Dose of Colors Liquid Lipstick

A stamp of approval for one of the best liquid lipstick

Nov 19, 2016 | review | 8 comments

Hi  Everyone,

Let’s talk about an indie brands. Gw belum pernah mendengar Dose of Colors (DOC) namun sering mendengar tentang truffle. Shade ini selalu sold out sampai gw penasaran dan ingin mencoba. DOC adalah makeup company yang didirikan oleh influencer Anna Petrosian dan baru berdiri sekitar 3 yang lalu. I see a good company ethics and all of the liquid lipstics are vegan, cruetly free, gluten free and paraben freeShade yang available berjumlah 16 dengan varian warna yang cukup baik dari nude, cokelat, berry, merah hingga biru.

Klaimnya mengatakan liquid lipstick ini memiliki finish matte velvety high-fashion dengan pigmentasi yang kaya. Daya tahannya baik dan aplikasi bisa dilakukan dengan sangat mudah dan halus.

Packaging: akrilik transparan jadi gw dengan mudah bisa melihat warna di dalam tube yang dilengkapi dengan box. Design sangat simple hanya logo tulisan dilengkapi embellishment perak dan tutup putih. Produk yang didapat sebanyak 4,5gr. Doe-foot aplikatornya sangat unik, slanted tetapi dengan legok ditengah untuk menyimpan/mengambil produk.

Texture & Scent: tekstur sedikit seperti thick whipped mousse-y. Berbau layaknya kebanyakan liquid lipstick, karamel manis tetapi kali ini mengingatkan gw akan sweet popcorn, aromanya tidak sekuat liquid lipstick lainnya.

PerformanceShade truffle berwarna muted peachy-pink dengan undertone cokelat sebenarnya it’s a perfect nude color bagi warna kulit medium dark/tan. Gw bisa pair it dengan riasan mata atau alis yang bold atau a bit of strong blush atau tone it down untuk tampilan soft everyday makeup. Seperti biasanya gw lakukan wear test selama 8 jam, btw apakah menurut kalian test semacam ini lebih baik dilakukan di video. Please let me know.

Doe-foot aplikator yang memiliki legok membuat produk terdeposit berlebihan sehingga gw harus mengembalikan excess kembali ke tube. Produk dengan mudah dapat diaplikasikan dan pigmented, satu sapuan benar-benar bisa menutup seluruh permukaan bibir secara merata. Teksturnya sangat creamy sehingga terasa sedikit berat dibibir. Waktu yang diperlukan untuk menjadi matte sangat cepat kira-kira tidak lebih dari 20 detik namun tidak langsung set, gw masih memiliki sedikit waktu untuk membuat garis bibir lebih crisp dengan menggunakan lip brush.

 

Check-ins pertama gw lakukan sekitar 4 jam pemakaian, sorry fotonya tidak begitu bagus karena I had to take it in a bathroom of a mall. Gw sedikit khawatir lipstick akan transfer ke dagu, feather/bleeding atau jadi patchy dan terkelupas karena makan siang gw yang cukup creamy, spagetti carbonara yang cukup sulit untuk tidak bersentuhan dengan bibir walaupun menggunakan utensils. Nyatanya lipstick masih dengan baik menempel di pipi, tidak ada rasa kering berlebihan tetapi memang teksturnya tidak terlalu ringan. I felt slightly on my lips, lapisan tipis menempel di bibir. Satu lagi, gw juga minum langsung dari botol dan tidak ada transfer sama sekali.

 

Check-ins kedua gw lakukan sedikit telat yaitu jam 22.45, hampir 10 jam dari pemakaian pertama jam 13.00. Ternyata lipstick masih tetap bertahan gw bibir tanpa crack maupun crumble walaupun pigmentasi sudah memudar. Namun gw pahami karena jangka waktu pemakaian yang cukup lama. Lipstick feels drying on my lips setelah memasuki pemakaian 5-6 jam. Gw coba aplikasikan layer kedua, it went on pretty good. Tidak ada serpihan yang flake off, aplikasi masih bisa dilakukan secara smooth namun perlu waktu sedikit lebih lama untuk set. Kira-kira gw harus menunggu sekitar 2 menit, sebelum itu apabila bibir gw katupkan maka akan terasa lengket dan transfer yang terjadi cukup banyak. Tetapi jangan khawatir, setelah lipstick sudah mengering secara total maka transfer hampir tidak terlihat. Foto pertama sebelum lipstick gw touch up, again sorry for the chocolate cake crumbles, kedua setelah aplikasi layer kedua, foto terakhir adalah kiss test setelah produk sudah mengering sepenuhnya.

Verdict: Keunggulannya adalah tahan lama, pigmented, cepat mengering, transfer proof dan cukup nyaman digunakan untuk jangka waktu lama. Tekstur yang tebal dan terasa creamy  memang membuat liquid lipstick ini nyaman untuk digunakan selama 10 jam tetapi juga menjadi kelemahan produk ini karena teksturnya menjadi sedikit lebih berat dibanding liquid lipstick yang lain. Selain itu hanya bisa didapatkan di online shop membuat gw ragu membeli karena takut warnanya tidak cocok untuk warna kulit gwHarganya bervariasi antara IDR 265-290k di berbagai online shop. 

Gw menaruh Dose of Colors di peringkat kedua karena walaupun lebih murah, namun warnanya lebih sedikit dari Stila dan hanya bisa didapatkan di online shop.

  1. Stila Stay All Day Liquid Lipstick
  2. Dose of Colors
  3. Bourjois Rouge Velvet Edition
  4. Ofra Long Lasting Liquid Lipstick

Gw memiliki beberapa up-coming review, please stay tuned. Oh ya, untuk rangking liquid lipstick gw sengaja memisahkan antara lokal produk dan international brand karena dari kesenjangan harga yang cukup besar sehingga tidak adil membandingkan keduanya dikategori yang sama. XOXO