Montclair Eyebrow and Eyelash Serum

A promise for longer, fuller, healtier looking eyebrow and eyelash

May 26, 2017 | review | 0 comments

Hi Everyone,

Growing up in late 90s dengan trend alis tipis banyak membuat beberapa orang overplucking their eyebrow. Gw sering merapikan alis dan mencabut berlebihan karena ingin mendapatkan bentuk sempurna yang simetris sampai gw mengerti bahwa alis isn’t twin, it’s sister. Rambut yang dicabut secara terus menerus disuatu area tertentu mengakibatkan terhambatnya siklus pertumbuhan, atau bahkan menyebabkan suatu kondisi yang bernama traction alopecia, suatu kondisi dimana terjadi kerontokan semi permenen yang mengakibatkan sulitnya menumbuhkan kembali alis yang terlalu sering dicabut. Akibatnya, I have few bald spots on my eyebrow contohnya di lengkungan atas alis bagian kiri. Sedangkan bulu mata gw termasuk yang tidak terlalu tebal dan pendek, my lower lash line is even worse, sangat jarang dan pendek. I always wanna try eyebrow and eyelash growth serum tetapi karena harganya cukup mahal dan sering gw dengar horror stories (seorang teman menggunakan dan dikelopak matanya seperti tumbuh bintik-bintik kecil), gw pun mengurungkan niat membeli produk seperti ini. Sebulan yang lalu, gw ditawari oleh Montclair Eyebrow & Eyelash Serum untuk mencoba beberapa produk dari Hair Series. Disclaimer gw tidak menerima imbalan apapun berupa uang, I only received products for review so this is an unbiased review.

Claim & Ingredients:

Serum ini dikatakan secara efektif dapat melebatkan dan menumbuhkan alis dan bulu mata. Mengandung 16 bahan aktif yang terdiri dari 5 Growth Factor, 2 asam amino, dan 1 milk based bioactive yang berfungsi untuk menstimulasi sel derma papilla untuk membentuk akar alis dan bulu mata, meningkatkan pembentukan pembuluh darah baru, memperlancar peredaran darah pada area akar alis dan bulu mata. Selain itu terdapat multi vitamin dan mineral yang diantaranya horse chestnut seed extract, vitamin A, E, B5, F, B7 atau biotin, B8 (inositol), dan B9 yang secara keseluruhan membantu menjaga dan menyehatkan alis dan bulu mata.

Bahan-bahannyaAqua, Ethanol, Ethylene Diglycol, Butylene Glycol, Niacinamide, Alcohol Denat, PEG-35-Castor Oil, Biotin, Ethyl Alcohol, Penthenyl Ethyl Ether, Inositol, Milk Protein (Lactic Proteinum), Lactose, Acetyl Cysteine, Acetyl Methionine, Sodium Citrate, Citric Acid, Lecithin, Acetyl glutamine, sh-Oligopeptide-1, sh-Oligopeptide-2, sh-Polypeptide-9, sh-Polypeptide-11, Bacillus/soybean/folic acid ferment extract, Sodium hyaluronate, Caprylyl glycol, 1,2 Hexanediol, Polysorbate 20, Aesculus Hippocastanum (Horse Chestnut) Seed Extract, Retinyl Palmitate, Tocopherol, Calcium Pantothenate, Linoleic Acid, Phenoxyethanol, Triethanolamine, Fragrance.

Biasanya gw mencari keterangan mengenai bahan yang digunakan dan efeknya terhadap kulit, kali ini sedikit berbeda karena tujuannya adalah untuk menyehatkan rambut. So I tried to get as many information as possible. Gw akan terlebih dahulu membahas mengenai active ingredients.

Biotin adalah vitamin B7 yang larut dalam air, tubuh membutuhkan biotin untuk merubah nutrisi tertentu menjadi energi. Rambut terbuat dari keratin, keluarga dari protein skleroprotein yang merupakan materi dasar penyusunan rambut, kulit dan kuku manusia. Protein dibuat dari asam amino, yang dibentuk sebagai hasil dari reaksi sel-sel enzim dan biotin.

