GlamGlow ThirstyMud

A best-kept beauty secret or a fail

Nov 15, 2016 | review | 4 comments

Hi Everyone,

Does anyone here remember the hype over GlamGlow masks? I do, sayang harganya mahal. I cannot justify myself spending that much money on masks. Kebetulan teman gw memberikan 1 jar untuk mencoba, thank you Fenny! Gw mencoba untuk tidak bias setelah mendengar pengalaman dia memakai produk ini. Disclaimer, gw mencoba selama hari 2 hari secara berturut-turut baik dibilas setelah 20 menit maupun sebagai overnight/sleeping mask. Masker ini menjanjikan efek hidrasi yang langsung dapat dilihat dan dirasakan.

Claim & Ingredients

Masker yang memberikan kelembaban instan dan mengembalikan, memperbaharui dan menenangkan kulit. Bahkan mengatakan kulit akan bersinar setelah pemakaian yang menandakan perubahan akan cukup noticeable.

Bahan-bahan: Water, Glycerin, Caprylic/Capric Triglyceride, Butylene Glycol, Cyclopentasiloxane, Pyrus Malus (Apple) Fruit Extract, Peg-8, Peg-100 Stearate, Glyceryl Stearate, Cocos Nucifera (Coconut) Fruit Extract, Zingiber Officinale (Ginger) Root Extract, Camellia Sinensis Leaf Powder, Olea Europaea (Olive) Leaf Powder, Tetrahexyldecyl Ascorbate, Honey (Mel), Allantoin, Saccharide Isomerate, Sodium Hyaluronate, Tocopheryl Acetate, Hexylene Glycol, Cetearyl Alcohol, Sodium Polyacryloyldimethyl Taurate, Caprylyl Glycol, Ethylhexylglycerin, Disodium EDTA, Hydrogenated Polydecene, Polysorbate 60, Menthoxypropanediol, Cetyl Alcohol, Acrylates/C10-30 Alkyl Acrylate Crosspolymer, Glyceryl Acrylate/Acrylic Acid Copolymer, Avena Sativa (Oat) Bran Extract, Kaolin, Buteth-3, Trideceth-10, Benzophenone-4, Sodium Benzotriazolyl Butylphenol Sulfonate, Tris (Tetramethylhydroxypiperidinol) Citrate, Tributyl Citrate, Aminomethyl Propanol, Phenoxyethanol, Fragrance, Coumarin, Linalool.

Ingredientsnya cukup banyak sehingga gw tidak bisa menjabarkan satu-satu, that will be an extremely long post. Secara singkat cukup baik untuk mendukung klaim produk ini, ada emollient; caprylic/capric triglyceride, allantoin, sodium hyaluronate, banyak sekali anti oksidan seperti green tea, bubuk daun zaitun, tocopheryl acetate, dsb. Alkohol yang digunakan merupakan fatty acid yang selain membantu penetrasi produk ke kulit juga bersifat melembabkan. Beberapa bahan lain digunakan sebagai emulsi, solvent, thickening agent, pengontrol tekstur masker, skin soothing, silikon, dan diformulasikan tanpa paraben. Oh ya, terdapat fragrance yang walaupun bahan 3 terendah masih perpotensi sebagai penyebab iritasi. Sedangkan linolool yang juga berfungsi sebagai fragrance tidak berpotensi menyebabkan iritasi dikulit. Beberapa ingredients yang menarik adalah:

