Real Techniques Sponge

A versatile cute colorful little tools

Dec 4, 2016 | review | 8 comments

Hi Everyone,

Baru sadar bahwa selama ini gw tidak pernah membahas mengenai tool, hal yang sangat penting untuk memudahkan aplikasi makeup dan enhanced the result. Gw tidak rela menghabiskan IDR 300k untuk membeli sponge yang terkenal itu, karena dalam jangka waktu 3-4 bulan tentu harus mengganti dengan yang baru. Akhirnya gw mencoba sponge generik seharga 100rb-an. Sayangnya menurut gw teksturnya tidak bouncy, permukaan yang keras cenderung drag my skin and I hate that. Ditambah lagi gw tidak begitu tahu cara merawat dan menyimpan sehingga dalam waktu 1 bulan akhirnya berjamur dan disitulah akhir petualangan gw dengan makeup sponge.

Long story short selama menggunakan roaccutane kulit gw menjadi super kering sehingga sapuan kuas walaupun bristle-nya lembut membuat aplikasi foundation kurang halus. Terlihat tidak rata dan foundation menempel di bagian kulit yang kering sehingga terlihat cake-ynot pretty. Saat itu gw memutuskan mencoba Real Techniques karena harganya affordable. Saat ini gw memiliki 2 jenis must-haves sponge dari Real Techniques yaitu Miracle Complexion Sponge & Miracle Mini Erasers Sponge. Let’s go over the pros, cons, and other nitty gritty.

Real Technique Miracle Complexion Sponge

Sponge ini memiliki kegunaan yang cukup beragam, as if you’re no longer need face brushes. Aplikasi makeup menjadi lebih rata dan memperhalus hasil akhir aplikasi produk, gunakan dalam keadaan lembab maka akan memberikan hasil dewy dan untuk meningkatkan coverage foundation gunakan dalam keadaan kering. So yes, contrary to popular belief you can use it dry. Bentuknya oval dengan ujung runcing disatu sisi dan slanted disisi lain memiliki fungsi sebagai berikut:

  • sisi yang bulat digunakan untuk mengaplikasikan produk di area wajah yang luas dengan gerakan menekan secara ringan
  • ujung yang lancip untuk spot concealing menutup noda dengan ukuran kecil
  • sisi slanted yang rata digunakan untuk contouring didaerah mata dan hidung

How I use it: sponge ini sangat gampang menyerap air dan membuat ukurannya menjadi lebih besar. Biasanya setelah membasahi, sponge akan gw peras dan sisa airnya akan diperas lagi menggunakan tissue agar tetap lembab tetapi air tidak berlebihan. Gw menggunakan untuk mengaplikasikan foundation, spot concealing, paling baik untuk meratakan aplikasi di garis rambut dan untuk meratakan blush dan highlight. Gw selalu menggunakan dalam kondisi basah karena gw lebih suka sheer application bagi foundation dan membantu menyebarkan foundation dengan lebih mudah. Kedua ujung biasanya gw satukan sehingga bagian yang bulat menjadi lebih kecil untuk membuat aplikasi lebih airbrushed look.

 

Real Techniques Miracle Mini Erasers Sponge

Sponge ini adalah versi mini dari miracle complexion sponge dengan bentuk yang sedikit berbeda. Ujung yang slanted memiliki permukaan yang rata, tidak seperti Complexion Sponge yang ujungnya runcing. Sponge ini dapat digunakan untuk membantu menghapus kesalahan pada saat aplikasi makeup seperti mascara yang smudge dan eyeshadow fallout. Bentuknya juga memiliki fungsi yang berbeda-beda:

  • ujung yang rata digunakan untuk menghapus
  • sisi yang bulat digunakan untuk meratakan aplikasi produk
  • ujung lancip bisa digunakan untuk menyapu area tertentu dimana kesalahan aplikasi terjadi
  • 6 cara untuk menghapus:
  1. Sapukan di area bawah mata untuk menghilangkan eyeshadow fallout.
  2. Menghapus aplikasi eyeliner yang salah.
  3. Menghapus dibawah alis untuk menghilangkan/membetulkan aplikasi produk alis.
  4. Menghilangkan mascara yang luntur.
  5. Memperhalus eyeshadow apabila diaplikasikan terlalu tebal. 
  6. Meratakan atau menghaluskan blush dan highlighter.

How I use it: sama seperti Complexion Sponge gw menggunakan dalam keadaan lembab untuk mengaplikasikan under eye concealer dan melakukan mini baked. Menurut gw untuk meratakan blush dan highlight sponge ini terlalu kecil, gw melihat tidak bisa digunakan untuk menghapus mascara yang luntur atau eyeliner karena biasanya kedua jenis produk semacam ini sangat sulit dihapuskan tanpa cleansing agent. Daripada luntur kemana-mana lebih baik gunakan cotton bud yang dibasahi sedikit makeup remover untuk aplikasi lebih terkontrol di daerah yang membutuhkan.