Acetyl Cysteine adalah bentuk yang sudah dimodifikasi untuk menyerupai asam amino mengandung sulfur yang ada didalam tubuh secara alami yaitu cysteine. Sel-sel rambut manusia rata-rata mengandung 14% L-Cysteine yang diperlukan agar rambut yang sehat dapat terbentuk. Bahan ini secara teori bisa membantu mencegah kerusakan dan membantu rambut tumbuh panjang dan mencegah kerontokan. Walaupun menjanjikan, sayangnya belum ada validasi secara klinis misalnya melalui riset lebih lanjut apakah bahan ini benar-benar membantu pertumbuhan dan perbaikan pada rambut.

Acetyl Methionine asam amino essensial yang saling berhubungan dengan cysteine. Asam amino methionine merupakan salah satu kerangka yang membentuk protein tubuh. Komponen kedua dari keratin adalah methionine yang sangat vital untuk sintesis untuk precursor ke kolagen yang dinamakan prokolagen. Sebagai anti oksidan, methionine juga membantu melindung folikel rambut dari oksidatif stres.

Acetyl glutamine adalah asam amino non-essensial yang paling berlimpah dan dihasilkan secara alami oleh tubuh yang sayang jumlahnya menurun seiring bertambahnya usia. Biasanya glutamine diminum sebagai suplemen apalagi bagi mereka yang memasuki usia paruh baya untuk membantu pertumbuhan rambut. Tuntutan tubuh terhadap glutamine juga bertambah karena stres dan apabila tubuh sedang dalam tekanan fisik. Glutamine terbuat dari glutamic acid yang membentuk rambut dengan mengantarkan sulfur yang dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut.

Sh-Oligopeptide-1, sh-Oligopeptide-2, sh-Polypeptide-9, sh-Polypeptide-11 adalah the star ingredients. Sh-Oligopeptide-1 adalah peptida sintetis yang terdiri dari asam amino lycineglycine dan histidine yang dihasilkan dari proses fermentasi bakteri e-coli. Sh-Oligopeptide-1 memiliki struktur kimia yang sama dengan Epidermal Growth Factor yang membantu menghidupkan dan memperbaiki sel dan melindungi sel yang aktif. Sh-Oligopeptide-2, IGF-1 (insulin like growth factor) yang dapat menstimulasi pertumbuhan sel dan bulu mata. Sh-Polypeptide-9VEGF (vascular endothelial growth factor) digunakan untuk menstimulasi pembentukan pembuluh darah baru pada area alis dan bulu mata. Sh-Polypeptide-11, Acid FGF & Basic FGF (fibroblast growth factor) untuk menstimulasi sel dan kolagen pada alis dan bulu mata. Apa itu growth factor, faktor pertumbuhan adalah polipeptida yang mengatur pertumbuhan dan perbedaan banyak jenis sel, yang termasuk dikeluarga growth factor adalah EGF, FGF, transformation growth factor-beta (TGF-beta), IGF, dan beberapa growth factor lainnya yang telah terbukti penting untuk pengaturan siklus rambut dan pertumbuhan rambut.

Panthenyl Ethyl Ether digunakan untuk menambah kelembaban diproduk rambut dan juga sumber vitamin B5 yang dikatakan bermanfaat untuk memperbaiki rambut dan mencegah kerontokan sekaligus bersifat emolient dimana dapat meningkatkan kadar air dengan efek melembutkan. Bahan ini bisa juga digunakan sebagai anti statis, sesuai namanya untuk mengurangi listrik statis pada saat produk diaplikasikan baik di rambut maupun kulit.

Inositol juga dikenal sebagai vitamin B8 yang termasuk ke dalam vitamin b kompleks yang membantu memperkuat folikel untuk menahan kelembaban. Hal ini sangat penting karena rambut yang tidak dapat menahan kelembaban yang cukup mengakibatkan rusaknya folikel yang akhirnya membuat rambut menjadi rapuh. Bahan ini harus didukung oleh nutrisi lainnya seperti biotin, vitamin A, E, dan pantothenic acid.

Milk Protein (Lactic Proteinum) protein yang diambil dari susu sapi yang berfungsi sebagai hair conditioning agent. Rambut terbuat dari berbagai protein, yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan. Ada dua macam protein di susu yaitu, casein dan whey. Whey adalah hasil dari pembuatan keju, sering digunakan untuk mencegah kerontokan, memperkuar rambut, dan membantu rambut tumbuh lebih cepat. Casein mengandung asam amino glutamine yang tinggi, kira-kira 20%, yaitu salah satu dari 22 asam amino yang membentuk kerangka semua protein. Glutamine sudah dibuktikan untuk menstimulasi siklus pertumbuhan folikel rambut dan khususnya berguna untuk menumbuhkan rambut.