  • Kaolin atau yang lebih dikenal sebagai China Clay memang bahan yang sering digunakan di face mask. Kaolin membantu membersihkan kulit dari kotoran, minyak, polusi udara dan kotoran lainnya sekaligus membantu pengelupasan sel-sel kulit mati dan kotoran dari permukaan kulit wajah. Kaolin adalah zat yang sangat mudah menyerap dikulit. Kekentalan kaolin sangat ideal untuk menyatukan bahan-bahan yang terdapat dalam suatu produk dan membantu untuk menembus pori-pori sehingga keuntungan dari berbagai bahan tersebut bisa dihantarkan kelapisan bawah permukaan kulit.
  • Tetrahexyldecyl ascorbate yaitu vitamin c dan berguna untuk meningkatkan jumlah kolagen, mengurangi produksi melanin, mencerahkan kulit dan memperbaiki efek paparan sinar UV. Zat ini dikatakan lebih ampuh daripada L-asorbic acid dan senyawa vitamin c lainnya karena memiliki tingkat penetrasi yang lebih tinggi karena sifatnya yang gampang larut di dalam lemak.
  • Menthoxypropanediol adalah turunan sintetis dari menthol yang memberikan sensasi kesegaran bagi kulit, cooling agent dan juga untuk menyamarkan aroma bahan kimia yang terdapat dalam suatu produk. Zat ini dua kali lebih kuat daripada Menthol dan biasanya digunakan dengan konsentrasi 20-25% persen lebih tinggi daripada Menthol yang mengakibatnya meningkatnya cooling sensation 2-2.5 kali lebih dingin daripada Mentol dan sering digunakan diproduk seperti lip plumper. Sayangnya zat ini terkenal sebagai bahan penyebab iritasi, sehingga dengan khasiat yang 2x lebih efektif daripada Menthol maka kemungkinan besar iritasi meningkat menjadi 2x lebih besar.
  • Benzophenone-4 adalah photostabilizer (senyawa organik yang membantu mencegah hilangnya keefektifan UV filter dibawah sinar matahari) dan sunscreen agent yang digunakan untuk menyerap sinar UV.  Digunakan untuk membantu mencegah kemurnian bahan-bahan yang terdapat disuatu produk dari rusak dibawah sinar matahari. Walaupun mencakup sinar UVB dan UVA pendek (UVA-2) namun tidak cukup apabila digunakan sendiri. Senyawa ini harus digunakan dengan senyawa lainnya yang memiliki sifat melindungi dari sinar matahari.
  • sodium benzotriazolyl butylphenol sulfonate digunakan untuk menstabilkan sinar UV untuk melindungi warna dan bahan-bahan lain yang sensitif terhadap sinar dari photolytic (proses reaksi kimia dengan bantuan sinar) dan atau photo-oxidative degradation (menurunnya manfaat bahan-bahan berbasis polimer oleh oksigen yang pengaruhi oleh dampak energi yang berasal dari UV maupun cahaya lampu/artificial light) sehingga zat-zat yang diformulasikan didalam suatu produk yang terpapar sinar UVA dan UVB tetap stabil.
  • Tris (tetramethylhydroxypiperidinol) citrate digunakan untuk menyerap sinar UV.

PackagingHeavy jar yang opaque sehingga tidak terkena cahaya langsung namun sayangnya memudahkan udara untuk masuk apabila kita memakai produk ini. Bahan-bahan aktif seperti antioksidan, peptida dan retinol akan berkurang keefektifannya apabila terekspos udara dan cahaya. Selain itu juga rawan akan kontaminasi bakteri apalagi di scoop menggunakan tangan, saran gw gunakan spatula atau pastikan kalian dip-in dengan jari-jari yang bersih. So, I wish it comes in better packaging, maybe a squeeze tube? Produk yang didapat sebanyak 50gr.

 

Texture & Scent: seperti campuran lotion dengan cream tetapi dengan konsistensi yang tidak terlalu padat jadi dengan gampang bisa diaplikasikan sesuai keinginan baik tipis maupun tebal. Gw perhatikan ada semacam micro beads dan sempat mengira mungkin produk ini sedikit abrasive namun ternyata tidak. On a side note, produk ini berwarna cokelat muda tetapi begitu dibaurkan ke kulit berubah menjadi hampir translucent. Baunya enak, campuran sweet coconut dan madu, yum!

How I use itsetelah membersihkan muka, gw memakai di muka dan leher kemudian tunggu selama 20 menit sebelum membasuh dengan kain muslin. Sebagai overnight mask, gw membersihkan muka kemudian mengaplikasikan ke muka dan leher dan biarkan hingga pagi. Setelah pemakaian gw selalu membilas dengan air. Hal ini gw lakukan karena gw tidak tahu apakah masker ini bisa dicampur dengan skin care lain apabila residunya dibiarkan di kulit tanpa dibasuh. Walaupun menurut petunjuk pemakaian sisa produk bisa juga di lap dengan handuk kering kemudian lakukan pijatan di muka agar produk yang tersisa terserap ke kulit.

