Milani Baked Blush

A polarizing opinion for cult favorite blushes

Aug 21, 2016 | review | 16 comments

Hi Everyone,

Milani Baked Blush, siapa yang belum pernah dengar? Hampir semua orang membicarakan how great they are khususnya Luminoso. Kebetulan drugstore.com sedang ada buy 1 get 1 50% off, jadi gw membeli 2 dari 9 warna yang tersedia, Coralina & Bella Rosa. Keduanya memiliki finish yang berbeda yaitu matte dan shimmer, sengaja gw memilih finish yang berbeda sehingga gw bisa melihat persamaan dan perbedaannya.

Packaging: terbuat dari plastic dengan tutup transparan, gw suka banget dengan aksen emas di outer rim. Ada dua kompartemen terpisah, diatas terdapat blush dan dibawah terdapat kuas dan cermin. Kemasannya memang terasa ringan namun cukup fungsional dan tidak terlalu ringkih. Gw tidak suka dengan kuasnya karena terlalu kasar, bristle-nya juga tidak bisa mengambil pigmen dari produk dan ukurannya kecil. Produk yang didapat 3.5gr.

 

Texture: kedua produk ini memiliki tekstur dasar yang sama halus, perbedaan diantara keduanya adalah Bella Rosa memiliki sama sekali tidak powdery dan lebih halus dibandingkan dengan Coralina. Perbedaannya lebih disebabkan karena shimmer, Coralina memiliki fallout karena shimmer-nya tidak finely milled lebih berupa partikel yang besar. Selain itu shimmer yang dipadatkan dengan gaya marble multi color blush dimana bubuk pigmen dipress menjadi satu dengan glitter sehingga Coralina terasa lebih kasar dan kering pada waktu di swatch.

Performance:

Let’s first discuss Coralina. Sesuai dengan namanya blush ini berwarna coral condong ke oranye tangerine dengan marbleized shimmer berwarna emas. Tekstur produk ini sebenarnya cukup halus namun partikel shimmer-nya cukup besar membuat tekstur menjadi kasar dan kering. Shimmer tidak finely milled yang berukuran besar sampai  mengotori packaging dan gampang menempel ke permukaan kulit. It looks like a glittery mess. Sehingga sangat sulit untuk mengaplikasikan warna dan build up the produk tanpa hasil akhir yang mencolok. Apabila look seperti yang kalian cari maka blush ini adalah produk yang tepat. Tetapi bagi gw yang memiliki permukaan kulit bertekstur dengan pori-pori besar maka shimmer-nya akan menambah lapisan tekstur dan semakin menarik perhatian sehingga semuanya terlihat 1000x lebih menonjol. Pigmentasi produk ini sangat baik jadi hati-hati bagaimana kalian menyapukannya ke wajah dan gunakan kuas yang tepat. Untuk mengurangi partikel, shimmer, blush brush yang padat bisa digunakan. Gw hanya perlu menyentuhkan sedikit ujung kuas untuk mengambil pigmen, ketukkan brush sehingga shimmer-nya lepas atau jatuh dari bristle. Dengan cara seperti ini biasanya gw akan mendapatkan pigmen yang gw inginkan tanpa shimmer yang berlebihan, a nice subtle sheen on my skin. Yang kedua, apabila gw menginginkan lebih banyak shimmer dengan pigmentasi setipis mungkin maka gw akan gunakan fan brush. Gw tetap akan mengetukkan kuas untuk membuang excess shimmer tetapi sedikit sisa shimmer masih akan menempel di fan brush gw. Setelah itu akan gw sapukan ke wajah, biasanya yang terlihat dominan adalah shimmer yang bisa menjadi seperti highlight dengan a wash of color.

Bella Rosa blush matte berwarna merah-pink. Pigmentasinya sangat baik jadi gw harus ekstra hati-hati pada saat aplikasi. Sedikit saja produk sudah mampu untuk menghasilkan warna yang sangat cerah. Aplikasikan dengan gerakan memutar, karena pernah gw coba tempelkan di satu bagian di pipi dan gw mengalami sedikit kesulitan untuk mendistribusikan warna ke bagian lain dari pipi gw. Apabila kalian yang memiliki kecenderungan blush abuser gunakanlah fan brush sehingga pigmen yang terambil bisa seminim mungkin sebelum mengaplikasikan ke wajah. Yang paling gw suka adalah produk ini bisa di build dengan mudah tanpa terlihat powdery dan terlihat seamless dikulit walaupun gw memakai lebih dari satu layer.

Verdict: Gw memiliki pendapat yang terbagi, untuk yang matte tidak salah banyak beauty influencer yang memuji-muji produk ini karena kualitasnya memang bagus dengan harga terjangkau antara IDR 135k-160k di Indonesia. Blush ini sangat pigmented jadi walaupun produk yang didapat hanya 3.5gr namun tidak akan cepat habis karena yang gw perlukan hanya sedikit saja, gampang dibaurkan, terlihat halus dikulit dan memiliki daya tahan yang cukup baik. Biasanya gw perhatikan sekitar 5 jam baru akan memudar. Namun sayangnya yang versi shimmer memiliki partikel terlalu besar menyerupai glitter dan berlebihan sehingga mungkin bisa dipakai bagi mereka yang memiliki kulit hampir sempurna tanpa tekstur dan tanpa masalah pori-pori atau yang tampil di panggung atau di depan kamera. Di bawah cahaya matahari gw melihat kulit gw menjadi tambah bertekstur dan too shimmery sehingga pori-pori gw terlihat sangat besar. Namun tentu saja kembali lagi ke preferensi masing-masing, terlalu banyak shimmer apalagi dengan partikel yang besar-besar is not the look that i’m going for. Gw tidak akan ragu untuk menambah koleksi matte blush dari Milani tetapi I will not add the shimmery anytime soon.

Do you guys own any Milani Baked Blush? Favorit kalian yang mana? Dan bagaimana kalian mengaplikasikan ke wajah kalian? Atau malah sama sekali tidak memakai blush. Share pengalaman kalian di comment section ya. Btw I have a few footages from my last trip, do you guys interested in a couple of vlogs? please let me know. XOXO