Nivea Makeup Clear Cleansing Water

A cleansing water fall short from expectation

Jan 2, 2017 | review | 6 comments

Hi Everyone,

Dari judulnya saja kalian sudah tahu gw tidak suka dengan produk ini, with a good reason. Walaupun gw memiliki HG cleanser tetapi as a beauty enthusiast I like to try different product. Dipasaran saat ini sedang marak pembersih muka berbahan dasar air yang memang sangat praktis karena mampu membersihkan makeup tanpa meninggalkan residu sehingga tidak perlu dibasuh air. Gw sangat senang waktu Nivea mengeluarkan produk ini karena berharap bisa menjadi alternatif yang affordable.

Claim & Ingredients:

Pembersih wajah dengan kandungan Capric Glycerides yang sangat efektif untuk membersihkan makeup dan merawat kulit dari sisa makeup tanpa residu, membuat kulit terasa lembut dan tidak kering dengan adanya kandungan Lactic Acid.

Bahan-bahannya: Aqua, PEG-40 hydrogenated castor oil, phenoxyethanol, glycerin, 1,2-hexanediol, sorbitol, poloxamer 124, trisodium EDTA, decyl glucoside, panthenol, polyquaternium-10, vitis vinifera seed oil, disodium cocoyl glutamate, glyceryl glucoside, sodium chloride, citric acid, sodium acetate, propylene glycol,/p>

Ada beberapa emollient atau pelembab seperti PEG-40 Hydrogenated Castor Oil dan anti oksidan, vitis vinifera seed oil atau lebih dikenal dengan ekstrak grape seed oil. Phenoxyethanol biasa digunakan sebagai pengawet, zat ini terhitung aman tidak menyebabkan iritasi dan banyak digunakan di water-based products. Pengawet lain yang dipakai adalah 1,2-hexanediol. Glycerin, glyceryl glucoside digunakan sebagai skin replenishing dan skin soothing mencegah kekeringan berlebihan pada kulit. Sorbitol dan panthenol digunakan sebagai thickener/skin conditioning agent ataupun humektan untuk menjaga kelembaban di kulit. Gw juga menemukan adanya unsur mild surfaktan untuk memisahkan minyak dan air sehingga memungkinkan keduanya bisa dibasuh dengan air seperti poloxamer 124, decyl glucoside, dan disodium cocoyl glutamate. Terdapat juga bahan penjaga keseimbangan pH, buffering agent sodium acetate. Sodium chloride atau garam meja digunakan untuk menambah kekentalan konsistensi air. Citric acid juga digunakan sebagai penyeimbang kadar pH.  Texture enhancer, polyquaternium-10 dan propylene glycol bertujuan untuk mencegah produk meleleh ataupun membeku dan membantu penterasi bahan aktif yang ada di suatu produk. Terakhir, trisodium EDTA digunakan sebagai chelating agent, adalah bahan yang mengikat dengan ion logam atau senyawa logam, mencegah kontaminasi atau perubahan warna. Biasanya digunakan dalam krim dan lotion, sabun, shampoo, kondisioner, dan produk kosmetik dan produk perawatan kulit. Chelating agent dapat meningkatkan efektivitas pengawet dan antioksidan dan memainkan peran penting dalam stabilitas dan khasiat dari produk itu sendiri. Sayangnya gw sama sekali tidak melihat capric glycerides seperti klaim diatas padahal bahan ini merupakan emollient yang sangat baik.

Packaging: botol plastik transparan dengan tutup flip dan produk yang didapat sebanyak 200ml.

Texture & Scent: layaknya air dengan konsistensi yang sama dan tidak memiliki warna. Di list of ingredient memang tidak terlihat adanya pewangi sintesis. Apabila gw benar-benar mencium ada sedikit bau tipis yang hampir tidak terdeteksi yang mengingatkan pada astrigent yang biasa digunakan oleh ibu gw.

