MAC Studio Waterweight Foundation SPF 30/PA++

A light weight foundation that pack a punch

May 1, 2016 | review | 6 comments

Hi Everyone,

A good makeup day is when someone tell me my skin looks great not wow your foundation looks flawless. Gw selalu mencari foundation yang bisa meratakan warna kulit yang ringan dengan efek skin-like dan tidak terlihat berat. Gw sangat senang karena sekarang banyak brand baik drugstore maupun department store yang berlomba-lomba mengeluarkan light weight foundation dengan berbagai coverage dari mulai sheer, medium hingga full. Jadi jangan khawatir bagi mereka yang menyukai full coverage foundation masih bisa menikmati pigmentasi yang sangat baik dengan tekstur yang ringan. Tahun lalu, MAC mengeluarkan Studio Waterweight SPF 30 Foundation. Gw memutuskan mencoba karena tampaknya sesuai dengan kriteria foundation yang gw cari yaitu light weight dengan coverage sheer sampai medium, cocok untuk pemakaian sehari-hari.

Seperti biasa gw breakdown klaim produk ini dulu sebelum masuk ke review. Foundation ini dikatakan memiliki tekstur yang sangat cair, ringan dengan formula selastis gel-serum sehingga sangat nyaman untuk dipakai namun tetap memberikan pigmentasi yang baik. Coverage-nya sheer namun bisa di-layer hingga medium dan tidak streaky dan cakey. Kemudian foundation ini juga menyamarkan fine lines dan pori-pori sambil mengontrol produksi minyak, membuat kulit tetap hydrated. Cocok untuk semua jenis kulit, nonacnegenic, bebas minyak dengan perlindungan spektrum yang luas (melindungi kulit baik dari UVA maupun UVB). Di klaim dinyatakan dapat dipakai sepanjang hari walaupun tidak secara spesifik menyatakan bisa dipakai selama berapa jam.

Now let’s go down to business!

Packaging: Botol kaca yang cukup tebal dengan dengan desain cukup kecil dilengkapi dengan dropperDropper-nya bekerja dengan baik untuk mengambil produk. Jumlah produk yang didapat adalah 30 ml/1 fl.oz.

Texture: Gw sangat senang sekali karena sesuai dengan klaim teksturnya sangat ringan menyerupai air.

Scent: Sepertinya tidak ada pewangi tambahan sehingga produk ini tidak berbau khusus sehingga lebih aman bagi kulit yang sensitif.

Performance: Sebelum memulai, gw akan menunjukkan foto before/after. Kondisi kulit gw lumayan buruk karena selepas HRT, jerawat kembali muncul dengan kondisi sangat berminyak. Sehingga pori-pori gw membesar dengan permukaan yang bertekstur. Foto before adalah kulit gw yang sudah dipersiapkan dengan sedikit pelembab tanpa primer.

Di before shot bisa dilihat break-out yang kembali gw alami sekaligus hyperpigmentation dari matahari maupun bekas jewarat. Gw memakai 4 tetes saja untuk sheer coverage untuk menyamaratakan warna kulit, untuk hyperpigmentation gw lebih prefer spot concealing (menggunakan concealer hanya dititik-titik dimana gw rasa membutuhkan coverage).

Walaupun tidak sepenuhnya menghilangkan pori-pori gw tetapi lumayan memperhalus tampilan pori-pori gw. Disini bisa dilihat sedikit menonjolkan area dimana kulit gw sedang kering tetapi to be fair area memang sedikit bermasalah karena gw sedang menggunakan salicylic acid untuk mengatasi jerawat. Namun nanti bisa dilihat setelah pelembab gw cukup menyerap maka foundation tersebut tidak lagi melekat di area tersebut.

  1. Ada sedikit ghost flashback diarea dahi, dan dipipi namun tidak begitu parah.
  2. Wear test yang gw lakukan memakainya dari jam 11 pagi, gw tetap set the foundation with powder khususnya di t-zone, diarea pipi tempat gw spot concealing. Gw sengaja tidak menyapukan keseluruh muka karena gw suka dengan efek satin-matte yang dihasilkan. Selain itu gw hanya memakai clear mascaralipstick dan cream blush.
  3. Setelah pemakaian sekitar 6 jam, berminyak didaerah t-zone menurut gw wajar karena muka gw memang berminyak sekali.

