Bioderma Sensibio Tonique

A good toner for hydration and balances pH level

Jan 25, 2017 | review | 18 comments

Hi Everyone,

Setelah mencoba Bioderma Hydrabio Tonique, gw sama sekali tidak suka karena setelah beberapa pemakaian khususnya kulit disekitar mata menjadi perih. Akhirnya gw kembali ke “akar” dengan Bioderma Sensibio Tonique. Terlihat dari bahan-bahan cukup baik, bisa memberikan tambahan hidrasi tanpa ada rasa ketidaknyamanan. Gw pun tidak mengalami breakout sehingga it gets my approval bagi mereka yang memiliki kulit acne prone.

Claim & Ingredients

Toner ini diperuntukkan bagi pemilik kulit normal cenderung kering dan sensitif. Toner ini dapat memaksimalkan khasiat dari skin care lain yang akan digunakan, menenangkan dan membantu epidermis (lapisan kulit paling atas) tidak tersumbat lapisan kulit mati. Melembabkan dan secara seketika mengencangkan dan menyegarkan kulit.

Bahan-bahannya: Aqua/water/eau, glycerin, Xylitol, Polysorbate 20, Mannitol, Rhamnose, Fructooligosaccharides, Cucumis Sativus (Cucumber) Fruit Extract, Peg-40 Hydrogenated Castor Oil, Allantoin, Propylene Glycol, Disodium EDTA, Cetrimonium Bromide, Sodium Hydroxide, Citric Acid. [BI 531]

First thing first, diformulasikan tanpa adanya pewangi tambahan *dance* dan tanpa paraben which I don’t mind but some people does.

Glycerin sebagai moisturizer adalah salah satu zat yang ditemukan secara alami di kulit dan terdapat di lemak alami baik yang berasal dari hewan atau tumbuh-tumbuhan. Zat ini membantu menjaga kulit terlihat dan terasa sehat dan menjaga agar tidak kering. Glycerin adalah humektan yang berguna untuk mencegah hilangnya kelembaban dengan menarik air dari udara. A note about glycerin, gw mendengar beberapa teman yang memiliki kulit kering menggunakan glycerin murni yang dijual di apotek. Please don’t do thatpenggunaan glycerin murni bukan langsung menambah kelembaban bagi kulit namun malah menyebabkan kulit menjadi kering karena meningkatkan hilangnya air dengan menarik air dari lapisan terendah kulit ke lapisan permukaan kulit dimana air dapat gampang sekali menguap karena pengaruh lingkungan sekitar. Oleh karena itu penggunaan glycerin harus selalu digabungkan dengan bahan lain untuk melembutkan kulit seperti emollients dan atau minyak tertentu. Humektan lain yang gw temukan adalah xylitol.

Bahan lainnya yang digunakan untuk memberi kelembaban adalah mannitolskin conditioning agent yang merupakan alkohol berbasis gula yang berasal dari fruktosa. Mannitol membantu kulit untuk tetap kencang, dan meningkatkan ketahanan dan kekenyalan kulit, sehingga kulit tampak lebih muda, halus, dan plump. Skin conditioning agent lainnya adalah allantoin, zat ini secara alami dihasilkan oleh kulit dan bisa diekstrak dari tumbuh-tumbuhan contohnya chamomile atau dibuat secara sintesis. 

Rhamnose adalah humektan, nah bahan ini sekarang banyak diperbincangkan di dunia skin care karena dianggap sebagai anti-aging yang sangat efektif. Namun sayangnya tes yang dilakukan kebanyakan in-vitro (dilaboratorium) bukan terhadap subjek hidup (in-vivo). Rhamnose sendiri adalah gula alami yang ditemukan dibeberapa jenis tanaman, yang pasti memiliki keuntungan sebagai anti radang dan memiliki sifat menenangkan. Humektan lain adalah fructooligosaccharides, penjelasan mengenai bahan ini sedikit sekali yang bisa dijadikan sebagai referensi. Fructooligosaccharides adalah oligosakarida dan merupakan alternatif alami yang lebih lembut dari retinol.

