Stila Eyes Are The Window Shadow Palette

A must have item or a snooze button?

Jul 31, 2016 | review | 10 comments

Hi Everyone,

Stila meluncurkan edisi Eyes Are The Window Shadow Palette di musim gugur 2014 dengan 4 varian yaitu mind, soul, spirit dan body. Palet ini dipasarkan sebagai limited edition merayakan tahun ke 20 merk Stila pertama kali diluncurkan, gw tidak tahu apakah sekarang sudah menjadi koleksi permanen. Palet ini memiliki 12 matte eye shadow dengan 1 warna beraksen butiran glitter perak. Eye shadow matte yang baik susah dicari biasanya teksturnya terlalu kering sehingga pigmentasi yang baik sulit didapat. Selain itu biasanya didalam 1 palet dengan 12 eyeshadow hanya ada tidak lebih dari 3 eye shadow matte yang gw gunakan untuk shading dan membentuk outer V.  Eye shadow matte paling cepat hit pan karena paling sering gw gunakan. Kelopak mata yang sedikit tebal dan agak hooded membuat gw jarang sekali memakai warna shimmer yang bisa menonjolkan kekurangan tersebut.

Packaging & Pricing: Keempat palet ini memiliki warna packaging yang berbeda. Di bungkus card board berwarna biru dengan emboss-an huruf S, mind palette ini berwarna emas terbuat dari plastik dan tidak terlalu besar. Dilengkapi dengan kartu petunjuk tutorial makeup mata dan keterangan nama warna eyeshadow. Gw paling suka dengan ukuran cermin yang besar namun masih bisa digenggam di 1 tangan, sayangnya warna cat di logo S pada palet cepat sekai luntur dan palet ini dilengkapi penutup magnet. Produk yang didapat sebanyak 0.51 oz/14.5 seharga $49, sehingga harga per eyeshadow adalah $3.38/gr. Harga yang lebih murah bilang dibandingkan dengan Anastasia Beverly Hills Modern Renaissance seharga $5.26/gr dan Too Faced Chocolate Bon Bons Palette seharga $3.6/gr. Diberbagai online shop kisaran harganya antara IDR 850-950k.

Ingredients: Gw memiliki palet lain dari Stila (In the light palette) yang merupakan keluaran terdahulu dan memang ada perbedaan ingredients diantara keduanya. Keterangan:

  • Highlight berwarna biru adalah pigmen, tentu saja ada perbedaan karena keduanya memiliki komposisi berbeda sesuai warna. Salah satu bahan pewarna yang digunakan adalah carmine, jadi bagi yang menginginkan kosmetik vegan (tidak menggunakan produk dari hewan) maka produk ini bukan untuk kalian. Carmine adalah bahan tambahan untuk warna merah (crimson) yang diambil dari Cochineal (semacam serangga kecil bercangkak) yang digerus untuk dijadikan pigmen.
  • Hightlight berwarna hijau adalah bahan dengan komposisi yang lama antara palet lama dengan baru.
  • Sedangkan yang bercetak tebal adalah yang bahan yang sama namun dengan komposisi yang berbeda dari kedua palet ini.

Seperti kalian bisa lihat memang ada reformulation atau perbedaan bahan antara satu palet dengan yang lain walaupun keluaran brand yang sama. Daftar bahan dari Stila Eyes Are the Window Shadow Palette

Talc, TRIETHYLHEXANOIN , ZINC STEARATE, NYLON 12, BORON NITRIDE, ETHYLHEXYL PALMITATE, LAUROYL LYSINE, POLYETHYLENE, MAGNESIUM CARBONATE, CAPRYLYL GLYCOL, TITANIUM/TITANIUM DIOXIDE, PTFE, PHENOXYETHANOL, TOCOPHERYL ACETATE, HEXYLENE GLYCOL, POLYMETHYLSILSESQUIOXANE, SILICA, MICA. (+/-) TITANIUM DIOXIDE (CI 77891), CARMINE (CI 75470), MANGANESE VIOLET (CI 77742), IRON OXIDE (CI 77491, CI 77492, CI 77499), BLUE 1 LAKE (CI 42090), YELLOW 5 LAKE (CI 19140), ULTRAMARINES (CI 77007), FERRIC FERROCYANIDE. <ILN C140107> CONTAINS CARMINE AS A COLOR ADDITIVE

