M.O.B Cosmetic Ulti-Matte Lip Cream

A yay or nay, after an 8 hours wear test

May 1, 2017 | review | 0 comments

Hi Everyone,

It’s time to discuss local indie brand. Gw membaca artikel mengenai liquid lipstick terbaru, M.O.B Cosmetic caught my eyes karena 11 warna yang tersedia cukup beragam dari nude kecolatan, dusty rosepeachy nudebright orange, dan deep dark red. I’ve never heard about this brand dan tidak banyak review mengenai produk ini. M.O.B stands for Matter Of Beauty yang menjual bulu mata palsu dan liquid lipstick. Informasi yang gw dapatkan sangat minim, brand ini didirikan February 2016, tidak ada informasi mengenai latar belakang dan siapa wajah dibelakangnya. However, brand ini mengatakan produk yang dikeluarkan adalah hasil investasi waktu dengan pengembangan seksama dan hati-hati yang menggunakan bahan yang berkualitas, brand memiliki komitmen untuk memberikan produk terbaik untuk pasar lokal dan internasional.

Gw memilih warna Sun Kissed, M.O.B Cosmetic Ulti-matte Lip Cream dikatakan 100% cruelty free dan vegan. Terdapat vit E dan perlindungan terhadap sinar UV untuk tetap melembabkan bibir. Bahan yang digunakan memiliki kualitas tinggi dengan konsentrasi pigmen tinggi sehingga ulti-matte lip cream tahan lama dibibir dan cepat kering pada saat diaplikasikan. Let’s put it to the test, I honestly have high hopes because it’s made locally dan review positif yang didapat

Packaging: dikemas di tube generik dari bahan akrilik dengan tabung transparan sehingga warna dengan mudah bisa dilihat dan aksen warna tembaga kemerahan seperti di tutup dan warna tulisan pada tabung. Tutupnya berbunyi klik apabila sudah ditutup dengan rapat. Nama warna bisa dilihat dibagian bawah tabung. Gw suka dengan box yang digunakan, very well thought off dengan desain sederhana tetapi terlihat polish. Doe-foot aplikator berbentuk miring dengan ujung yang runcing. Produk yang didapat sebanyak 4.5gr.

Texture: kesan pertama pada saat swatch adalah konsistensi yang ringan dan lebih condong ke cair daripada cream”. Awalnya gw mengira tekstur akan lebih menyerupai mousse karena dinamakan lip cream. Produk juga terlihat gampang dibaurkan pada saat swatch ditangan. Gw menekankan pada saat swatch karena itulah yang gw lakukan saat pertama kali mencoba dan biasanya memberikan indikasi awal bagaimana performa produk di bibir.

Scenti cannot describe it specifically, mengingatkan gw akan bedak padat jaman dahulu. Gw pribadi sedikit mual apabila mencium lama-lama untungnya hilang pada saat diaplikasikan ke bibir.

Performance: gw memilih warna Sun Kissed, adalah warna peach dengan kecendungan mengarah ke warm deep salmon. Warna ini membuat wajah gw terlihat cerah dan kental dengan spring vibe.

Where do I start? Saat aplikasi kesan tekstur cair dengan konsistensi ringan hanya bertahan selama 5 detik. Gw cukup kesulitan pada saat aplikasi karena produk sangat cepat kering, rasanya begitu menyentuh bibir 5-10 detik langsung menjadi kering sehingga tidak ada waktu untuk meratakan secara rapi apalagi untuk menambahkan warna (build the color) menjadi rata. Diikuti dengan rasa atau sensasi minty tetapi tidak mengganggu karena tidak menyengat hanya terasa dingin. Pigmentasinya lumayan baik tetapi agak streaky alias bergaris-garis dan pada waktu gw mengoleskan kembali produk untuk aplikasi menyeluruh dan rata, lapisan pertama sudah menjadi kering sehingga produk yang tumpang tindih terasa tebal. Untuk menghindari hal ini akhirnya gw menggunakan kuas kecil dan menambahkan produk hanya dibagian yang diperlukan. Liquid lipstick ini memang transfer proof apabila gw mencium punggung tangan but it was transferring pada waktu gw minum dengan gelas. Gw sangat kecewa karena pada aplikasi pertama bukan hanya membuat garis atau kerutan di bibir terlihat semakin jelas tetapi karena setelah kering tekstur berubah menjadi sangat kering, powder-y, chalky feeling yang membuat kerutan yang tadinya tidak ada menjadi ada. Disclaimer, sebelum melakukan review gw selalu scrub dan memberikan lip balm untuk mempersiapkan bibir.

