Bye Bye Blemish

A true Hollywood celebrity skin care secret or nothing but a gimmick?

Mar 15, 2016 | review | 10 comments

Hi Everyone,

Gw perhatikan akhir-akhir ini mulai tren produk pengering jerawat berbahan dasar sulfur. Sebut saja salah satu yang paling terkenal adalah Mario Badescu drying lotion, Eradikate acne treatment, dsb. Gw akhirnya mencoba mencari alternatif yang lebih murah dari kedua produk tersebut, pilihan gw jatuh pada Bye Bye Blemish. Let me break it to you, biasanya sebelum membeli produk gw cek dulu bahan-bahan utama produk tersebut untuk meyakinkan gw apakah worth it to spend that much money on one product. Setelah gw teliti ternyata dua mid-end brand diatas menggunakan bahan dan komposisi yang sama dengan produk pilihan gw. Perbandingan ketiga produk bisa kalian lihat disini:

  1. Mario Badescue, drying lotion. Range harga IDR 330k-350k (exclude ongkir) untuk 30ml/1 oz. Bahan-bahan produk ini adalah Isopropyl Alcohol, Aqua (Water), Calamine, Camphor, Sulfur, Zinc Oxide, Titanium Dioxide, Talc, Glycerin, Salicylic Acid.
  2. Eradikate, acne treatment-Sulfur 10%. Harganya sekitar USD 24 (exclude tax) untuk 30ml/1 oz, gw cek barang ini sudah bisa di PO dibeberapa online shop di Indonesia. Bahan-bahan produk ini adalah Isopropyl Alcohol, Water, Camphor, Magnesium Aluminum Silicate, Salicylic Acid, Iron Oxides, Zinc Oxide.
  3. Bye Bye Blemish, drying lotion. Range harga IDR 179k-IDR 220k (exclude ongkir) untuk 28gr/1 oz. Bahan-bahan produk ini Sulfur 10 % (Acne Treatment), Isopropyl Alcohol, Water (Aqua), Zinc Oxide, Salicylic Acid, Camphor, Magnesium Aluminum Silicate, Iron Oxides.

Bisa dilihat, produk yang lebih mahal belum tentu menggunakan bahan yang berbeda dari versi drugstore-nya bahkan dengan komposisinya yang hampir sama. Jadi as a savvy shopper tentu gw lebih memilih produk yang paling murah. Anyway, bukan maksud gw untuk bashing dua produk lainnya ya. Hanya sebagai penekanan bahwa affordable product ada kalanya memiliki bahan dan mutu yang sama dari produk yang lebih mahal.

Produk ini mengklaim dapat secara cepat mengurangi ukuran dan tingkat keparahan jerawat, salicylic acid membantu pengelupasan sel-sel kulit mati yang kemudian membantu bahan-bahan alami pengering jerawat untuk masuk kedalam pori-pori dan mengobati infeksi. Sorry for the long background, let’s move on to the review.

Packaging: Botol kaca dengan screw-cap lid, kacanya sendiri terlihat cukup ringkih jadi kalian harus sedikit hati-hati menyimpannya.

Texture: Terbagi menjadi dua, bagian atasnya berupa air bening sisanya seperti butiran pasir halus berwarna merah jambu.

Scent: Berbau kimia cukup tajam seperti alcohol bercampur dengan sulfur (tetapi bau belerang tidak begitu tajam).

Performance: Produk ini bekerja dengan baik untuk menangani pustules (jerawat bermata yang berisikan cairan putih atau kuning) baik yang berukuran kecil maupun besar. Untuk pustules kecil biasanya dalam 1 hari jerawat secara signifikan akan mengering dan 2-3 hari untuk benar-benar kering. Tetapi untuk yang berukuran besar biasanya gw harus menunggu 2-4 hari untuk secara signifikan mengecil dan kering dan 1 minggu untuk benar-benar kering, tergantung dari parahnya jerawat tersebut. Sedangkan untuk papules (jerawat tidak bermata) nah produk ini kurang ampuh untuk menanganinya, bisa hingga 2-3 minggu pemakaian baru jerawat ini akan mengecil, keluar mata jerawat berwarna putih ataupun mengering. Gw sendiri tidak mengalami masalah over-drying maupun flakiness disekeliling kulit yang berjerawat, mungkin karena gw cukup berhati-hati mengoleskan produk ini dengan cotton bud di titik jerawat itu sendiri. Satu lagi hal yang gw suka adalah pada saat aplikasi tidak terlalu terasa menyengat maupun perih (diaplikasikan bukan didaerah yang luka atau jerawat yang terbuka) dan dapat dicampurkan dengan produk lain. Biasanya gw menggunakan skin care yang lain dan mengoleskan produk ini sebagai tahap terakhir. Gw sendiri suka bandel, menurut petunjuk pemakaian produk tidak boleh dikocok dan hanya dipakai bagian yang menyerupai air jernih saja tetapi kadang apabila gw ingin efek lebih cepat gw akan mengocok produk tersebut dan memakai campuran bagian jernih dan pasir merah jambu. Produk ini tidak bekerja untuk blackheads maupun comedo.

Verdict: Gw cukup puas dengan produk ini karena cukup ampuh daripada pengering jerawat lain yang ada dipasaran. Hanya saja apabila gw hanya menggunakan bagian yang menyerupai air jernih maka produk ini cukup mahal karena jumlah yang sebenernya gw dapat sangat sedikit (bagian yang berupa air jernih hanya setengah dari ukuran botolnya). Jujur saja, gw masih mencari alternatif lain dengan harga yang lebih bersahabat namun untuk sekarang gw bisa menyatakan acne-treatment ini adalah pilihan utama gw untuk membasmi jerawat.

Sorry karena before and after picture tidak tersedia, kebetulan pada saat review ini dibuat gw sedang tidak ada jerawat. I hope to see you soon dan kalau kalian tahu ada produk lain yang cukup ampuh mengatasi jerawat please do share it with me. I’ll be happy to try it out and of course report back to you in a review. XOXO