The Pros

  • The texture of the sponge, sangat lembut, beberapa merk lainnya gw perhatikan memiliki teksture yang padat almost hard. Seperti yang gw katakan diatas, kulit muka gw seperti ditarik apabila sedang memantul-mantulkan sponge di muka. Selain itu biasanya sponge generik yang padat tidak memiliki kemampuan untuk menyerap air seperti halnya RT sponge. Sehingga aplikasi foundation atau concealer cenderung terlalu tebal dan tidak rata alias tidak mampu membantu sheer out foundation maupun concealerSayangnya untuk Miracle Mini Erasers teksturnya sedikit kaku dan tidak selembut its older sister The Miracle Complexion Sponge namun masih nyaman untuk digunakan. Mini sponge ini masih memiliki tekstur yang cukup lembut dan bisa pantulkan di wajah tanpa menarik kulit pada saat digunakan.
  • The Shape & usages of the spongesayangnya gw tidak mengoptimalkan fungsi sponge ini seperti petunjuk pemakaian diatas. But nevertheless, kegunaannya sponge ini cukup beragam dan mempercepat aplikasi base product. Gw sangat suka dengan hasil akhir yang diberikan yaitu foundation yang lebih halus dan sheer tetapi apabila diperlukan untuk aplikasi full coverage masih bisa dilakukan. Mini Erasers Sponge memiliki bentuk yang sempurna untuk aplikasi under eye concealer, sisi slanted dengan ujung rata mampu membaurkan concealer sesuai dengan lekukan bawah dan ujung mata. Sedangkan Miracle Complexion Sponge biasa gw gunakan, untuk meratakan aplikasi blush dengan sisi slanted dan ujung runcing paling baik untuk penggunaan di sisi hidung dan meratakan concealer di smile lines. Kemudian selain air medium lain yang bisa digunakan lebih beragam misalnya face oil, sesuai dengan kebutuhan penggunanya.
  • The price, harga ramah dikantong kisaran IDR 105-150k tergantung dimana pembelian dilakukan.

The Cons

  • Menyerap cukup banyak produk, hindari menggunakan sponge untuk water-based foundation karena it’ll literally soak up your foundation sehingga yang tersisa untuk diaplikasikan terlalu sedikit.
  • High maintenance, yeap menurut gw perawatannya lebih memerlukan perhatian lebih daripada kuas.
  • Sangat banyak produk palsu yang beredar dan sulit untuk dibedakan. Saran gw sebaiknya belilah di department store atau online shop yang terpercaya.

How I clean it: seperti yang gw bilang it’s quite high maintance. Gw tidak menggunakan pembersih khusus karena tidak tahan baunya yang sangat kimiawi dan tetap bertahan walaupun sudah berkali-kali dibilas. Setiap 2 hari sekali gw menggunakan sabun cuci tangan atau sabun muka (face cleanser) atau bahkan hand soap. 

Seminggu sekali biasanya deep cleansing gw lakukan menggunakan sedikit minyak kelapa dan memijat-mijat untuk mengeluarkan semua kotoran dan residu produk yang ada di dalam sponge. Setelah itu gunakan sabun dan bilas hingga bersih. Setelah bersih dari sabun, rendam sponge di mangkok dan masukkan kedalam microwave selama 10 detik. Hal ini gw lakukan untuk membunuh kuman dan bakteri yang masih tersisa.

How I store it: Sebaiknya simpan didalam kontainer kedap udara, gw menggunakan lock n lock berukuran kecil agar sponge tetap bersih dan tidak berjamur. Setelah itu bisa dimasukkan ke kulkas sehingga pada waktu digunakan memberikan rasa segar di kulit.

Verdictmenurut gw sponge sangat membantu aplikasi makeup menjadi lebih rata dan lebih cepat dibandingkan menggunakan kuas. Bukan hanya produk liquid tetapi bahkan juga baik untuk digunakan bagi powder produk untuk aplikasi tertentu. Does it replace my brushes? Tidak. Karena untuk beberapa hal, kuas memiliki hasil yang lebih superior dan dapat digunakan untuk berbagai macam tugas. Tetapi Real Techniques adalah pilihan yang cukup baik karena it does the job dengan harga terjangkau dan kualitas yang tidak kalah dengan sponge yang lebih mahal. Perawatan yang baik bisa memperpanjang masa pakai hingga, misalnya 6 bulan. Saran gw belilah di toko yang terpercaya karena semakin banyak barang palsu yang hampir tidak bisa dibedakan dengan yang asli. I bought mine at Belanja Mimo atau apabila ingin berhemat ongkos kirim, you can also buy it at Sociolla*Ajak teman kamu sehingga bisa cost sharing untuk mencapai pembelian IDR 250k dimana kamu bisa menggunakan kode gw SBNLA8D2 untuk potongan harga sebesar IDR 50k.

Bagi para pengguna makeup spongebagaimana cara kalian merawat agar tetap terjaga kebersihannya? Berapa lama biasanya kalian mengganti sponge tersebut? Do share your experience in the comment section. Gw sebenarnya masih penasaran dengan the famous beauty blender dan mungkin akan mencoba walaupun tidak dalam waktu dekat. XOXO