Check-ins pemakaian 4 jam, walaupun powder-y tetapi bibir tidak menjadi sekering yang gw bayangkan but it’s not by all means moisturizing, bibir masih terasa nyaman. Anehnya disini gw merasa teskturnya tidak terasa berat dan “perform” sesuai klaimnya yaitu lightweight. Gw kembali kecewa setelah melihat selain crack juga crumble sehingga memudar dibagian tengah bibir bagian bawah. I ate lunch tetapi perlu diingat, gw menggunakan sendok dan sangat berhati-hati untuk tidak menyentuh bibir. Transfer juga tetap terjadi yang berasal dari ujung kiri-kanan bibir padahal mencium maupun disentuh dengan jari sama sekali tidak ada warna yang menempel.

Check-ins 8 jam pemakaiantidak banyak perubahan setelah pemakaian selama 8 jam. Untungnya tidak terjadi crumble yang tambah parah dan warna yang tambah memudar but it looked extremely patchy. Bibir gw tetap terasa kering dan powder-y dalam tahap yang tidak mengganggu. Gw mencoba untuk me-layer dan hasilnya, oh boyit was a hot mess. Karena teksturnya yang powder-y dan kering membuat liquid lipstick ini sangat sulit untuk di-layer, antara lapisan lipstick yang masih tersisa dan lapisan yang baru sama sekali tidak menyatu dan membuat bibir seperti tebal dengan rasa antara wax dan powder menjadi satu. Tampilan menjadi patchy karena belum sempat gw membenahi bagian yang sudah crumblelipstick sudah set dan tidak lagi bisa dibaurkan. Akhirnya gw menghapus dengan micellar water ternyata cukup mudah dilakukan, perlu beberapa kali swipe dan terlihat sekali masalah di formulasinya. Produk menggumpal seperti layaknya gw menggunakan lulur untuk mengangkat sel kulit mati di badan.

VerdictBrand ini memiliki pilihan warna yang cukup baik dan sesuai klaimnya memang transfer proof tetapi yang lainnya it just No. Pigmentasinya baik, gw tidak keberatan dengan sedikit streakiness dan sensasi minty yang dihasilkan. Tetapi kering dan set terlalu cepat dengan tekstur powdery membuat M.O.B Cosmetic Ulti-Matte Lip Cream menjadi hard to work with!. Selain sulit untuk mendapatkan aplikasi yang rata karena tidak ada waktu sama sekali tidak ada waktu untuk melakukan pekerjaan detil yang membutuhkan ketepatan (seperti digaris bibir). Tekstur powder-y membuat produk ini sama sekali tidak bisa di-layer, rasanya gw perlu menghapus sisa lipstick baru kemudian aplikasikan kembali. Bagi gw yang biasa beraktifitas diluar rumah selama lebih dari 8 jam tidak mungkin menggunakan tanpa top up sekalipun, apalagi liquid lipstick ini tidak terlalu tahan lama digunakan dengan makan dan minum. Can you make it work by putting lip balm beforehand or on top of it? Tidak! gw pernah mencoba, warna menjadi sangat patchy dan tidak bisa di layer untuk mencapai opacity yang diinginkan. Harganya IDR 128k dan bisa dibeli melalui line resmi M.O.B Cosmetic yang gw akses melalui akun instagram. Masih banyak liquid lipstick lokal yang lebih murah atau lebih baik menambahkan sedikit untuk membeli produk lain yang lebih mahal tetapi dengan kualitas memuaskan. Liquid lipstick memang menjadi tren dan merupakan bisnis yang lucrative, tetapi gw sangat kecewa karena tampaknya tidak ada pengembangan produk yang sungguh-sungguh sehingga hasilnya terlihat sekali di produk akhir yang dipasarkan.

It’s a long review, sedikit hadiah bagi mereka yang made it till the end 🙂 Gw memberikan 1 buah M.O.B Cosmetic Ulti-Matte Lip Cream warna Sun Kissed sehingga kalian berkesempatan untuk mencoba. Siapa tahu, kalian menyukainya karena setiap orang memiliki preferensi yang berbeda. Syaratnya mudah, hanya tinggal subscribe dengan memasukkan e-mail dipojok kanan atas kemudian mengisi form undian dibawah. Untuk yang sudah subscribe, silahkan mencentang di kolom isian untuk menyatakan kalian sudah memenuhi syarat. Gw akan melakukan giveaway seperti ini bulan depan untuk produk lokal yang akan di review. Tinggalkan saran produk lokal selanjutnya yang diinginkan, siapa tahu kalian pemenang yang beruntung di next giveaway.

Click here to view this promotion.

 

Congratulation! The winner is Frida Anggreini 🙂 She has been contacted and the price is on its way.