Bacillus/soybean/folic acid ferment extract adalah ekstrak yang didapat dari proses fermentasi folic acid (vitamin B9) dan kedelai yang menggunakan mikro organisme, bacillusFolic acid atau folate merupakan nutrisi yang membantu jaringan untuk tubuh dan berbagai sel untuk bekerja, jaringan ini termasuk kulit, rambut, kuku, dan organ. is an essential nutrient vital for the efficient functioning of the human body. Folate membantu proses metabolisme protein, lemak, dan karbohidrat dan membantu penyerapan nutrisi didalam tubuh sehingga folikel rambut juga mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan yang membuat rambut menjadi bersinar dan menambahkan volume.

Aesculus Hippocastanum (Horse Chestnut) Seed Extract atau berangan kuda. Buruknya sirkulasi darah ke kulit kepala dapat menghambat pertumbahan rambut. Sirkulasi darah yang baik ke akar rambut sangat vital untuk memberikan nutrisi, oksigen, dan kelenjar getah bening yang dibutuhkan, tanpanya maka akar rambut akan menyusut dan mati. Ekstrak berangan kuda memiliki kemampuan untuk meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi kerapuhan dinding pembuluh darah. Namun manfaat ini dirasakan apabila ekstrak diminum dalam dosis tertentu. Walaupun berangan kuda sering digunakan untuk membantu mengatasi kerontokan pada rambut tetapi hanya sedikit penelitian yang mendukung bahwa keefektifan penyerapan senyawa aktif yang berkhasiat dapat diserap oleh kulit dengan pemakaian secara topikal.

Retinyl Palmitate adalah ester vitamin E (retinol) dan asam palmitat. Senyawa yang terbentuk dari reaksi antara alkohol dengan asam palmitat, asam lemak jenuh yang biasanya berasal dari kelapa dan kelapa sawit dengan cara menghilangkan air. Vitamin A membantu reproduksi sel yang sangat penting bagi tubuh misalnya pertumbuhan dan pertumbuhan rambut. Dengan kandungan antioksidan juga berfungsi menjaga folikel rambut dari kerusakan akibat radikal bebas dan meningkatkan tampilan dan tekstur rambut dengan cara meningkatkan hair body, kelenturan, dan sinar, atau dengan memperbaiki tekstur rambut yang sudah rusak akibat tindakan secara fisik dan perawatan kimia. Untuk retinyl palmitate bekerja secara efektif diperlukan konsentrasi yang tinggi. Gw lihat dari daftar ingredients, bahan ini terletak dibagian akhir yang artinya konsentrasinya sangat kecil menyiratkan bahwa kemungkinan tidak akan berkhasiat seperti yang diinginkan.

Tocopherol adalah senyawa dari keluarga vitamin e yang secara alami ditemukan di minyak sayur, kacang-kacangan, dan sayuran hijau. Vitamin E telah terbukti membantu pertumbuhan rambut dan mencegah kerontokan walaupun tidak diketahui secara pasti bagaimana cara kerjanya tetapi kemungkinan besar sama dengan cara kerja vitamin e mencegah penyakit jantung yaitu dengan membantu pertumbuhan pembuluh darah kapiler. Dengan banyaknya pembuluh darah kapiler akan meningkatkan sirkulasi darah yang pada akhirnya juga meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala yang membantu mencegah kerontokkan rambut.

Calcium Pantothenate adalah garam dari pantothenic acid atau lebih dikenal dengan vitamin B5 yang biasa ditemukan di jaringan hewan dan tumbuhan.Riset selanjutnya menjamin keefektifan penggunaan secara topikal yang berfungsi sebagai hair conditioning agent yang memiliki kemampuan sebagai humektan atau meningkatkan kandungan air pada permukaan kulit terluar dan elastisitas rambut. Selain itu juga dikatakan mempertahankan tingkat kandungan pantothenic acid dapat memperkuat folikel rambut dan sel-selnya dan menutrisi folikel untuk membantu berfungsi secara tepat dan akhirnya membantu pertumbuhan rambut. 