Foundation dengan hasil satin-matte membuat kulit gw terlihat sehat dan ada sedikit glow walaupun tanpa highlighter. Kulit gw sangat berminyak sehingga biasanya gw menjauhi foundation dengan klaim menjaga hidrasi kulit karena biasanya tidak akan tahan lama dan cenderung akan luntur khususnya di bagian t-zone. Namun tidak demikian dengan foundation ini, gw bisa memakai hingga maksimum 6-7 jam tentu saja dengan sedikit touch-up. Pigmentasi foundation ini cukup baik, untuk sheer coverage 3-4 tetes sudah cukup untuk seluruh muka, sayangnya klaim bisa di-layer hingga medium coverage tidak terlalu benar. Taraf coverage tidak benar-benar sampai medium hanya bisa dibilang diantara sheer-medium dengan maksimum 8-9 tetes. Gw pernah mencoba hingga 8 tetes akhirnya terlihat sedikit cake-y, seperti ada layer tambahan dikulit gw khususnya menggumpal di area cuping hidung. Gw sama sekali tidak melihat adanya oksidasi yang menyebabkan warna berubah menjadi lebih gelap. Produk ini tidak masuk ke dalam fine lines gw khususnya di smile lines dan cukup menyamarkan pori-pori gw khususnya di daerah di antara dahi dan pipi. Cara terbaik memakai foundation ini dengan meratakannya dengan jari tangan baru kemudian gw menghaluskan dengan buffer brush seperti flat ataupun round top kabuki brush. Gw tidak menyarankan dengan sponge karena teksturnya yang seperti air maka produk akan lebih banyak terserap kedalam sponge sehingga hasilnya akan terlalu tipis. Dalam hal oil controlling juga cukup baik, untuk yang combination/oily skin memang harus menggunakan bedak untuk mencegah minyak muncul kepermukaan kulit dan cara ini cukup bertahan selama sekitar 3 jam tanpa harus touch-up. SPF dalam produk ini juga menyebabkan ada sedikit flashback apabila gw foto menggunakan blitz, jadi untuk acara khusus dimana akan banyak foto diambil sebaiknya menggunakan foundation lain. Walaupun produk ini memiliki perlindungan terhadap sinar UVA/UVB, gw tetap memakai tabir surya sebagai base gw. Karena dari berbagai sumber bacaan menyarankan hal tersebut dimana dijelaskan bahwa dibutuhkan 7x lipat dari jumlah foundation yang kita pakai untuk mendapatkan perlindungan yang tertera di dalam foundation tersebut. 

VerdictGw rasa foundation ini sangat bagus karena sesuai klaimnya terasa ringan, hydrating tetapi tetap bisa dipakai di kulit gw yang berminyak dan kemungkinan besar akan sangat baik di kulit yang kering. Gw paling suka dengan finish-nya yang satin-matte sehingga tidak flat, terlihat skin-like dan tidak terlihat oxidize di kulit gw. Tekstur yang seperti air, ringan dan satin finish mengingatkan gw seperti BB ataupun CC cream bukan foundation. Selama memakai produk ini gw memang harus touch-up atau blot selama memakainya namun itu bukan masalah buat gw. Yang paling penting adalah tidak menetap di garis-garis halus kulit gw alias keriput dan lumayan baik menyamarkan pori-pori walaupun tanpa menggunakan primer. Cocok bagi mereka yang: 1) Menyukai lighter coverage sehingga glow kulit asli kita masih bisa terlihat, 2) Tidak memakai foundation dalam jangka waktu yang lama, 3) Memakai foundation ini untuk sehari-hari bukan ke acara spesial, 4) Tidak keberatan untuk touch-up disana-sini sewaktu memakainya. Sayangnya jarang tersedia diberbagai counter MAC, bulan lalu gw cek di Pasific Place produk ini tidak tersedia. Gw membelinya di PIM 2.  Shade yang tersedia juga sangat terbatas kalau tidak salah hanya NC15, NC25, NC30, NC35, NC37, NC40 dan NC42. Gw memakai shade NC37. Selain itu harganya juga lumayan mahal yaitu IDR 550k.

I hope that is helpful dan kalian sendiri apakah sudah ada yang mencoba foundation ini? Share apa pendapat kalian ya atau kalian menyukai foundation yang seperti apa? apakah medium-full coverage, matte/satin/dewy finish. XOXO