Performance: Pemakaian pertama gw gunakan sebagai overnight/sleeping mask. Setelah membersihkan muka dan menggunakan toner. Gw suka banget dengan tekstur produk ini karena dengan mudahnya bisa spread across my face karena tekstur yang ringan tetapi tidak watery sehingga tidak menetes kemana-mana. Warnanya yang hampir translucent membuat gw tidak khawatir menciptakan noda di sarung bantal. Bukan hanya dibagian muka, gw gunakan di leher dan décolletage. Sensasi pertama yang gw rasakan adalah baunya yang sangat harum tetapi tidak artificial dan overpowering dan rasa soothing dan cooling sensation yang nyaman. Rasa tidak nyaman mulai gw rasakan sekitar 1 menit setelah pemakaian, khususnya didaerah hidung dan mulut terasa menyengat perih dan sedikit panas. Hampir mirip seperti ketika gw mengoleskan balsam ke kulit. Gw pikir, okay mungkin nanti akan hilang dengan sendirinya, tetapi sayangnya tidak. Alhasil gw tertidur dengan rasa menyengat dimuka. Masker ini tidak kering seperti masker muka pada umumnya, tekstur akan tetap lembab persis seperti memakai madu so texture wise it’s very comfortable untuk digunakan dalam jangka waktu yang lama. Tetapi anehnya, it just sat on top of the skin, tidak meresap ke kulit. Keesokan hari, gw membasuh dengan muslin cloth tanpa sabun dan gw tidak merasa ada tambahan hidrasi di kulit. Biasanya sehabis menggunakan produk yang memberikan kelembaban kulit terasa lebih plump atau kenyal dan terlihat lebih segar. Sebaliknya gw perhatikan malah pori-pori terlihat lebih menyolok daripada biasanya. Pemakaian kedua, gw menggunakan selama 20 menit dengan hasil yang sama. Sama sekali tidak terlihat that instant moisturizing effect yang gw harapkan.

VerdictThis is a IDR 890k mask jadi rasanya tidak salah I expect miracle! Gw suka dengan bau dan tekstur yang lembut, hanya sebatas itu saja. Sedangkan produk ini bahkan tidak bisa membuktikan klaim yang paling sederhana yaitu hidrasi. Produk yang menawarkan hidrasi biasanya langsung bisa dirasakan hanya dalam 1x pemakaian. Hal ini sama sekali tidak gw rasakan walaupun sudah menggunakannya sebagai overnight/sleeping mask. Bahkan setelah pemakaian kedua, suami gw berkomentar your skin looks so dry *gasp*. Ditambah dengan tingling sensation dan rasa minty pedas for me it’s a pass. Walapun sudah terdapat beberapa UV filter untuk mencegah penurunan kualitas khasiat bahan-bahan yang mengandung anti oksidan tetapi jar membuat produk gampang terpapar sinar dan oksigen yang mengakibatkan menurunnya kadar keefektifannya. Hal ini sangat merugikan apalagi biasanya konsumen membayar mahal untuk khasiat yang terdapat di dalam suatu bahan tertentu untuk bekerja. Menurut gw masih banyak masker yang lebih baik dengan harga yang jauh lebih murah bahkan using product from my kitchen counter seperti bubuk kunyit, madu dan yogurt memberikan hasil yang lebih baik.

Have you guys try other Glamglow mask? Banyak juga yang suka menggunakan bahan-bahan alami yang seperti yang gw sebutkan diatas. Bagi pengalaman kalian dengan masker wajah di seksi komentar. Gw sendiri adalah penggemar sheet mask walaupun sekarang sudah bergeser lebih menyukai masker berbentuk lotion/cream seperti ini karena bisa menggunakan masker berbeda untuk bagian kulit yang berbeda. Let me know! XOXO