic to their blemishes. Gw pun memutuskan mendatangi konter Sampar. BA menyarankan gw membeli Sampar Pure Perfection Kit yang terdiri dari Sampar Prodigal Pen, Sampar Poreless Magic Peel, Sampar Nocturnal Rescue Mask dari Sampar Pure Perfection, solution for blemish-prone skin. Pure Perfection line sendiri di deskripsikan sebagai rangkaian produk untuk mengembalikan harmoni dan keseimbangan kulit yang kaya akan minyak esensial yang membantu melindungi kulit berminyak dan kombinasi dari polusi lingkungan.

Sama seperti review sebelumnya let’s go over my skin condition, pada waktu awal pemakaian produk ini gw belum menjalani HRT (Hormone Replacement Theraphy). Gw adalah penderita PCOS dan salah satu efeknya adalah kelebihan hormon androgen (hormon laki-laki) membuat muka gw sangat berminyak dan berjerawat. Sehingga gw ingin perawatan yang bisa menekan produksi sebum (minyak), mampu membersihkan sumbatan pada pori-pori dan tidak terlalu keras sampai menimbulkan iritasi.     

Now I will go over each item I got from the kit

1. Sampar Prodigal Pen

Packaging: Sangat praktis dengan berbentuk roll-on pen dengan container seperti kaca tetapi tidak gampang pecah. Packaging-nya sangat baik sehingga produk yang berbentuk cairan tidak tumpah dan mudah dibawa kemana-mana untuk diaplikasi kapan saja. Produk yang didapat sebanyak 0.21 oz/6.21ml.

Texture: Seperti air sehingga gw tidak bisa memberikan foto.

Scent: Berbau seperti produk after shave cologne tetapi tidak menyengat.

Performance Produk ini dapat diaplikasikan sebanyak 4-5 kali sehari di jerawat, ada sedikit cooling sensation yang nyaman pada saat diaplikasikan di kulit. Memang tidak ada indikasi pasti di klaim yang menjanjikan jerawat akan kering dalam waktu tertentu. Sayang sekali di kulit gw produk ini sama sekali tidak memberikan efek. Jerawat gw baik papules (jerawat dengan benjolan bulat merah tanpa mata) maupun pastules (jerawat yang biasanya berisi cairan putih/kuning) tidak lebih cepat mengering dari biasanya dan yang lebih mengecewakan malah membuat kulit disekitar jerawat menjadi flaky. Gw menyayangkan sepertinya Sampar kurang transparan dengan ingredients yang diinformasikan ke pelanggan. Website Sampar di SINI hanya menuliskan ingredients yang “baik” saja yaitu 8 jenis minyak esensial dengan zat anti bakterial (kayu manis, lavendar, savory, timi, oregano dan cengkeh) untuk memperbaiki kulit berjerawat dan minyak sage untuk menyeimbangkan kulit berminyak. Namun setelah gw teliti lebih jauh di packaging dan tube roll-on pen tertulis bahan utamanya adalah alkohol denat dengan konsentrasi 70% dari jumlah produk yang didapat. Alkohol denat adalah jenis alkohol yang dapat menyebabkan iritasi di kulit dan menimbulkan free-radical damage yang mempercepat proses penuaan dini alias keriput.

Verdict: Produk ini dapat dibeli secara satuan seharga IDR 250k untuk 6ml. Harga ini sangat mahal apalagi dengan bahan utama hanya alkohol denat. Produk ini tidak mempercepat keringnya jerawat di muka gw ditambah dengan bahan yang menyebabkan proses penuaan dini it is such a disappointing product, definitely I won’t repurchase this product individually.

2. Nocturnal Rescue Mask

Packaging: Dikemasannya cukup ringan yaitu botol plastik dengan pump dan tutup transparan. Produk yang didapat sebanyak 1.7 oz/50ml.

Texture: Produk ini sangat ringan, tidak berminyak dan konsistensinya tidak terlalu padat tetapi tidak watery

Scent: Sedikit berbau citrus namun sangat tipis sehingga tidak begitu tercium kecuali mendekatkan hidung ke pump.

