Max Factor Clump Defy by False Lash Effect

A clump-free mascara for real?

May 8, 2016 | review | 0 comments

Hi Everyone,

Mascara adalah salah satu produk yang secara instan bisa merubah tampilan mata. Walaupun tanpa eyeshadow cukup dengan jepit bulu mata dan mengaplikasikan mascara, mata terlihat lebih menarik dan terdefinisi. Gw pribadi selalu memakai produk drugstore karena pilihan tidak terbatas dari mulai bentuk aplikator, jenis aplikator, formulasi dan varian warna selain itu gw menilai hasilnya sama dengan high-end mascara. Salah satu produk yang menarik perhatian gw adalah Max Factor Clump Defy by Lashblast.

Clump Crusher dikatakan sebagai mascara dengan aplikator anti-clump (tidak menggumpal) untuk memberikan kesan bulu mata tebal sehingga mata terlihat lebih indah (free translation of defined eyes). Bulu aplikatornya dibuat berukuran kecil disejajarkan secara tepat dan didesain agar dapat menjangkau dari akar hingga ke ujung bulu mata. Formulanya tahan air sehingga dijamin tidak akan luntur. Bulu mata gw tidak terlalu lebat namun juga tidak jarang, tidak terlalu panjang dan lurus. Gw ingin menambah volume tetapi tidak suka spidery spike-y eyelashes, kecenderungan lebih menyukai eyelashes yang sedikit natural.

Packaging: Tube-nya gendut dengan aplikator dengan bulu plastik yang melengkung di satu sisi dan lurus di sisi yang lain. Bentuk aplikatornya sangat membantu untuk menjangkau bulu mata diujung mata dan memudahkan aplikasi untuk bulu mata bawah. Produk yang didapat sebanyak 13ml dan bisa digunakan selama 6 bulan setelah dibuka.

Texture: Formula mascara ini lebih condong ke kering jadi meminimalisasi berpindah misalnya ke under eye area pada saat aplikasi, gw tidak harus menunggu dan berhati-hati karena it sets right away setelah aplikasi.

Scent: tentu saja aroma kimia seperti layaknya mascara lain.

Performance: Bentuk aplikatornya sangat membantu untuk mengaplikasikan mascara khususnya didaerah ujung mata baik inner maupun outer corner dan untuk bulu mata bawah, gw tinggal menggunakan sisi lurus sehingga gw tidak mengalami kesulitan untuk mengaplikasikan di bulu mata bagian bawah. Sayangnya, tekstur bulu aplikator plastik yang terbuat dari plastik tentu saja tidak selembut sikat dengan bulu-bulu yang pendek dan padat terasa kasar dikelopak mata sehingga terasa tidak terlalu nyaman pada saat aplikasi. Mari kita bahas formulasinya, hal yang menurut gw paling penting. Salah satu mascara dengan formula paling kering yang pernah gw temui. Mungkin karena terlalu kering oleh karena itu sudah menggumpal dari aplikasi pertama, seperti micro-beads yang biasa ditemui di scrub. Sehingga sulit bagi gw untuk mengaplikasikan lebih dari 1 layer. Gumpalannya akan semakin banyak dan pada akhirnya serpihan mascara akan tersebar di daerah mata. Formula yang terlalu kering menjadi berat di bulu mata sehingga walaupun bulu mata gw yang sudah lentik setelah dijepit menjadi kembali lurus karena mascara yang memberatkan. Bulu mata tidak terlihat menjadi lebih lebat, gw juga enggan untuk build-up beberapa lapis karena gumpalan seperti bola-bola kecil menjadi lebih terlihat di bulu mata. Gw mungkin masih bisa menerima apabila tidak ada serpihan di mata gw at the end of the day tetapi sayangnya mascara ini flake likes crazy! Sedangkan untuk klaim waterproof gw tidak pernah mencoba membuktikan sehingga gw tidak tahu apakah ini benar atau tidak. Mascara ini mudah dibersihkan dengan water-based cleanser kemudian gunakan oil based cleanser untuk benar-benar menghilangkan yang tersisa di bulu mata.

VerdictGw benci produk ini, there I said it! Sangat menggumpal, sama sekali tidak memberikan volume, tidak membuat bulu mata terlihat lebih panjang maupun mampu menahan lengkungan setelah gw menjepit bulu mata. To be fair memang mascara ini tidak menyatakan membuat efek memanjangkan bulu mata, tetapi tidak ada hasil yang membuat gw terkesan. Lebih parahnya gumpalan dan serpihan jatuh ke daerah sekitar mata sehingga dalam jangka waktu lama +6 jam maka akan membentuk seperti lingkaran hitam ala mata panda. Untuk harga sebesar IDR 175k, gw tidak akan merekomendasikan atau membeli lagi apabila produk ini sudah habis.

I wanna say sorry, foto-fotonya kurang bagus karena gw masih belajar menggunakan kamera gw. I’ll promise next article will have better pictures. Gw masih akan mencari mascara yang bisa memberikan efek all-in-one, memanjangkan, memberikan volume dan memberikan efek lentik untuk bulu mata dengan harga yang ramah di kantong. The search continues, apabila kalian ada saran please leave a comment. Gw dengan senang hati akan mencoba produk tersebut. XOXO