Daftar bahan dari Stila In the Light Palette

TALC, Triethylhexanoin, Zinc Stearate, Calcium Aluminum Borosilicate, Nylon 12, PHENOXYETHANOL, CAPRYLYL GLYCOL, HEXYLENE GLYCOL, MAGNESIUM CARBONATE, Boron Nitride, Silica, Dimethicone, Ethylhexyl Palmitate, LAUROYL LYSINE, TOCOPHERYL ACETATE, Tin Oxide May Contain [+/- ] MICA, TITANIUM DIOXIDE (CI 77891), IRON OXIDES (CI 77491, CI 77492, CI 77499), BLUE 1 LAKE (CI 42090), CARMINE (CI 75470), CHROMIUM OXIDE GREENS (CI 77288), YELLOW 5 LAKE (CI 19140), Ferric Ferrocyanide (CI 77510), Ultramarines (CI 77007), Manganese Violet (CI 77742), Bismuth Oxychloride (CI 77163).

Texture: bagi kalian yang terbiasa dengan tekstur buttery kemungkinan tidak akan suka dengan eyeshadow ini karena teksturnya cenderung kering. Sedikit powdery jadi setelah mengambil produk ke kuas sebaiknya kuas digoyangkan terlebih dahulu agar produk yang kelebihan bisa jatuh, nah setelah hal ini dilakukan tidak akan ada fallout pada waktu pemakaian eyeshadow.

Performance & ColorWarna-warna yang ada di palet ini menurut gw sangat netral cenderung ke arah warm. Variasinya cukup baik dari mulai warna dasar seperti off white, beige dan cokelat, warna yang lebih gelap untuk tampilan lebih dramatis atau untuk lebih memberi garis yang sangat jelas pada mata seperti abu-abu dan hitam, dan warna yang sebagai pemanis seperti orange dan ungu gelap (burgundy). Kegunaannya pun cukup versatile, bisa digunakan di alis (gw campurkan instinct dan creativity), digunakan sehari-hari maupun riasan baik buat ke kantor maupun acara malam hari. Tentu saja bisa dikombinasikan dengan eye shadow satin maupun shimmer lainnya untuk hasil yang lebih variatif.

Namun sayangnya palet ini memiliki kelemahan mendasar yaitu kualitasnya yang tidak sama antara satu warna dengan yang lain, ada yang cukup pigmented, gampang dibaurkan dan tidak terlalu banyak powder tetapi ada juga yang pigmentasinya tidak rata, tidak tahan lama dan tidak pigmented. Gw break down dilengkapi dengan swatch beserta penjelasan warna as best as I can. Gw mengaplikasikan Wet ‘n Wild Take on the Day Eyeshadow Primer kemudian swatch gw lakukan dengan tangan dan flat shadow brush. Sebelah kiri adalah finger swatch dan disebelah kanan adalah brush swatch. Baris pertama adalah:

