Colourpop Ultra Satin Lip

A long lasting satin lip color for pigmented lips

May 19, 2017 | review | 4 comments

Hi Everyone,

Raise your hand if you are done with liquid lipstick trendWell I am. Tetapi sulit bagi gw meninggalkan liquid lipstick karena pigmentasinya yang opaque mampu untuk menutup seluruh permukaan bibir gw yang hitam. Unless of course highend lipstick, itupun tidak semua. Namun bibir gw perlu “break” dari kekeringan liquid lipstick yang walaupun ada beberapa yang melembabkan tetap lebih kering dari lipstick satin pada umumnya. When I found out Colourpop has Ultra Satin Lip, I had to try it. Sedikit mengenai Colourpop, merk asal Los Angeles yang didirikan tahun 2014 dan diproduksi oleh Seed Beauty yang juga memproduksi Kylie Cosmetics dan 2 merk lain yang dirahasiakan ke publikDimiliki oleh kakak beradik John dan Laura Nelson, this brand has been getting huge popularity on social media. Daya tarik Colourpop adalah harga yang rata-rata terjangkau kisaran antara $5-20, kecuali pressed eyeshadow yang terhitung mahal apabila dibandingkan dengan harga per gr merk lain.

Calypso adalah salah satu warna yang diluncurkan pada musim gugur tahun lalu yang dikemas dalam bundle Up and Away. Awalnya diluncurkan sebagai limited edition namun sekarang bisa dibeli satuan dan menjadi koleksi tetap. Dikatakan bertekstur creamy, memiliki pigmentasi baik layaknya Ultra Matte Lip tetapi dengan hasil satin, mengandung bahan yang emollient bersifat melembabkan untuk tetap terlihat segar dan nyaman di bibir. Lipstick ini dikatakan long-wearing, walaupun tetap transfer.

Packagingawful! dikemas dalam tabung akrlilik transparan dengan detil dan tutup berwarna perak. Sayangnya tulisan dan detilnya cepat sekali terkelupas padahal gw jarang mengeluarkan lipstick dari kotak karton. Doe-foot aplikator pipih dengan sisi miring, bagian busanya cukup kecil sehingga lumayan baik untuk meratakan garis bibir. Produk yang didapat sebanyak 3.2gr.

Texture & Scent: memiliki tekstur cair dengan konsistensi in-between, tidak ringan tetapi tidak juga tebal atau berat, creamy, dan smooth pada saat diaplikasikan. Sama sekali tidak ada aroma tertentu.

Performace: Calypso berwarna dusty rose dengan rona keunguan dan memiliki warm undertone, dupe warna yang serupa adalah Bourjois Rouge Velvet Edition shade 07-Nudist (IDR 188k) tetapi lebih pink dengan finish matte atau Pixy Lip Cream shade 01-Chic Rose (IDR45k), warna lebih muda, finish matte dan nuansa pink.

 

i’m so impressed dengan teksturnya yang cukup cair dan creamy, sangat mudah menyebarkan produk secara rata di bibir. Very pigmented dapat menutup seluruh permukaan bibir, tetapi gw perlu menyelupkan doe-foot 2x ke tabung untuk menutup permukaan bibir yang hitam. Setelah setfinish lebih condong ke satin-matte, tidak lengket, tidak kering berlebihan tetapi tidak lembab seperti lipstick biasa. Gw melihat sedikit membuat garis bibir lebih menonjol daripada lipstick lain dengan finish serupa. Namun setelah pemakaian 2-3 jam tetap terlihat lebih baik dan terasa lebih nyaman dibandingkan dengan matte liquid lipstick. Di bibir tetap terasa seperti ada lapisan lilin tipis, it doesn’t feel super lightweight tetapi tidak juga berat sehingga mengganggu atau menonjolkan tekstur bibir yang tidak sempurna. Gw tidak perlu menggunakan lip liner untuk membentuk garis bibir, doe-foot dengan mudah membantu membuat garis cukup crisp. Pada saat makan dan minum tentu saja lipstick ini menempel di sedotan, makanan, dan menempel di punggung tangan apabila gw lakukan kiss test, tetapi anehnya warnanya masih terlihat cukup baik dan tidak pudar dengan patchy. Transfer akan terjadi saat gw tidak hati-hati misalnya memakan sandwich tanpa memotong, lipstick sedikit transfer ke dagu tetapi tetap tidak keluar dari garis bibir. Bagaimana dengan klaim long-wearing? asalkan jangan memakan makanan yang mengandung minyak, memasuki 5-6 jam pemakaian baru membutuhkan touch up yang mudah dilakukan. Lapisan “kedua” dapat dioleskan tanpa kesulitan dan tidak terlihat patchy atau crumble menjadi butiran-butiran bola kecil. Satu kekurangan adalah produk yang cepat separate antara pigmen dan minyak, padahal gw simpan ditempat yang tidak terkena cahaya dan jarang digunakan, gw harus mengocok dengan baik sebelum menggunakan.

Verdict: gw banyak dikecewakan oleh lipstick biasa karena pigmentasinya yang tidak mampu menutup seluruh permukaan bibir sedangkan liquid lipstick kadang terlalu kering atau pada waktu di layer dengan lip balm malah menjadi rontok dan terlihat bertekstur. ColourPop Ultra Satin Lip adalah kombinasi yang sempurna, gw mendapatkan pigmentasi seperti liquid lipstick, ketahanan lebih daripada lipstick biasa, dan tidak membuat bibir menjadi kering. Agak sedikit membuat garis bibir menonjol tetapi tampilan bibir gw masih flattering, tidak kisut dan sedikit kilauan membuat bibir terlihat lebih plump daripada memakai matte lipstick. Harganya sekitar IDR 110-135k diberbagai online shopI’ll definitely adding more in my collection apalagi pilihan warnanya sangat beragam.

Sebagai pemilik pigmented lipsI’m glad I found ColourPop Ultra Satin Lip. Rasanya sulit beralih ke lipstick biasa apalagi harganya ramah dikantong. Do you like it as much as I do? XOXO