Silisponge

An innovative new tool by Molly Cosmetics for all beauty junkie

Jan 29, 2017 | review | 10 comments

Hi Everyone,

Siapa disini yang Instagram feed-nya dipenuhi demo Silisponge? Pasti hampir semua ya. Makeup tool terbaru keluaran Molly Cosmetics benar-benar hits sampai dibahas diberbagai artikel online dan blogger-sphere. Permintaan yang banyak membuat indie company berbasis di Hongkong ini sampai kewalahan melayani pesananan hingga harus melakukan restock hingga 9x. Pada waktu itu belum ada reseller di Indonesia sehingga pemesanan harus melalui reseller terdekat yaitu Theia & Young yang melayani area Singapore & Malaysia. Namun sekarang jangan khawatir, Molly Cosmetics sudah menunjuk 2 reseller resmi buat Indonesia. Okay, mari kita bahas secara detil apa sih Silisponge ini.

What exactly is a Silisponge?

No, it’s not silicone. Silisponge terbuat dari PU (Polyurethane) yaitu campuran dari karet dan plastik dan memiliki keunggulan sangat tahan gesek, tahan terhadap beberapa kimia ringan, stabil dalam suhu dingin dan panas. Polyurethane untuk pertama kalinya dikembangkan sebagai pengganti karet. Saat ini polyurethane diproduksi dan digunakan dalam skala industri, dan dapat dipesan dengan diformulasikan untuk kegunaan tertentu (sumber: SCI i-color creation)

Silisponge diciptakan dibalik konsep bagaimana menggunakan produk yang bertekstur liquid tanpa banyak terbuang karena diserap oleh kuas dan makeup sponge konvensional. Cukup masuk akal karena Silisponge tidak memiliki pori-pori sehingga tidak akan menyerap produk cair. Perlu dicatat, Molly Cosmetics secara spesifik menyebutkan untuk hasil akhir blending bisa dilakukan dengan kuas atau sponge biasa.

Benefit of Silisponge

Keuntungan yang dijual adalah menghemat produk karena tidak akan menyerap ke silisponge dan gampang dibersihkan. Bagi beberapa orang seperti gw yang suka mengaplikasikan foundation dengan tangan maka penggunaan sponge bisa menggantikan kebiasaan ini karena memiliki fungsi yang sama tanpa harus mengotori tangan. Keuuntungan lainnya adalah maintenance yang tidak terlalu sulit untuk tetap higenis, cukup bersihkan dengan sabun dan air suam-suam kuku kemudian keringkan. Apabila kamu MUA maka tidak perlu lagi membuang sponge, tinggal sanitasikan dengan misalnya alkohol dan dikeringkan maka silisponge sudah siap digunakan ke klien lain.

Is it safe to use

I’m guessing yes, karena menurut informasi di website produk ini telah diuji oleh SGS yaitu sebuah perusahaan berbasis di Geneva, Swiss yang memeriksa, memverifikasi, mengetes, dan memberikan sertifikat keamanan suatu produk/layanan. SGS is a reputable company dan pasti tidak akan sembarangan meloloskan sebuah produk apabila mereka tidak 100% yakin. Namun pastikan jangan menaruh silisponge dekat benda tajam dan ganti apabila jahitan dibagian luar telah rusak.

How I use it 

Ukuran silisponge cukup kecil sehingga tidak sulit untuk menggunakannya dipermukaan wajah dan untuk aplikasi diarea wajah yang besar, misalnya dagu, pipi, dan dahi. Ternyata silisponge tidak sekaku yang gw bayangkan, sesuai petunjuk pemakaian, gw bisa memegang kedua ujungnya untuk kontrol yang lebih baik dengan gerakan menepuk-nepuk. Memang ada sedikit kesulitan untuk aplikasi di sudut-sudut sempit seperti hidung dan mata namun manageable, alias masih bisa dilakukan. Silisponge bekerja dengan baik dengan berbagai jenis produk seperti liquid foundationconcealer, bahkan blush. Finish yang dihasilkan halus, tidak ada garis-garis atau streaky sekaligus mengizinkan pigmentasi yang ada di dalam produk yang gw gunakan bekerja secara maksimal dengan jumlah seminimum mungkin. Dengan kata lain, it will give you the true coverage dari suatu produk. Jadi apabila foundation/concealer tersebut memiliki coverage medium maka dari aplikasi pertama hal ini bisa langsung terlihat di muka. Hati-hati menggunakan di area bawah mata, usahakan menggunakan gerakan selembut mungkin karena apabila tidak maka akan sedikit tugging the skin, memberikan tekanan sehingga menarik kulit. Untuk beberapa produk yang membutuhkan aplikasi yang lebih halus dan terkontrol seperti bronzer, gw lebih suka menggunakan brush.

Oh iya, gw pribadi tidak merasa memerlukan pertolongan makeup sponge konvesional maupun brush. Awal-awal aplikasi memang terlihat foundation seperti tidak bisa menyatu dan tidak menyerap dikulit tetapi setelah diratakan lebih lama hasilnya membuat foundation gw lebih seamless alias rata dengan sangat baik. Apabila kalian ingin mencoba, gunakanlah produk sesedikit mungkin kemudian tambahkan perlahan-lahan apabila diperlukan. Karena bentuknya yang cukup besar tanpa ujung yang lancip, silisponge agak sulit untuk digunakan meratakan pin-point concealing.

How I clean & store it

It’s a dream! sangat mudah dibersihkan bisa menggunakan micellar water, tuangkan dikapas dan dilap kepermukaan silisponge. Setelah itu keringkan dengan tissue. Membersihkan dengan sabun pun tidak masalah, karena dengan mudah bisa dibasuh dengan air. Sama halnya dengan makeup sponge, gw menggunakan kontainer untuk menyimpan sehingga tidak terkena benda tajam.

Where can you get it & Price

Ada beberapa reseller untuk Indonesia yaitu DeJoyofMakeup dan MakeupVallet. Harganya IDR 130k belum termasuk ongkir. Cek juga akun Instagram Molly Cosmetics yang selalu meng-update daftar reseller resmi sehingga kalian tidak mendapatkan produk tiruan/palsu.

Verdict: I love it! dan akan terus menggunakan dalam rutinitas aplikasi makeup karena hampir sama seperti menggunakan jari tangan. In a nutshell, produk ini bekerja dengan baik untuk produk krim dan cair. Gw sangat suka hasilnya untuk aplikasi foundationconcealer, dan blush. Namun tidak untuk aplikasi targeted seperti pin-point concealing. Sebaiknya gunakan produk dengan jumlah sedikit atau minimal sehingga tidak memerlukan waktu lama untuk meratakanMudah sekali untuk membersihkan khususnya pada saat aplikasi multiple products, cukup dilap dengan tisu. Sedangkan untuk benar-benar membersihkan setelah pemakaian juga sangat mudah. Silisponge juga lebih tahan lama daripada makeup sponge, tidak perlu terlalu sering diganti. It saves a lot of money :). Tetapi perlu gw sebutkan, it’s not a must-haves product tetapi patut dicoba siapa tahu kamu menemukan tempat tersendiri di rutinitas makeup kamu.

I’ll see you in my next reviewI had extremely fun time trying out and filming my first impressionShare di seksi komen apabila ada makeup/beauty tool unik yang pernah kalian coba. Gw memesan 2 silisponge, satu lagi untuk teman gw sesama blogger, Alifah. Go check Alifah’s review for 2nd opinion. XOXO