Sayangnya ada juga beberapa bahan yang menurut gw kurang baik dan harus diwaspadai seperti penggunaan berbagai jenis alkohol yang bersifat mengeringkan rambut seperti halnya kulit yaitu ethanolethyl alcohol, dan alcohol denat. Selain itu alkohol bisa melarutkan minyak, yang berarti mengganggu lapisan hydrolipidic di kulit dan rambut yang berfungsi sebagai pelindung alami yang memisahkan dan melindungi rambut dari lingkungan sekitar. Keduanya bahan ini pada dasarnya adalah sama hanya memiliki nama yang berbeda yang berfungsi sebagai solvent yaitu melarutkan berbagai bahan yang tidak gampang larut didalam air atau minyak. Kemudian adanya penggunaan fragrance dimana produsen tidak menyebutkan bahan apa yang digunakan dalam pewangi tersebut yang ditakutkan adalah bahan-bahan yang digunakan bersifat sensitizing atau bisa menyebabkan iritasi pada kulit.

Bahan-bahan lainnya adalah sodium hyaluronate yang berguna untuk mempertahankan kelembaban, sama halnya dengan caprylyl glycol yang juga digunakan untuk memberikan kelembaban sekaligus sebagai hair conditioning agent. Niacinamide, vitamin B3 atau nicotinic acid. Niacin bisa membantu menjaga struktur sel-sel darah dan meningkatkan sirkulasi darah. Hal ini berakibat peredaran darah ke kulit kepala menjadi lebih lancar mengantarkan oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan oleh folikel rambut. Butylene glycol yang berfungsi sebagai solvent dan texture enhancer, yaitu membuat konsistensi produk yang berbentuk gel atau krim menjadi lebih ringan sehingga dapat digunakan. Polysorbate-20 sebagai emulsifier, salah satu bahan surfaktan yang berfungsi agar campuran dari bahan-bahan dalam kosmetik tetap stabil dalam jangka watu yang sangat lama sama halnya sama halnya dengan PEG-35-Castor Oil namun bahan ini juga memiliki sifat melembabkan. 1,2 Hexanediol berfungsi sebagai solventPhenoxyethanol berfungsi sebagai pengawet. Triethanolamine sebagai bahan ini memiliki sifat yang sangat basa sehingga banyak digunakan untuk menaikkan kadar pH suatu produk yang bersifat terlalu asam atau menyesuaikan kadar pH dan kadang juga bertindak sebagai emulsifier (membantu berbagai macam bahan untuk tercampur dengan baik). Sodium citrate dan citric acidkeduanya digunakan untuk mengatur kadar keasaman dengan kata lain juga digunakan untuk mengatur kadar pH agar produk bisa bekerja dengan baik. Lactose adalah disakarida yang merupakan salah satu dari 4 kelompok kimia karbohidrat yang merupakan monosakarida, disakarida, oligosakarida dan polisakarida. Larut dalam air dan memberikan rasa manis “gula”. Bahan ini digunakan sebagai hair conditioning agent dan humektan, pada dasarnya membantu meningkatkan dan menjaga kelembaban. Lecithin, emolient, dan pelembab adalah lemak yang banyak digunakan sebagai bahan di produk perawatan rambut karena dapat membantu memperbaiki rambut yang kering dan rapuh menjadi halus dan bersinar.

Gw tidak bisa menemukan informasi mengenai Ethylene Diglycol. Apabila ada yang memiliki atau menemukan informasi mengenai zat ini dan gunanya di hair care, please let me know #sharingiscaring

Packaging: dikemas dalam tabung akrilik transparan dengan tutup hitam layaknya liquid lipstick. Gw suka aplikatornya berbentuk doe foot bukan seperti sikat mascara karena produk harus diaplikasikan ke akar bulu mata kadang sikat mascara membuat kulit terasa sakit, tetapi sayangnya bantalannya terlalu besar sehingga aplikasi ke sudut mata menjadi sulit dilakukan. Produk yang didapat sebanyak 5ml.

Texture & Scent: teksturnya serupa dengan gel dengan konsistensi yang cair dan ringan. Memiliki aroma alkohol yang cukup kuat, mirip rubbing alcohol 70% yang dijual dipasaran.

