Stila In The Light Eyeshadow Palette

An outdated overpriced eyeshadow palette

Jan 28, 2017 | review | 8 comments

Hi Everyone,

I’m sorry to start this review with such negative attitude tetapi hal ini menggambarkan perasaan gw sebagai pembeli. Palet adalah keluaran tahun 2012 dan sudah tidak lagi diproduksi dan dijual oleh Stila, diluar negeri masih ada beberapa situs seperti Birchbox yang menjual dengan harga miring sekitar $20 atau setara dengan IDR 270k bayangkan ketika gw tahu Sephora Indonesia menjual dengan harga IDR 500k. Semoga tulisan ini bisa membantu kalian memutuskan sebelum membeli apakah mutunya sebanding dengan harganya. I got this palette for my birthday, huge gratitude to my running mates who acknowledged my love for makeup ;). Gw sangat senang karena ada warna yang merupakan ikon dari Stila eye shadow yaitu kitten. Pilihan warnanya cenderung netral tetapi terdapat beberapa warna gelap sehingga tampilan bisa menjadi lebih bervariasi, glamor, dan dramatis dengan assortment of matte dan shimmer shadows.

Packaging & Pricing: biasanya gw membahas pricing dan membandingkan dengan produk lain. Namun hal ini agak sulit untuk dilakukan karena palet ini sebenernya sudah di-discontinued dan merupakan keluaran lama sekitar tahun 2012. Diberbagai online shop dan Sephora Indonesia kisarannya mencapai antara IDR 500-570k. Produk yang didapat sebanyak 14gr yang berarti 1.4gr per shadow (hampir sebesar MAC single eye shadow) dan selain itu juga terdapat Smudge Stick Waterproof Eyeliner shade Damsel dengan jumlah produk 0.28gr yang sekarang menjadi koleksi permanen. Palet ini terbuat dari cardboard alias karton dengan warna rose gold dengan logo Stila, dilengkapi dengan cermin dan penutup magnet. Didalamnya terdapat look book yang cukup berguna dengan petunjuk step by step. Sedangkan eyeliner berbentuk retractable sehingga tidak lagi memerlukan rautan.

Ingredients: palet ini memiliki bahan dengan komposisi yang berbeda dengan palet Stila terbaru, bisa dibilang setiap koleksi memiliki formula yang unik. Gw merasakan formula dipalet ini jauh lebih baik daripada formula eye shadow keluaran baru, yaitu rangkaian Eyes of the Window Palette. Salah satu bahannya adalah carmine sehingga tidak diperuntukkan bagi mereka yang memilih memakai produk vegan.

Texture: tentu saja setiap finish memiliki tekstur yang berbeda, matte memiliki tekstur yang lebih kering daripada shimmer tetapi sama sekali tidak chalky dan powdery. Shimmer-nya walaupun memiliki tekstur creamy dan halus namun ada yang memiliki fall out yang banyak dan ada yang tidak. Sedangkan matte dengan glitter memiliki tekstur yang lebih kering daripada matte yang biasa dan apabila diaplikasikan terasa sekali tekstur glitter-nya, grittydefinitely not a fine-milled glitter. Sedangkan eyeliner, Smudge Stick memiliki tekstur yang sangat creamy tetapi tidak terlalu lembek.

Performance & Color: palet ini memiliki 10 warna dengan 4 matte, 3 shimmer, dan 3 matte dengan glitter. Palet ini adalah palet netral yang dengan mudah bisa menciptakan soft toned-down everyday look maupun glamour smokey eyes. Gw suka menggunakan Sandstone untuk 1 warna smokey eyes untuk sehari-hari. Selain itu Night Sky, Luster, dan Ebony bisa digunakan sebagai alternatif dari the usual black smokey eyes. Kitten dan Bubbly adalah shimmer yang bisa membuat mata terlihat terang dan awake. Kelemahan yang gw lihat adalah beberapa warna yang memiliki pigmentasi yang lemah dan memerlukan usaha lebih untuk meratakan warnanya. Ketahanan eye shadow ini juga tidak terlalu baik dengan pengecualian beberapa warna, maksimal hanya 5-6 jam dengan menggunakan primer.