How I use it: basahi kapas dengan produk, untuk bagian mata biasanya gw hanya menempelkan di kelopak mata sedangkan untuk menghilangkan mascara biasanya gw akan massage di lash line. Untuk bagian muka, aplikasikan dengan gerakan memutar.

Performance: demo dilakukan dengan cara menghapus makeup ditangan yaitu concealereyeshadow yang diaplikasikan diatas eyeprimerliquid eyeliner, dan cream eyeshadow. Gw menggunakan tekanan dan menggosok cukup keras namun tetap tidak bisa membersihkan makeup dengan baik. Bisa dilihat masih banyak sisa makeup yang ada ditangan. Kemudian gw mencoba menggunakannya untuk menghapus riasan muka dan mata seperti yang biasa gw lakukan dengan cleansing water lainnya. A good cleansing water bisa dengan mudah membersihkan riasan mata cukup dengan menempelkan kapas yang sudah dibasahi sekitar 2-3 menit tanpa harus menggosok. Dengan cara ini biasanya 80% riasan mata sudah akan terhapus dan sisanya seperti waterproof mascara baru bisa benar-benar hilang dengan oil-based cleanser.

Terlihat gw perlu mengusapkan produk sebanyak 5x untuk benar-benar menghapus hingga bersih. Untuk menghapus riasan mata biasanya gw menempelkan kapas berisikan produk selama 2-3 menit, hal ini tidak bisa dilakukan karena baru 30 detik kelopak mata terasa pedas dan perih. Dengan hanya menempelkan ternyata hampir tidak ada riasan mata yang terangkat, gw harus menggosok-gosokannya produk ke kelopak mata. Hal inipun hanya sedikit membantu membersihkan permukaan kelopak mata, diperlukan tekanan dan gerakan yang lebih kasar untuk mengangkat semua riasan mata. Perlu gw sebutkan bagi penggemar liquid lipstick, cleanser ini juga kurang mampu membersihkan liquid lipstick dengan baik. Sensasi tidak nyaman juga gw rasakan pada waktu menggunakan di bibir. Walaupun gw selalu melakukan double cleansing namun gw sangat kecewa karena Nivea Cleansing Water bisa dibilang tidak terlalu membantu untuk mengangkat makeup dikulit wajah. Satu hal positif walaupun ditujukan bagi pengguna kulit normal cenderung berminyak, gw sama sekali tidak merasakan kekeringan berlebih setelah menggunakan produk ini. Gw juga tidak suka dengan rasa perih (burning sensation) di daerah kelopak mata dan bibir. Untuk 1 kali pemakaian, produk yang gw habiskan cukup banyak jadi 1 botol hanya bertahan kira-kira 6-7 pemakaian, khususnya apabila pengguna  mengenakan makeup on daily basis.

Verdictproduk ini sama sekali tidak menggandung capric glycerides dan lactic acid seperti klaim yang tertulis di website, diformulasikan tanpa paraben dan pewangi sintesis. Walaupun tidak ada ingredients yang mengkhawatirkan tetapi sayang sekali produk ini tidak memenuhi fungsi utamanya yaitu sebagai pembersih. Bagi mereka yang menggunakan 2nd cleanser yang tidak bisa dipakai di mata atau tidak terlalu ampuh membersihkan makeup maka penting sekali cleansing water yang bisa berfungsi sebagai makeup remover yang efektif. Hal ini tidak bisa dilakukan oleh Nivea Cleansing Water. Harganya memang murah sekitar IDR 45.900 tetapi lebih baik menggunakan produk lain sebagai seperti Bioderma Sensibio H2O atau mencari pilihan lebih yang affordable. 

Apakah ada yang sudah mencoba produk ini, does it work for you? Pencarian affordable cleansing water masih berlanjut dan saat ini gw sedang mencoba Garnier Micellar Cleansing Watersecepatnya pasti gw akan report back. Until next time. XOXO