The Face Shop X Disney Mono Pop Eyeshadow Palette

A neutral palette with glitter BOMB!

Feb 4, 2017 | review | 16 comments

Hi Everyone,

Pernah ikut semacam giveaway? Gw salah orang yang jarang sekali menang sampai to the point of desperation. Tidak disangka gw memenangkan Disney X The Faceshop Mono Pop Cute Eyeshadow Palette dari 08liter Indonesia. Buat yang tidak familiar, situs ini adalah situs berbelanja produk kecantikan dari Asia Timur mostly Korea namun tiap hari diadakan kampanye “TRY” yang mengizinkan kamu ikut undian untuk memenangkan produk gratis dengan imbalan review di social media Instagram/Facebook kamu. Silahkan coba peruntungan kamu di 08liter Indonesia, jangan lupa untuk membuat akun dahulu terlebih dahulu sebelum mengikuti kampanye tersebut.

Gw tidak pernah berani lagi mencoba produk Korea karena biasanya diperuntukkan bagi mereka dengan complexion yang lebih putih. I tried BB, CC Cream, and nothing really impress me. Gw pun melihat berbagai review produk Korea dan sedikit kecewa karena kebanyakan pigmentasinya tidak muncul dikulit sawo matang gw. Such an unfortunate situation karena packaging produk-produk dari wilayah itu biasanya CUTENESS OVERLOADEyeshadow palet ini memiliki 8 warna “ultra-nude” dan dapatkan keuntungan 200% dari 1 palet dengan mengkombinasikan berbagai warna untuk pemakaian sehari-hari dan cocok untuk semua warna kulit. We’ll see about that and I’ll keep an open minded. 

Packaging & Pricing: foto menjelaskan segalanya, enough said. Bahannya akrilik yang cukup berat, it’s a nice change dibandingkan dengan cardboard yang biasa digunakan. Ukurannya tidak begitu besar tetapi isinya lengkap terdapat cermin dan dual-ended applicator. Produk yang didapat sebanyak 9.5gr, karena harganya bervariasi gw akan ambil harga rata-rata yaitu IDR 205k, yang berarti harga per gr-nya sekitar IDR 21.600. Bandingkan dengan Make Over Smokey/Nude, IDR 190k untuk 10gr yang berarti IDR 19.500/gr atau produk korea lainnya seperti Memebox Pony Effect Shine Easy Glam Eyeshadow Palette IDR 330k untuk 15gr produk yang berart harga per gr-nya adalah IDR 22.000.

Ingredients: Sayangnya gw tidak berhasil menemukan list of ingredients baik di google maupun di packaging. Jadi gw tidak tahu apakah formulanya unik yang hanya digunakan oleh The Faceshop atau apakah dari satu produk ke produk yang lain memiliki formula yang sama atau berbeda.

Texture: Salah satu tekstur produk powder terbaik yang pernah gw rasakan. Tekstur matte-nya sangat halus dan bisa dibilang empuk tetapi tidak menghasilkan residu powder yang terlalu banyak apabila diambil menggunakan brush atau di swatch dengan tangan. Hal yang sama dengan shimmer & glitter walaupun sedikit lebih kasar.

Performance: karena sedikit skeptis gw tadinya tidak mengharapkan warna akan terlihat di kulit tetapi ternyata salah, khususnya warna no. 2, no. 7, dan no. 8 yang memiliki pigmentasi yang sangat baik. Walaupun warna no.2 hampir seperti pastel tetapi ternyata masih terlihat di kulit gw. Hal lain yang mengesankan adalah wear-time yang cukup lama antara 7-8 jam baru memudar. Bahkan dengan primer gw bisa memperpanjang wear time hingga 10-12 jam.

Tetapi gw sangat kecewa dengan glitter shade yang ada di palet ini, warnanya tampak sangat vibrant dan very beautiful, sayangnya too much glitter. Sehingga sehari-hari gw hanya bisa memakai warna no.1 untuk set eye primer, no. 2 kadang untuk all over the lid, no. 7 untuk shading, dan no. 7-8 untuk outer V.  Let’s go over to swatches, seperti biasa swatch sebelah kiri gw lakukan dengan brush, sebelah kan dengan jari tangan, dan dilakukan diatas primer

No.1matte dengan partikel glitter perak berwana putih kekuningan, pigmentasinya lumayan. Walaupun tidak memberikan kanvas berwarna putih sebagai eyeshadow based tetapi setidaknya tidak blends to nothing. Warna ini berhasil menyeragamkan warna kelopak mata sebelum mengaplikasikan warna lain. Teksturnya halus, tidak terlalu banyak residu powder-nya, tidak crease dengan ketahanan selama 5-6 jam.