Secara detil akan gw jelaskan dibarengi dengan swatches jari tangan dan kuas dengan terlebih dahulu menggunakan primer, karena gw selalu menggunakan eye shadow primer untuk aplikasi sehari-hari. Diantara swatches gw akan membersihkan brush sehingga warnanya tidak tercampur satu sama lain. Swatch sebelah kanan menggunakan jari tangan sedangkan sebelah kiri menggunakan kuas.

  • Bare – matte, berwarna putih dengan hint kekuningan atau off white. Gw biasa menggunakan untuk set eye shadow primer atau sebagai highlight. Teksturnya sedikit kering dan apabila diambil dengan kuas maka menghasilkan excess yang cukup banyak. Pigmentasinya kurang baik, gw mengharapkan warna yang opaque sehingga bisa juga berfungsi sebagai eye shadow based. Tetapi sayang khususnya apabila dibaurkan, warna menjadi sangat tipis bahkan hampir terlihat seperti translucent powder. Ketahanan hanya antara 3-4 jam saja sebelum memudar.
  • Kitten – shimmer, berwarna soft pink, memiliki pigmentasi yang sangat baik dengan finish cenderung frosty. Warna bisa dibaurkan dengan mudah dan walaupun diaplikasikan dengan kuas yang tidak terlalu padat tidak akan mengurangi pigmentasinyaTeksturnya lembut dan fallout yang dihasilkan hampir tidak ada. Ketahannya baik sekali antara 7-8 jam sebelum memudar.
  • Bliss – matte, berwarna pink dengan nuansa mauve. Memiliki pigmentasi yang paling buruk, bisa dilihat bahkan swatch dengan tangan pun tidak terlihat. Gw coba terus menambahkan produk dengan harapan warna bisa terlihat tetapi hal ini tidak bisa dilakukan. Aplikasi terlihat patchy dan apabila dibaurkan maka pigmentasi sama sekali tidak terlihat, teksturnya sama dengan Bliss dengan ketahanan hanya 2-3 jam sebelum memudar.
  • Sunset – shimmer, berwarna tembaga tetapi tidak memiliki finish yang intense seperti Kitten dan Bubbly. Sayangnya gw melihat apabila warna dibaurkan maka pigmentasi tidak terlihat se-intense pada saat baru ditaruh di kelopak mata tetapi tidak sampai menghilang dan warna tidak buildable. The color is very beautiful sehingga saat disayangkan tidak pack a punch seperti kedua warna shimmer yang lain. Gw perhatikan hampir tidak ada fallout dan ketahanannya sekitar 5-6 jam sebelum memudar.
  • Sandstone – matte, berwarna cokelat. Pigmentasinya biasa saja, so so dan untuk meratakan aplikasi sedikit butuh usaha karena slightly tidak rata dan patchy. Teksturnya sama dengan warna matte lainnya. Gw tidak suka karena memasuki jam ke 5-6 pemakaian berubah menjadi sedikit muddy.
  • Bubbly – shimmer, berwarna champagne dengan nuansa keemasan pucat dengan undertone keemasanMemiliki tekstur yang sama dengan Bubbly namun sayang menghasilkan fallout yang sangat banyak dan sedikit patchy tetapi bisa di buildable dengan baik. Padahal gw sudah mengetukkan kuas untuk membuang sisa produk tetapi tetap saja fallout yang terjadi sangat banyak. Pigmentasi yang baik hanya bisa dihasilkan apabila gw menggunakan kuas yang berbentuk rata atau membasahi kuas terlebih dahulu. Ketahannya berkisar antara 7-8 jam.
  • Gilded Gold – matte with glitter, warna dasarnya matte cokelat bronze dengan glitter emas. Teksturnya tidak kering tetapi tidak juga creamy malah seperti berpasir atau gritty karena adanya glitter yang sama sekali tidak finely milled. Dilihat dari pan gw tadinya berharap akan mendapatkan warna yang vibrant apalagi dengan adanya glitter. Gw kecewa karena pigmentasi warna dasar hampir tidak terlihat dan glitter juga tidak terlalu terlihatAplikasi pun sedikit patchy dan sulit diratakan. Tidak ada fallout dan ketahanan hanya 3-4 jam sebelum memudar.
  • Luster – matte with glitter, berwarna cokelat keabu-abuan dengan glitter perakPigmentasinya baik namun sedikit patchy seperti dilihat di swatch dengan kuas dan tangan sehingga perlu sedikit usaha untuk build dan blend agar aplikasi terlihat baik. Tidak ada fallout dengan ketahanan antara 5-6 jam.
  • Night Sky – matte with glitter, warna dasarnya lavender atau ungu abu-abu dengan glitter perakGw suka menggunakannya sebagai alternatif smokey eyes selain hitam. Ketiga memiliki tekstur yang sama yaitu gritty. Pigmentasi Night Sky yang terbaik diantara 3 eye shadow dengan tekstur yang sama dan lebih gampang dibaurkan. Tidak patchy dan cukup mudah dibaurkan secara merata. Ketahanannya antara 5-6 jam.
  • Ebony – matte berwarna hitam. Memiliki tekstur yang tidak sekering ketiga matte lainnyaPigmentasi waktu di swatch dengan jari tangan sangat baik tetapi entah kenapa apabila gw ambil dengan kuas dan mengaplikasikan ke kelopak mata pigmentasinya tidak sebagus swatch dengan tangansangat tidak rata dan sulit di buildable walaupun gw terus menambahkan produk untuk mencapai intesitas warna yang gw inginkan. Ketahannya hanya berkisar 4-5 jam.
  • Stila Smudge Stick Waterproof Eyeliner shade Damsel – berwarna cokelat dengan tekstur yang creamy. Apabila gw melakukan tightline dibulu mata atas maka tidak akan transfer ke waterline dibulu mata bawahSetelah aplikasi masih ada waktu kira-kira 15-20 detik untuk gw smudge untuk menghapus garis-garis ujung yang kasar namun setelah itu set, tidak akan terjadi transfer dan luntur. Ketahannya cukup baik antara 8-9 jam sebelum memudar.
Sandstone (crease), Sunset (all over lid), Kitten (center if the eye, lower lash line, inner conncer), Damsel (waterline)