Performance: Produk ini dipakai sebagai krim malam untuk muka dan leher. Klaimnya cukup banyak diantaranya mengurangi produksi sebum (minyak), memperkecil pori-pori, mengurangi kemerahan dan membuat kulit terlihat lebih matte. Produk ini juga memperkuat perlindungan bagi kulit terhadap polusi, berperan sebagai anti-oxidant dan membantu meningkatkan proses penyembuhan kulit. Gw tidak mengalami purging maupun break-out. Biasanya gw memakai produk ini di hari dimana kulit terasa super dehydrated apalagi gw menghabiskan sebagian besar waktu hampir 12-16 jam berada di ruangan ber-AC, efek penggunaan krim berbasis AHA dan produk perawatan untuk jerawat. Apalagi dengan terapi hormon terkadang kulit gw menjadi super kering dan produk ini benar-benar membantu mengembalikan kelembaban kulit gw tanpa membuatnya berminyak. Pada saat bangun pagi muka gw rasakan adalah kulit kembali moist, lembut, dan plump (kenyal) namun tidak mengencangkan pori-pori. Gw juga memperhatikan tekstur kulit gw sedikit membaik misalnya di daerah jerawat yang sudah mengering dimana biasanya tekstur kulit gw menjadi kasar dan produk ini membantu kembali memperhalus daerah tersebut, seperti mengikis sedikit demi sedikit untuk kembali menghaluskan kulit gw. Pada saat aplikasi tidak ada sensasi yang menganggu, bahan utama produk ini adalah air sehingga tekstur tidak terasa berminyak dan berat.

Verdict: Produk penyelamat bagi kulit gw, gw bisa mencampurkan dengan produk lain maupun dipakai sendiri. Gw suka rasanya seperti tidak memakai krim apa-apa karena sangat ringan walaupun kadang gw suka memakai secara berlebihan (2 pumps). Manfaat vitamin E dan protein kedelai benar-benar terasa untuk mengembalikan kelembaban di kulit gw. Produk ini melembabkan tanpa membuat berminyak. Tetapi mohon diperhatikan bagi kalian dengan kulit sensitif sayangnya produk ini memiliki unsur fragrance (parfum) sehingga mungkin bisa menyebabkan iritasi.

3. The last product is Poreless Magic Peel

Packaging: Dikemasannya cukup ringan yaitu botol plastik dengan pump dan tutup transparan. Produk yang didapat sebanyak 1.7 oz/50ml.

Texture: Produk ini sangat ringan, tidak berminyak dan konsistensinya lebih terlalu padat dari nocturnal rescue mask.

Scent: Sama seperti nocturnal rescue mask

Performance: Produk ini dideskripsikan kaya akan enzim restoratif untuk mengurangi blemish, membuat kulit terlihat lebih matte, memperhalus permukaan kulit, membersihkan pori-pori secara mendalam, menyamarkan bekas jerawat dan menguatkan kemampuan untuk menyembuhkan dan memperbaiki kulit. Sama seperti diatas, kulit gw tidak mengalami masalah beradaptasi dengan produk ini. Mattifying agent-nya bekerja dengan baik, produksi minyak gw cukup tertahan walaupun gw memakai high spf sunscreen. Namun tetap gw harus blot maupun touch up dengan bedak di siang hari. Sayangnya fungsi utama produk ini yaitu poreless magic peel tidak benar-benar bekerja, gw masih melihat beberapa blackheads yang lumayan besar. Gw rasa tidak ada efek yang signifikan terhadap bekas jerawat namun membantu permasalahan tekstur kulit yang semakin membaik seiring dengan penggunaan produk ini. Karena tetap membuat kulit gw matte dan memberikan permukaan yang lebih halus maka gw tidak harus memakai primer.

Verdict: Gw sendiri memang tidak pernah berharap sebuah produk dapat memenuhi klaimnya 100%. Gw sudah cukup puas dengan kemampuannya menekan produksi minyak, membantu memperhalus tekstur muka gw, menjaga kelembaban kulit dan tidak breakout dan iritasi. Oh iya, salah satu bahan utama produk ini adalah glycolic acid untuk membantu pengelupasan lapisan kulit mati. Jadi apabila memakai produk ini jangan lupa untuk memakai sunscreen karena kulit kita akan lebih sensitif terhadap matahari.

That’s a really long review. Kesimpulannya Sampar Pure Perfection Kit ini patut untuk dicoba bagi kalian yang mempunyai kulit kombinasi/berminyak dengan masalah jerawat dan tekstur pada permukaan kulit dan bagi kalian yang kesulitan menemukan produk yang bisa menjaga kelembaban kulit namun masih ingin menjaga produksi minyak di kulit tetap terkontrol. Selain itu teksturnya juga ringan dan tidak berminyak sehingga dapat dikombinasikan dengan produk lain maupun makeup. Harganya juga lebih ekonomis dibanding membeli produk secara satuan, contohnya Poreless Magic Peel  berukuran 30ml dijual seharga IDR 440k. Sedangkan set ini bisa dibeli seharga IDR 880k untuk 2 produk dengan ukuran lebih besar. How about you, what is your skin care routine look like? Share your must-have product and your least favorite product. I hope you’ll be stopping by again in my next review, see you soon. XOXO