Éstee Lauder Mini Lipstick Set

A try out kit for the curious mind

Apr 16, 2016 | review | 10 comments

Hi Everyone,

Gw akan membuka dengan Estee Lauder Be Envied: Pure Color Envy Sculpting Lipstick Collection, fiuh namanya panjang ya! Kali ini gw membahas satu lagi Holiday Edition 2015, jangan khawatir produk di dalam set ini merupakan koleksi permanen dari seri Pure Color Envy Sculpting Lipstick. Set ini available di counter resmi Estee Lauder, berisi 4 mini lipstik dengan varian warna mulai dari nude hingga bright red. Sebelum masuk ke review mari sama-sama kita lihat dulu klaim produk ini. Ada 3 aspek yang ditonjolkan yaitu: Sculpts, hydrates, intensifies. Warna yang intense akan membantu membuat bibir terlihat indah, membentuk bibir hingga terlihat lebih berisi namun tetap menjaga kelembaban bibir. Super creamy dan dengan hanya sekali usap mampu bertahan selama 6 jam.

This review will be heavy with photos, now let’s get started

Packaging: Gw suka banget warna navy blue dengan glossy finish dan aksen emas, selain itu bentuknya juga kotak tidak seperti lipstick lain pada umumnya. Sesuai namanya memang benar-benar mini, hanya seukuran jari kelingking gw, produk yang didapat sebanyak 1.2 gr/0.04 oz. Jadi total kita mendapatkan sekitar 4.8gr, sedikit lebih banyak dari ukuran normal sebesar 3.5 gr/1.2 oz. Dilengkapi juga pouch mini faux leather sewarna dengan tube lipstik beresleting emas.

Texture: Lived up to its claim, super creamy tetapi tidak membuat lipstik menjadi cepat patah pada waktu diaplikasikan ke bibir.

Scent: berbau vanilla tetapi tidak menyengat, hampir tidak kentara.

Performance: Secara umum ada beberapa hal yang konsisten dari lipstick ini, regardless the color lipstik ini sangat creamy dan benar-benar melembabkan bibir. Banyak sekali lipstick yang creamy hanya pada saat di-swatch namun apabila dipakai 1-2 jam kemudian akan membuat bibir seperti gurun sahara. Namun tidak dengan lipstik ini bahkan dengan jangka waktu pemakaian 6-7 jam bibir tetap terasa lembab dan tidak lengket di bibir. Karena satin finish sehingga tidak menonjolkan kerutan di bibir jadi cocok sekali untuk mature lips atau yang bibirnya cenderung kering. Gw sekarang akan bahas berdasarkan warna karena tiap warna menurut gw memiliki performance yang berbeda-beda.

Tumultous Pink (240) Beautiful color! berwarna fuschia gelap dengan nuansa ungu yang sangat kental. Warnanya sangat opaque dengan satin finish dan dengan sekali usap sudah bisa menutup seluruh permukaan bibir dengan baik. Tentu saja karena bukan long lasting lipstik maka dengan mudah transfer tetapi tidak bleeding walaupun tanpa menggunakan lip liner sebelumnya. Untuk warna ini, lipstik tidak terlalu cepat pudar warna masih terlihat kira-kira 2-3 jam sebelum warnanya pudar. Anehnya warna lipstick ini tidak benar-benar pudar namun meninggalkan sedikit noda seperti menggunakan lip stain, hal ini gw perhatikan setelah gw makan dan minum. Selain itu apabila gw ingin memberikan kesan matte gw cukup blot dengan tisu, tisu akan mengangkat kilap tetapi pigmentasi warna tetap melekat di bibir. Biasanya warna yang memudar terlebih dahulu adalah bagian luar dan bagian dalam bibir gw masih akan terlihat sisa-sisa lipstik. Namun hal ini tidak masalah karena lipstik ini bisa di-layer dengan sangat mudah.