No.2matte peachy pink dengan warm undertone dan sedikit memiliki pastel vibe. Di swatch dengan jari memang tidak terlalu terlihat tetapi begitu digunakan dimata, warnanya terlihat. Selain itu gampang dibaurkan, sama sekali tidak ada fall out. Ketahanannya baik sekali antara 7-8 jam sebelum memudar, memudar pun hanya sedikit, warna masih tetap terlihat dengan baik di kelopak mata. Apabila dilapisi dengan primer maka bisa mencapai 10-12 jam dan tidak ada crease.

No. 3glitter soft rosy pink dengan tekstur yang cukup halus dibandingkan eye shadow lain dengan shimmer dan tidak banyak residu powder apabila di swatch. Kenapa gw bilang glitter karena pigmentasinya tidak ada. Warna yang terlihat di-pan gw lihat merupakan warna glitter-nya. Gw sudah coba beberapa metode aplikasi diantara menggunakan aplikator dengan ujung sponge yang biasanya mampu mengambil warna dengan konsentrasi pigmen lebih baik tetapi hasil yang terlihat hanya glitter. Gw juga pernah mencoba dengan membasahi kuas untuk mengambil pigmen tetapi cara ini juga tidak berhasil sama sekali. As if glitter tersebut berada diatas Vaseline bukannya diatas powder eye shadow. Selain itu, glitter fallout sangat sulit untuk dibersihkan walaupun sudah menggunakan micellar water. Perlu gw tambahkan glitter juga tidak bisa di pack on dengan jari supaya lebih intense sebagai topper. It does last all day long, pemakaian lebih dari 7-8 jam glitter masih terlihat dipermukaan kulit wajah.

No. 4glitter berwarna champagne dengan hue emas pucat, liat penjelasan no. 3  

No. 5glitter berwarna coral oranye. Kualitasnya sama dengan no. 3 & no. 4 walaupun pada waktu swatch warnanya sedikit terlihat namun setelah diambil dengan kuas warna yang terlihat hanya hint of coral orange, tidak terlalu jelas menjadi dominan glitter saja.

No. 6glitter berwarna bronze atau tembaga dengan gold glitter, nah ini warna yang paling baik dibandingkan ketiga jenis glitter shade diatas. Walaupun dominan glitter masih terlihat namun warna dasar (base) bronze-nya masih terlihat. Gw suka menggunakan dicampur dengan no.7 untuk aksen outer V.  

No. 7matte taupe-y cokelatan yang condong ke cool tone which is perfect untuk menciptakan shading di crease. Warnanya dekat dengan warna asli kulit gw jadi memang tidak terlalu terlihat tetapi kualitasnya baik. Teksturnya halus dan hampir butter dan ketahanannya bisa lebih dari 8 jam apabila menggunakan primer. Selain itu tidak ada creasing dan dapat dibaurkan dengan sangat mudah.

No. 8shimmer berwarna cokelat. Gw kategorikan sebagai shimmer karena warna ini memiliki shine atau cahaya tetapi tidak glitter dengan pigmentasi yang sangat baik. Teksturnya lumayan creamy dengan pigmentasi yang buildable. Gw tidak menemukan fall out dan tidak mengalami kesulitan untuk meratakan di kelopak mata. Ketahanannya juga baik sekitar 7-8 jam sebelum memudar tanpa creasing sama sekali.

No. 2 (3/4 lid color),  No.3 (1/4 inner corner lid), No. 5 (tear duct highlight), No. 7 (crease), No. 8 (outer V).

Verdict: By all means, this is not a bad palette. Gw melihat warna-warna matte dan shimmer-nya sangat baik. Tetapi, in a perfect world, andaikan saja shade no 3,4,5,6 merupakan shimmer biasa dengan pigmentasi baik, it could have been a great palette dengan harga yang affordable dan look yang dihasilkan bisa beragam. Kenyataannya di warna no. 3,4,5 pigmentasi warna dasarnya sama sekali tidak terlihat dan glitter yang terlalu banyak membuat aplikasi menjadi sulit untuk dijaga tidak menyebar di area lain selain kelopak mata, pigmentasi no.6 adalah yang terbaik dari semua shade glitter yang ada di palet ini. Biasanya gw berakhir dengan wajah penuh glitter walaupun foundation gw aplikasikan terakhir dan wipe off bagian bawah mata dengan micellar water. Karena itu look yang gw hasilkan sangat terbatas karena hanya 4 warna yang bisa bekerja dengan baik di palet ini. Gw harus memuji kualitas warna no.1,2,7, dan 8 karena ketahannya, gampang dibaurkan dan pigmentasi yang baik. Bagi gw ini diperuntukkan bagi 1) Mereka yang memang menyukai glitter walaupun tanpa pigmentasi dasar yang baik, 2) Hanya menginginkan efek tampilan sparkling tanpa warna, 3) Tidak keberatan memakai glitter ditampilan makeup sehari-hari.

I hope this review is helpful dan jangan lupa check out 08 liter Indonesia siapa tahu kalian tertarik mencoba peruntungan untuk mendapatkan berbagai macam produk atau membeli produk-produk Korea. XOXO