Cetaphil Cleansing & Moisturizer

A closer look at Cetaphil's gentle way to cleanse and moisturize

Jul 12, 2016 | review | 6 comments

Hi Everyone,

Gw baru sadar review yang gw post selalu in duo/kit, so let’s make this as a series dimana gw akan mencoba menghadirkan semacam mini brand focus, review yang berisi produk yang saling melengkapi satu sama lain. Kali ini gw membagi pendapat gw mengenai Cetaphil Gentle Skin Cleanser & Daily Advance Ultra Hydrating Lotion For Dry To Very Dry Skin. Gw perlu sabun yang tidak membuat kulit gw kehilangan kelembabab alaminya dan mampu membersihkan makeup. Sedangkan pelembabnya untuk mengatasi kulit gw yang sedang super kering karena roaccutane.

Skin concern gw pada waktu itu adalah sangat kering karena dosis yang diberikan lebih tinggi daripada yang gw minum sekarang yaitu 20mg/hari. Pelembab yang biasanya untuk kulit berminyak tidak cukup ampuh untuk mengatasi hal tersebut, kulit gw seperti tertarik dan dipegang rasanya kasar. Jadi gw ingin mencoba pelembab untuk kulit kering supaya menjaga kelembaban kulit khususnya setelah lama di ruangan ber-AC baik di kantor maupun di rumah. Biasanya gw akan menyemprot face mist saat di kantor dan re-apply pelembab gw sebelum berolahraga sepulang kantor. Makanya gw juga membeli sabun pembersih yang bisa gw bawa-bawa untuk menghapus makeup gw sebelum re-apply pelembab.

Cetaphil Gentle Skin Cleanser

Gw bahas cleanser-nya terlebih dahulu karena secara visual lebih gampang dijelaskan, prepared for get-unready with me footage. 

Claim & Ingredients:

Pembersih ini dapat digunakan bagi semua jenis kulit dengan/tanpa air di wajah dan badan. Diformulasikan tanpa sabun dengan PH-seimbang sehingga sangat lembut untuk digunakan bagi bayi dan orang dewasa khususnya bagi mereka yang memiliki kecenderungan rosacea. Melembabkan kulit tanpa melucuti kulit dari minyak alami sehingga terasa lembut dan tidak menyumbat pori-pori. Sounds good to me. 

Namun sayangnya ingredients-nya adalah Sodium Lauryl Sulfate (SLS) sebagai bahan no.4 teratas. Bahan-bahan yang tercatat adalah Water, Cetyl Alcohol, Propylene Glycol, Sodium Lauryl Sulfate, Stearyl Alcohol, Methylparaben, Propylparaben, Butylparaben. Gw tidak khawatir dengan Cetyl alcohol & Stearyl alcohol karena ini bukan alkohol yang berbahaya yang menyebabkan iritasi bagi kulit, keduanya lebih berfungsi sebagai bahan pelembab atau digunakan untuk mengikat dua bahan-bahan yang berbeda seperti minyak dan air. Yang gw menjadi masalah bagi gw adalah sodium lauryl sulfate yang biasa digunakan sebagai pembersih noda dan minyak. SLS bisa menyebabkan iritasi kulit dan wajah apabila dipakai secara terus menerus.

How I use it: Untuk metode cleansing tanpa air, gw sama sekali tidak sarankan karena adanya kandungan SLS. Gw tidak mau residu sisa-sisa SLS mengendap di kulit gw. Biasanya gw membersihkan muka dengan 2 langkah, gunakan produk secukupnya dan ratakan di kulit, gw usap-usap selama 30 detik – 1 menit kemudian di lap dengan tisu/handuk kemudian gw kembali meratakan cleanser di kulit kemudian gw basuh dengan air.

Texture & Scent: A slight chemical scent tapi tidak mengganggu. Gel yang sedikit cari dengan tint putihnya tetapi tidak milky.

Packaging: Botolnya agak bulky dengan flip cap lumayan aman untuk dibawa kemana-mana, produk yang gw beli ukuran kecil 6.76 oz/200ml. Harganya sekitar IDR 118k.

Performance: Sehari-hari gw menggunakan berbagai macam produk seperti pelembab, sunscreen dan makeup base (foundation/cc cream, concealer, etc). Tentu saja gw menginginkan cleanser yang bisa menghapus berlapis-lapis produk ditambah kotoran dengan baik. Sayangnya cleanser ini tidak bisa melakukan hal tersebut, walaupun gw melakukan pencucian muka 2x dengan 2 metode yang berbeda. Bisa dilihat masih ada sisa-sisa kotoran yang terlihat di kapas setelah 2x mencuci muka dengan produk ini. Selain itu gw juga tidak berani menghapus makeup mata karena SLS bisa menimbulkan iritasi pada mata. In all fairness, produk ini memang tidak dipasarkan sebagai pembersih waterproof makeup di daerah mata. Namun untuk berbagai alasan, biaya dan practicality gw tidak mau menggunakan berbagai jenis pembersih (eye makeup remover, lips remover, etc). Sehabis mencuci muka, gw perhatikan tidak ada kekeringan yang berlebihan dan kulit gw terasa halus dan lembab. Tetapi bukan berarti produk ini gentle karena kandung SLS-nya yang bisa menyebabkan iritasi pada kulit. Perlu diingat iritasi pada kulit bisa saja terjadi dilapisan dalam sehingga membuat kulit sulit untuk beregenarasi, merusak kolagen kulit sehingga kulit lapisan atas menjadi lemah. Bagi orang dengan kulit berminyak iritasi bisa memicu kulit semakin berminyak yang mengakibatkan pori-pori menjadi membesar.

