Giorgio Armani Luminous Silk Foundation

A high end foundation worth every penny

Sep 12, 2016 | review | 4 comments

Hi Everyone,

I’m back with another foundation review! Gw sudah cukup lama menunda karena benar-benar ingin mengetes secara detil. Sekarang gw siap membagi opini dan maafkan kalau shade-nya menjadi 2-3 shades lighter than my skin tone karena kulit gw belum kembali ke warna asalnya, take a look at the bikini lines folks. Gw membeli foundation dengan 2 tujuan, it will photograph beautifully and looks great in person dalam arti skin like. 

Seperti biasa masalah gw adalah pori-pori besar namun sekarang kulit gw sedikit berubah menjadi combination dehydrated dengan sedikit dry patches dibagian pipi dan moderate oily dibagian t-zone. Gw juga memiliki textured skin seperti kulit jeruk di sebagian kecil pipi kanan dan kiri namun acne scars gw sedikit membaik karena beberapa sudah ada yang mulai pudar.

Shade Selection:

I’m starting off with shade selection karena memang sedikit membinggungkan, foundaion ini menggunakan sistem angka untuk menerangkan undertone; shade dengan angka bulat 2,3,4 dan seterusnya adalah netral, shade dengan angka .25 diperuntukkan bagi meraka yang memiliki cool undertone terakhir shade dengan angka 0.5 adalah warm undertone. Shade yang ditawarkan sangat bervariasi sebanyak 24 sehingga besar kemungkinan ada yang cocok dengan warna kulit masing-masing individu. Gw memilih shade 6.5 Tawny kira-kira setara MAC NC-37. Namun sepertinya sekarang gw harus membeli shade 7.5

Claim & Ingredients:

Luminous, ringan, nyaman, buildable dengan medium coverage

Gw perhatikan it’s a heavily silicone-y ingredients yaitu cyclopentasiloxane dan cetyl peg/ppg-10/1 dimethicone dan bahan lain yang memang bertujuan membantu produk untuk merata pada kulit dan terasa weightless seperti isododecane. Bahan lainnya adalah methylparabenbutylparaben, dan fragrance. Terdapat fragrance dari limonene jadi mungkin bisa menyebabkan iritasi bagi yang memiliki kulit super sensitif terhadap wewangian, walaupun menurut gw wewangian digunakan dalam jumlah yang sangat sedikit dan hampir tidak tercium. Bisa dilihat letaknya di bagian terakhir komposisi bahan.

Packaging: we need to talk about the packaging! Gw sangat suka karena menggunakan pump yang mengeluarkan produk tidak terlalu banyak. Kemudian dikemas di botol kaca yang berat sayangnya tidak travel friendly dengan tutup hitam sleek dengan logo kecil yang cukup manis. Produk yang didapat sebanyak 30ml.

Texture: very slippery (licin), liquid tetapi tidak runny layaknya water-based foundation sehingga sangat mudah diratakan ke kulit.

Performance: Review kali ini akan sedikit heavy with photos. Aplikasi gw lakukan dengan jari menurut gw itu adalah cara terbaik untuk meratakan produk tersebut dengan tetap menjaga coverage yang cukup tinggi. Foundation ini juga dapat diaplikasikan dengan flat kabuki brush dan makeup sponge, coverage yang didapatkan lebih baik dengan menggunakan makeup sponge. Perhatikan muka polos gw, disini terlihat jelas imperfection dan kemudian bandingkan dengan my after picture. 

Sekarang perhatikan setelah pengaplikasian foundation, pori-pori gw seperti mengecil dan tekstur muka terlihat lebih halus. Coverage yang gw dapatkan medium walaupun dengan hanya 1 pump dengan matte luminous finish, bisa dilihat sendiri tidak flat matte tetapi ada sedikit glow dimuka gw. Now, lihat dengan baik sisi kanan dan kiri pipi gw, ceruk bekas jerawat lebih terlihat halus dan kemerahannya tidak begitu terlihat.

Salah satu keunggulan dari foundation ini adalah its skin like finish, disini gw menunjukkan foto dibawah natural daylight. Maaf teman-teman gw sudah berusaha to bronze up my face to match my neck but this is the best I can do. Karena finish-nya sangat skin like pada saat berhadapan dekat dengan orang lain, foundation ini bisa dibilang hampir tidak bisa dideteksi. Kemudian karena tidak ada spf sehingga tidak ada flashback pada saat dilakukan foto dengan flash.

Pada saat aplikasi pertama gw melihat sama sekali tidak cling on dry patches dan masuk ke garis-garis halus kerutan, sayangnya walaupun ada bahan yang membantu kulit untuk tetap matte tetapi menurut gw kurang ampuh apalagi dipakai oleh mereka yang memiliki kulit berminyak. Jadi bagi yang memiliki kulit berminyak sebaiknya menggunakan primer dan setting powder. Selain itu walaupun sudah set, foundation ini tidak transfer proof. 

Setelah 8 jam pemakaian hasilnya seperti ini, jelas sekali bahwa bagian t-zone gw terlihat sedikit berminyak (hanya di daerah hidung dan sedikit di dahi, dagu gw masih terlihat normal) tetapi my blush, bronzer, concealer masih terlihat seperti semula, dan tidak terlihat oxidize sehingga tidak ada perubahan warna. Perlu diingat bahwa gw sama sekali tidak memakai primer, setting spray dan sama sekali tidak touch up. Jadi gw menganggap hal ini masih wajar, selain itu foundation nya tetap melekat di kulit. Gw perhatikan ada sedikit settle into fine lines khususnya di daerah garis senyum. Selain itu, tidak ada hal lain yang signifikan mempengaruhi performa foundation ini. Sayangnya harganya memang mahal, sehingga make sure kalian bisa ke toko untuk mencoba terlebih dahulu. Konter Giorgio Armani ada di Lotte Shopping Avenue Duty Free Shop yang hanya bisa diakses bagi mereka yang akan bepergian keluar negeri. Apabila kalian ingin membeli online silahkan lakukan riset sebanyak-banyaknya untuk menentukan shade yang paling tepat.

VerdictI don’t have a lot of bad thing to say. It delivers as its promisefinish nya matte luminous, blur imperfection khususnya pori-pori dan tekstur kulit dengan hasil yang sangat SKIN LIKE dengan coverage medium bisa di build hingga full dengan bonus tidak terlihat oxidize di kulit gw. Namun sayangnya bagi mereka yang memiliki combooily skin mungkin harus melakukan langkah-langkah ekstra seperti primer dan powder karena tidak dapat menahan minyak sehingga terlihat shiny dan memperpendek jangka waktu pemakaian foundationFoundation ini lebih cocok digunakan mereka yang memiliki kulit normal cenderung kering khususnya dengan finish yang memberikan complexion bercahaya walaupun tidak dewy. Rasanya juga memang benar weightless dan tidak lengket di kulit. Kekurangan yang lain adalah produk ini tidak tersedia dengan mudah sehingga gw sendiri harus menebak-nebak shade yang cocok dan harga yang mahal sekitar IDR 1.1jt – 1.350jt di berbagai online shop.

Foundation ini memenuhi segala harapan dan worth every penny karena gw hanya memakai pada acara khusus. Gw pasti akan membeli shade yang pas agar sesuai dengan warna kulit saat ini. Gw sangat mementingkan finish terlihat seperti kulit natural tetapi tentu saja kembali ke preferensi masing-masing. Let me know your favorite foundation, share di comment section di bawah ya.