Night sky (all over lid and lower lash line), Luster and Ebony (mix, outer V), Bubbly (inner conner).

VerdictThe star of the palette hanyalah Kitten dan Stila Smudge Stick Waterproof Eyeliner yang memang sudah menjadi koleksi permanen dari merk ini. Secara singkat pigmentasinya biasa-biasa saja dengan kecenderungan kurang bahkan ada 2 shades yang apabila di blend tidak terlihat sama sekaliEkspetasi gw adalah eye shadow yang bekerja dengan baik bukan eyeliner yang merupakan produk pelengkap. Namun dibandingkan dengan palet Stila keluaran baru, palet ini jauh lebih baik karena beberapa shade bisa dibaurkan dengan baik, memiliki pigmentasi intense dan rata-rata memiliki ketahanan lebih lama. Gw rasa palet ini cocok bagi pemula karena memiliki variasi warna yang cukup baik untuk menciptakan berbagai look dan tidak terlalu pigmented. Serta bagi mereka yang mengingkan on-the-go palette untuk dibawa traveling karena pilihan warnya yang menurut gw lumayan bervariasi sehingga tidak memerlukan bantuan palet atau warna lain untuk menciptakan suatu look. Namun bagi gw pribadi, it’s a pass karena tidak sebanding dengan harganya.

Semoga review ini berguna bagi kalian yang mempertimbangkan membeli palet ini. Gw rasa lebih baik mencari keluaran terbaru atau mencari yang sesuai dengan budget. XOXO