Daily Advance Ultra Hydrating Lotion For Dry To Very Dry Skin

Claim & Ingredients:

Produk ini menjanjikan hydration for hours yang diformulasikan secara unik dengan 5 bahan utama yang dikenal sebagai Epidermal Replenishing Complex5 (ERC5). Cocok bagi mereka yang memiliki kulit normal/kering, bisa digunakan untuk muka maupun badan dan cepat menyerap ke kulit.

Gw tidak mendapat informasi secara detail apa itu ERC5  jadi tebakan gw 5 bahan utamanya adalah Water, Glycerin, Hydrogenated Polyisobutene, Cetearyl Alcohol, Macadamia Ternifolia (Nut) Seed Oil. Kelima bahan ada merupakan 5 urutan teratas sebagai bahan utama produk ini. Tidak ada yang istimewa atau membutuhkan perhatian khusus karena bahan-bahan ini merupakan pelembab atau pengikat dua bahan-bahan yang berbeda seperti minyak dan air

How I use it: Di pagi hari gw gunakan sebelum sunscreen dan di malam hari biasanya gw campurkan 1-2 tetes jojoba oil.

Texture & Scent: sedikit berbau namun gw tidak bisa menjelaskan bau seperti apa karena bukan floral scent atau essential oil type of scent. Teksturnya sesuai namanya berupa lotion dan a bit thick tetapi tidak berat.

Packaging: Tube flip cap yang susah dibuka tetapi aman untuk diperjalanan karena tidak bakal tumpah kemana-mana. Produk yang didapat sekitar 3 oz/85gr. Harganya IDR 236k, kalau kalian tertarik beli look out for saleI got mine with IDR 35k off.

Performance: Kulit gw cukup berterimakasih karena kelembaban yang diberikan oleh produk ini. Walaupun memang tidak 24 hours hydration tapi cukup baik mengatasi kekeringan kulit. Kelemahan produk ini susah sekali menyerap ke kulit sehingga gw mulai mengurangi pemakaian di pagi hari atau hanya memakai dalam jumlah kecil (pea sized amount). Lamanya penyerapan produk membuat kulit gw menjadi extra shiny dan sulit untuk di layer dibawah suncreen dan foundation. Gw perhatikan pada waktu blending foundation terlihat ada lapisan putih menebal disana-sini yang menyulitkan meratakan aplikasi foundation. Namun hal ini menjadi mengguntungkan saat menggunakannya sebelum tidur diruangan ber-AC karena sulitnya menyerap ke kulit, gw merasakan seperti ada lapisan pelindung yang tipis mencegah kelembaban menguap karena keringnya udara akibat AC. Karena itu gw membatasi pemakaian hanya pada waktu malam saja, dimana kulit gw perlu kelembaban extra di kamar tidur ber-AC dan di pagi hari pada saat olahraga yang gw tidak perlu memakai makeup. 

VerdictSayang sekali Cetaphil Gentle Skin Cleanser tidak se-gentle namanya karena kandungan SLS yang bisa menyebabkan iritasi pada kulit. Selain itu gw pribadi lebih menyukai all-in-one cleanser yang bisa digunakan di seluruh wajah sehingga tidak perlu repot-repot memiliki beberapa jenis cleanser. Sedangkan untuk Daily Advance Ultra Hydrating Lotion For Dry To Very Dry Skin, gw bisa melihat beberapa orang mungkin menyukai produk ini apalagi yang memiliki kulit kering tetapi gw pribadi tidak akan repurchase karena tidak bisa menyerap dengan baik & cepat di kulit sehingga sulit blending with my makeup. Jujur saja, gw memiliki banyak pelembab lain dengan ingredients yang lebih baik dan bisa menyerap dengan baik sekaligus play well dengan sunscreen dan makeup.

I’d like to hear your thoughts about these two products atau mungkin ada opsi lain untuk cleanser dan pelembab lain yang affordable dengan bahan-bahan yang lebih ramah di kulit. Mungkin bisa juga berbagi apakah kalian research dulu sebelum membeli dan apakah ingredients suatu produk menjadi concern kalian. I’ll see you next time and thanks for tuning in. XOXO