Bourjois Rouge Velvet Edition

A long wearing comfortable liquid lipstick

Apr 19, 2016 | review | 0 comments

Hi Everyone,

Gw akan membahas Bourjois Rouge Velvet Edition sebagai artikel kedua dalam rangka #lipstickmonth. Yes, I’m late to the party karena walaupun tersedia counter resmi namun produk ini impossible to find dan gw tidak mau membayar harga lebih mahal dengan berbelanja di online shop. Untungnya sekarang produk ini mulai bermunculan di beberapa counter resmi sebut saja Sephora, Watson Pasific Place & PIM 2, dan tempat lainnya. Gw memiliki 2 shades dari 13 shades yang ada, 02 Frambourjoise dan 07 Nude-ist yang gw hauled Maret yang lalu. Sedikit bocoran, I really like this productOkay sekarang mari kita bahas claim dan review produk ini.

Fokus dari produk ini adalah matte dengan formula yang sangat ringan. Tekstur yang digambarkan lembut, meleleh pada saat disapukan di bibir, bibir tetap lembut terasa seperti kulit kedua tanpa mengeringkan bibir. Formula yang kaya akan pigmen sehingga setiap shade akan mampu menutup bibir dengan warna yang tebal dan intense. Lipstick ini juga di klaim bertahan selama 24jam, tanpa perlu berkali-kali touch-ups! Uniknya di klaim tertulis jumlah responden dan persentase dari jawaban responden, sebanyak 78% setuju bahwa tekstur lipstick ini tidak terlihat dan 79% mengatakan nyaman dipakai sepanjang hari.

Packaging: Cukup menarik dengan warna yang vibrant sesuai shade lipstick tersebut, dikemas dalam botol akrilik jernih sehingga warna lipstick terlihat dengan mudah dilengkapi dengan doe-foot aplikator. Ukurannya kecil tetapi berisi produk yang cukup banyak, 6.7ml. Jika kita bandingkan dengan produk sejenis misalnya Ofra Long Lasting Liquid Lipstick 6ml, Anastasia Beverly Hills Liquid Lipstick 3.2g, Colorpop Ultra Matte Lipstick 3.2gr (1gr = 1ml)

Texture: bertekstur mousse-y namun ringan dengan konsistensi cukup padat, sama sekali tidak cair. Gw sedikit khawatir apakah produk akan cepat mengering karena teksturnya yang seperti mousse. Sampai sekarang produk yang gw miliki belum ada tanda-tanda mengering jadi gw tidak bisa berpendapat mengenai hal ini.

Scent: berbau kimia cukup menyengat, sedikit mengganggu pada waktu gw membuka tutupnya tetapi tidak tercium setelah produk selesai di aplikasikan.

Performance: 1st of all, gw tidak suka doe-foet aplikatornya. Bentuknya kurang pipih dan walaupun miring di satu sisi tetapi tidak begitu pointy, jadi aplikasi tidak begitu tepat. Akhirnya gw harus menggunakan lip liner. Produk ini konsisten dalam hal pigmentasi dan ketahanan pakai walaupun dari dua spektrum warna yang berbeda. 02-Frambourjoise menurut gw berwarna merah dengan hint pink apabila di swatch namun di bibir gw nampak seperti true red dengan undertone netral sedangkan 07 – Nude-ist berwarna dusty rose warm dan tidak terlalu muda sehingga cocok bagi kulit gw. Gw perhatikan karena teksturnya yang tidak begitu padat maka pada waktu diusapkan ke bibir pigmentasi menjadi berkurang (tidak terlalu opaque) sehingga gw memerlukan dua kali usap untuk menutup seluruh bibir. Setelah itu warna tidak akan langsung berubah menjadi matte, gw perlu menunggu sekitar +/- 20 menit. Pada waktu lipstick sudah mengering sekitar 1 jam di bibir terasa ada lapisan lilin tipis dan sedikit lengket, tacky seperti lem bulu mata yang akan mengering tetapi tidak mengganggu. Tidak terasa sangat lengket seperti kita memakai lip gloss. Transfer terjadi cukup banyak (tebal) misalnya di tissue dan cangkir kopi gw tetapi anehnya pigmentasi tetap bertahan dengan baik di bibir. Selain itu bibir terasa tidak begitu kering. Bibir tetap terlihat normal dan tidak berubah menjadi kisut, seperti matte lipstick lain yang seakan-akan menyedot semua kelembaban di bibir sehingga kerutan di bibir menjadi semakin terlihat. Warnanya sedikit memudar dibagian dalam bibir namun tidak menggumpal (crumble) sehingga pada saat gw touch-up bibir terlapisi dengan baik. Nah sedikit masalah adalah layer baru ini membutuhkan waktu lebih lama untuk mengering menjadi matte, tetap terlihat sheen walaupun gw sudah menunggu lama. The trick is gw mengatupkan bibir bawah dan atas, hasilnya warna langsung berubah menjadi matte. Gw memakai lipstick ini hampir 10 jam dan warnanya tetap terlihat sangat baik dan bibir gw tidak terlalu terasa kering. Kemudian perlu gw katakan tidak ada gumpalan sama sekali dan kerutan di bibir gw terlihat cukup normal.

Wear test yang gw lakukan sekitar 10 jam:

Foto 1-2: pemakaian dengan 2 kali usap

Foto 3-4: sekitar 1-1.5 jam kemudian, gw makan siang dan disini terlihat transfer masih sangat banyak di cangkir maupun tissue

Foto 5: bagian dalam bibir sedikit memudar tetapi tidak menggumpal (please excuse the weird photo). Ini setelah makan a very big sandwich with cream all over my lips!

Foto 6: layer kedua setelah memasuki pemakaian 4 jam, menunggu kira-kira 30 menit tetapi warna tidak berubah menjadi matte sampai gw mengatupkan kedua bibir

Foto 7: setelah hampir memasuki 10 jam pemakaian, tidak ada touch-up tambahan. Gw tetap makan dan bahkan minum langsung dari botol juice (yeap tetap transfer cukup banyak).

Verdict: I love this lipstick! Sebenernya ekspektasi gw tidak begitu tinggi tetapi ternyata it performs pretty wellHighlight dari wear test gw cukup sesuai dengan klaim yang tertera 1) Tidak membuat bibir kering sehingga memang tidak terlalu terasa di bibir, 2) Tidak membuat kerutan di bibir gw semakin terlihat, 3) Produk tidak menggumpal sehingga bisa di-layer dengan baik, 4) Super long wearing with matte finished! Harganya juga ramah dikantong IDR 188k untuk 6.7ml. Sayang sekali lipstick ini susah sekali dicari di konter resmi. Gw agak heran dengan Bourjois kenapa tidak stock-up sehingga customer harus merogoh kocek lebih dalam dan berburu di online shop. So Bourjois please take note, we need more of these in-store PRONTO! 

Gw harap review ini cukup memberikan informasi sehingga kalian bisa memutuskan apakah mau mencoba produk ini. Share pengalaman kalian ya, baik merk yang sama maupun merk lainnya apalagi sekarang banyak sekali brand yang mengeluarkan produk ini. That’s all for now, I still have one other liquid lipstick from my previous haul. Please stay tuned! XOXO