  • Brilliance – berwarna putih kekuningan (off white) biasanya gw gunakan sebagai warna dasar setelah mengaplikasikan eyeshadow primer dan sebagai highlight (brow bone dan inner conner). Pigmentasinya dan daya tahannya lumayan baik selama 5-6 jam.
  • Instinct – gw sangat senang sekali pada waktu melihat warna abu-abu ada di palet ini karena sangat sesuai membuat tampilan soft smokey eyes. Pigmentasinya baik, tekstur cukup lembut, tidak ada fallout, namun warna ini sedikit sulit untuk dibaurkan
  • Reason – satu-satunya shade yang tidak benar-benar matte, ada sedikit shimmer partikel kecil berwarna perak. Tetapi pigmentasinya tidak baik, warna yang dihasilkan tidak benar-benar hitam pekat dan agak tidak rata apabila diaplikasikan ke mata.
  • Imagination – berwarna soft lilac (ungu pink pucat), apabila gw coba meratakan maka warnanya akan tersapu hingga tidak terlihat lagi, teksturnya salah satu yang paling powdery diantara yang lainnya.
  • Observation –  warnanya cukup unik, taupe dengan nuansa ungu muda. Cocok sekali untuk shading memperjelas crease atau buat yang memiliki hooded eyes bisa membuat ilusi soft crease dimata. Walaupun bisa diaplikasikan dengan mudah dan tidak terlihat patchy maupun uneven tetapi gw tidak puas dengan pigmentasi yang dihasilkan
  • Thinker  berwarna ungu gelap kecokelatan dengan cool undertone, warna ini sangat cantik untuk outer V maupun untuk sedikit definisi halus di daerah bulu mata bawah. Sayang sekali kualitasnya paling buruk diantara semua warna. Gw sapukan dengan blending brush warna tidak mau menempel di permukaan kulit, bisa dilihat sendiri hampir tidak ada warna dari swatch yang dihasilkan dengan kuas. Warna juga terlihat tidak rata menutupi permukaan kulit, daya tahannya hanya 4 jam dan setelah itu memudar.
  • Genius – gw tidak begitu yakin dengan deskripsi ini, warnanya merupakan soft peach dan sangat cocok untuk tampilan sehari-hari. Sangat baik digunakan untuk set eyeshadow primer dan middle lid. Pigmentasinya so-so namun tidak patchy pada saat dibaurkan di mata.
  • Wit – ini merupakan warna kulit gw sehingga mungkin tidak bisa terlihat dengan jelas di swacth. Warna ini paling cocok gw gunakan untuk membaurkan warna-warna gelap dan terang dimata gw sehingga no harsh edges (tidak terlihat ujung dimana warna mulai dan berakhir).
  • Creativity – seperti bisa dilihat di swatch warnanya berwarna cokelat dan salah satu shade dengan pigmentasi yang baik, gw bisa memakainya bahkan tanpa primer. Warnanya juga tidak patchy dan bisa dibaurkan dengan mudah.
  • Understanding – berwarna cokelat senada dengan kulit gw tetapi dengan sedikit hint pink. Dari warna-warna muda menurut gw shade ini pigmentasinya terbaik kedua setelah Brilliance. Teksturnya juga tidak powdery, halus, dan dengan mudah bisa gw aplikasikan secara merata di kelopak mata.
  • Perception shade oranye terang dengan nuansa terra cotta. Kualitasnya yang terbaik di palet ini, pigmentasi baik dan dapat dibaurkan tanpa membuat warna memudar. Gw sangat senang menggunakannya sebagai pop of color didaerah crease maupun outer VShade ini juga memiliki daya tahan lebih lama daripada shade yang lain, sekitar 6-7 jam baru gw lihat memudar tetapi tetap tertinggal sedikit sapuan warna.
  • Intellect – lagi-lagi warnanya cukup unik, setidaknya dikoleksi gw. Berwarna cokelat kemerahan yang menurut gw kental dengan tema terra cotaTetapi gw kembali sangat kecewa karena pigmentasi yang dihasilkan tidak maksimal dan akhirnya hanya seperti subtle wash of color.
Brilliance (inner conner, brow bone highlight), Perception (middle lid), Intellect (crease), Reason+Creativity (upper & lower lash line), Reason (outer V).

Brilliance (all over lid – brow bone), Imagination (middle lid), Instinct + Observation (crease and lower lash line)

Verdict: Kualitas palet ini sangat mengecewakan, tidak sebanding dengan harganya yang mahal. Warna-warna yang ada sebenarnya sangat versatile dan cukup unik walaupun masih di dalam ranah warna netral. Selain itu bisa digunakan untuk berbagai macam tampilan, gw tidak menemukan creasing, namun sayang sekali kualitasnya dibawah standar high-end palet. Gw tidak keberatan dengan tekstur sedikit kering dan powdery karena tidak ada fallout tetapi antara satu warna dengan yang lain performance-nya sangat tidak konsisten. Ada yang pigmentasinya buruk, ada yang gampang di blend dan sebaliknya. Satu lagi masalah yang menurut gw cukup mengganggu adalah tidak tahan lama, kebanyakan maksimum 6 jam dan warnanya sudah memudar walaupun sudah memakai primer (gw mencoba MAC paint pot in soft ocre & wet ‘n wild take on the day eyeshadow primer). Ini adalah eyeshadow high-end gw yang ketiga yang gw miliki dan belum ada yang menurut gw benar-benar mengesankan. Gw sedikit sedikit kapok untuk mencoba yang lain apalagi harganya cukup mahal. Bagaimana dengan kalian, what’s your favorite high-end palette? XOXO