Envious (340) Berwarna merah terang, karena gw ingin mengetes sampai sejauh mana lipstik ini bisa bertahan so I brought on the big gun to apply it. Step 1, gw apply lapisan tipis menggunakan kuas dan menekan ke bibir gw sehingga meresap dan membentuk seperti lip tint kemudian blot Step 2, kembali menggunakan kuas dan mengaplikasikan produk lebih banyak ke bibir dan kembali blot. Terakhir, gw aplikasikan langsung dari tube nah biasanya dengan teknik layering semacam ini warna akan bertahan cukup lama. Gw memakainya sebelum makan siang dan sehabis makan siang berselang 2-3 jam saja warnanya kembali pudar. Staying power-nya memang sangat mengecewakan. Gw sendiri berharap bukan sekedar tertinggal tint di bibir gw tetapi warna yang full apalagi dengan extra steps yang sudah gw lakukan.    

Desirable (120) Warna light nude pink yang sayangnya kurang cocok bagi gw as you can see I look dead in the picture. Dari ke 4 warna yang ada, warna ini memiliki pigmentasi yang paling buruk. Pigmentasinya Meh! walaupun nude bukan berarti tidak pigmented dan lipstik ini sama sekali tidak terlihat warnanya. Apabila gw ingin menutup seluruh permukaan bibir gw dengan baik maka gw harus mengusapkan sedikit foundation yang tersisa ke bibir gw agar warnanya lebih terlihat. Seperti Intense Nude, ketahanan maksimal hanya 2 jam begitu bibir gw menyentuh gelas maka semua pigmen rasanya langsung berpindah tanpa menyisakan sedikit pun di bibir gw.

Intense Nude (130) ini warna favorit gw karena mirip dengan warna asli bibir gw, my lips but better. Warna nude cokelat dengan sedikit pink tone dan ungu mungkin lebih gampang kalau gw bilang mauve-ish,  sangat mirip dengan MAC Twig namun Twig lebih condong ke warna cokelat dengan nuansa ungu yang lebih terang. Pigmentasinya in-between, tidak terlalu pigmented namun juga tidak mengecewakan. Gw sendiri perlu 2-3 layer sebelum puas dengan hasilnya dan yang sangat mengecewakan adalah ketahanannya hanya sebentar, dalam waktu 1-2 jam warna sudah memudar. Jadi buat yang tidak punya banyak waktu pasti akan sangat terganggu karena harus selalu touch up. Entah kenapa warna-warna yang lebih muda dari koleksi ini lebih mudah transfer misalnya ke cangkir daripada warna-warna yang lebih terang.

VerdictHarga koleksi mini lipstik ini sekitar IDR 1 juta (kamu bisa mendapat potongan harga sebesar IDR 200k dengan pembelanjaan minimal kalau tidak salah IDR 800k) dengan total produk sebanyak 4.8 gr/0.16 oz dan pouch cantik dibanding dengan harga full size 3.5 gr/1.2 oz yaitu sekitar IDR 420-500k. Menurut gw sama sekali tidak worth the money karena kita hanya ibaratnya membeli 1 lipstik dilengkapi pouch seharga 2x lipat. Walaupun mendapatkan 4 warna yang berbeda namun perlu diingat kemungkinan warna-warna tersebut ada yang tidak cocok dengan skin tone kita. Gw sendiri cukup beruntung cocok memakai 3 dari 4 warna yang terdapat di set ini. Gw juga berpendapat kualitas lipstik ini tidak terlalu spesial, variasi warnanya memang bagus dan opaque namun staying power-nya sangat buruk. Maksimal 3 jam dengan catatan tidak makan hanya minum dan gw harus touch up kembali. Sehingga tentu saja dengan beberapa kali touch up maka produk akan cepat habis dan untuk harga semahal ini I sure won’t be rushing to the store to buy some more. Klaimnya dapat membantu membentuk bibir juga terasa berlebihan karena itu tergantung pemakaian masing-masing individu. Menurut gw masih banyak produk lain dengan harga lebih murah dengan mutu yang sama atau lebih baik dari segi pigmentasi, ketahanan yang jauh lebih baik, creaminess, dan variasi warna.

Kalian sendiri bagaimana, apakah sudah ada yang pernah mencoba lipstick ini? Atau mungkin bisa menyarankan produk yang lebih baik, please share your thoughts or maybe suggestion how to prolong the wear time.  I’ll see you in my next review dan semoga tulisan gw membantu kalian sebelum memutuskan membeli. XOXO