Biasanya gw tidak merekomendasikan penggunaan surfaktan karena menyebabkan kulit menjadi basa, tetapi untuk produk ini gw pribadi tidak keberatan karena polysorbate-20 memiliki kandungan surfaktan ringan. Bahan ini digunakan karena sifatnya yang gampang tercampur dengan air dan minyak di kulit untuk membersihkan kotoran. Surfaktan juga digunakan sebagai emulsi.

Cucumis sativus (cucumber) fruit extract adalah emollient yang membantu kulit yang kering dan rusak. Ektrak mentimun juga mengandung banyak anti oksidan yang cukup ampuh seperti vitamin K untuk memperbaiki elastisitas kuit dan membantu memperbaiki kulit kering dan rusah dengan kadar pH yang mirip dengan kondisi kulit manusia.

PEG-40 hydrogenated Castor oil, emulsifier dan juga membantu semua bahan-bahan lainnya larut dalam solvent. Angka 40 menunjukkan massa molekul, semakin besar berarti semakin berat yang menandakan hanya jumlah kecil yang bisa diserap oleh kulit.

Propylene glycol berfungsi sebagai viscosity controller untuk mengatur konsistensi dan tekstur suatu produk selain itu juga membantu untuk active ingredients menyerap kedalam kulit dan melembabkan kulit. Disodium EDTA digunakan sebagai chelating agentSodium hydroxide dan citric acid adalah pH adjuster, yaitu penyeimbang level pH. Pengawet yang digunakan adalah cetrimonium bromide. 

How I use it: biasanya gw menggunakan toner langsung setelah mencuci muka baru kemudian menggunakan leave-on exfoliator. Namun sekarang gw merubah kebiasaan menggunakan toner setelah leave-on exfoliator karena leave-on exfoliator biasanya memiliki pH yang rendah untuk bisa bekerja efektif, jadi toner gw gunakan agar level pH kembali ke level “balance” sekaligus untuk menenangkan kulit. Gw menggunakan 2x sehari, pagi dan malam.

Texture & Scent: layaknya air dengan konsistensi yang sama dan tidak memiliki bau yang khas.

Packaging: dikemas dalam botol plastik transparan dengan flip captravel friendly karena tutupnya tidak gampang terbukaProduk yang didapat 250ml.

Performancepretty straight forwardToner ini menyegarkan dan melembabkan tanpa adanya sensasi tidak nyaman. Bahkan untuk daerah sensitif seperti kelopak mata, gw tidak khawatir menggunakannya. Kemampuan toner ini menyerap dikulit memang perlu membutuhkan waktu sedikit lama antara 10-15 menit. Satu lagi yang perlu gw laporkan, hidrasi tambahan tidak dibarengi dengan rasa lengket, greasy feeling atau minyak berlebihan. Sehingga bagi yang memiliki kulit berminyak pun bisa menggunakan karena tidak terlalu emollient sehingga kemungkinan menyumbat pori-pori.

Verdict: ini salah satu produk andalan, karena menjaga kulit tetap lembab dan menyegarkan tanpa sensasi apapun dan tidak ada rasa berminyak berlebihan serta aman digunakan bagi mata tanpa pewangi tambahan. Gw juga merekomendasikan toner ini bagi mereka yang memiliki kulit berminyak. Walaupun kulit gw kombinasi cenderung berminyak gw tidak mau menggunakan produk yang terlalu membuat kulit matte yang biasanya mengandung alkohol yang merusak kulit dan kekeringan berlebihan yang dihasilkan malah memicu produksi minyak lebih banyak dan lagipula kulit berminyak tetap membutuhkan kelembaban. Harganya IDR 275k, cobalah beli di Sociolla* dan gunakan kode gw yaitu SBNLA8D2 untuk potongan IDR 50k. Biasanya 1 botol bertahan 4-5 bulan.

Gw masih mencari toner alternatif mungkin yang mengandung anti-aging, I will report back apabila sudah berhasil menemukannya. Do you have favorite tonerLemme know in comment section. Jangan lupa juga untuk subscribe sehingga tidak ketinggalan blogpost berikutnya. XOXO