How I use it: PM – gw menggunakan aplikator bawaan untuk bagian alis dan cotton bud untuk aplikasi di akar bulu mata karena aplikator bawaan kadang mengambil produk terlalu banyak dan kurang baik untuk aplikasi presisi. Tektur yang cair juga membuat produk gampang masuk kedalam mata, burns my eyes, dengan cotton bud produk berlebih dapat diserap oleh kapas dan aplikasi dapat menjangkau sudut-sudut mata. Produk ini sebenarnya bisa digunakan 2x sehari, tetapi gw tidak mau menggunakan saat pagi hari karena takut akan merusak formula mascara yang gw gunakan.

Performance: aplikasinya cukup mudah tetapi gw harus sangat berhati-hati agar produk tidak terkena mata, sesudahnya gw harus menunggu kira-kira 30 detik-1 menit untuk menyerap. Biasanya gw usahakan tidak mengedip terlalu sering sebelum produk benar-benar menyerap.

Perubahan gw rasakan kira-kira setelah 1 minggu memakai, bulu mata bagian bawah menjadi lebih panjang walaupun tidak ada rambut baru yang tumbuh. Setelah kira-kira 3 mingguan-1 bulan gw melihat bulu mata bawah menjadi tumbuh lebih lebat, banyak rambut baru yang tumbuh tetapi belum panjang. Rasanya gw harus bersabar untuk menunggu bulu mata bawah menjadi lebih panjang. Sedangkan untuk bulu mata atas, gw tidak melihat perubahan baik panjang maupun menjadi lebih lebat. Tetapi I have to admit, gw perhatikan menjadi lebih kuat karena gw jarang menemukan bulu mata yang rontok. Biasanya bulu mata atas akan rontok every other day apalagi setelah gw menghapus mascara.

Sedangkan bagian kiri alis gw yang botak, gw melihat ada beberapa helai rambut baru yang tumbuh walaupun masih sangat tipis dan pendek.

Verdict: gw tidak terlalu memiliki ekspetasi serum ini akan secara instan membuat bulu mata dan alis gw menjadi lebat dan lentik kayaknya Bollywood starI understand bahwa menumbuhkan rambut sangat sulit karena banyak sekali hal-hal yang mempengaruhi seperti misalnya hormon, genetik, makanan, dan tentu saja membutuhkan waktu lebih lama dari 1 bulan. However, gw sudah cukup senang melihat bulu mata bawah yang sekarang lebih lebat dan rambut lama menjadi sedikit lebih panjang. I’m also happy dengan berkurangnya rontok pada bulu mata. Sedangkan bagian alis, gw masih menunggu apakah rambut yang halus akan tumbuh lebih lebat dan mengisi kekosongan akibat terlalu sering dicabut. Sayangnya reseller sepertinya belum socmed savvy sehingga tidak ada kontak atau bahkan penjelasan di akun media social sehingga pelanggan yang tertarik sulit mendapatkan informasi yang lebih detil seperti dimana harus membeli, berapa jenis produk yang ada di Montclair Hair Series, masing-masing kegunaan, dsb. Produk ini hanya bisa didapat melalui reseller seharga IDR 300k, Montclair juga memiliki beberapa produk lain seperti penumbuh rambut yang bisa dilihat melalui Instagram.

Sayangnya active ingredients terletak dibagian bawah komposisi bahan, if you familiar with ingredients labeling pasti aware bahwa bahan teratas memiliki komposisi yang paling banyak dan semakin kebawah atau terakhir berarti semakin kecil kandungannya. Bahan teratas kebanyakan adalah additive seperti solvent atau pelarut dan penggunaan bahan aktif yang pada umumnya perlu dikonsumsi seperti asam amino dengan sedikit sekali manfaat yang terbukti secara klinik untuk pemakaian secara topikal. My concern adalah dengan prosentase bahan aktif yang kecil apakah produk akan bekerja secara efektif bagi mereka yang memiliki masalah yang lebih besar. For a start, my eyebrow is quite full dan masalah utama hanya ingin menambah lebat bulu mata bawah dan memanjangkan bulu mata atas. Jadi gw tidak bisa menilai seberapa efektifnya produk ini bagi mereka yang misalnya memiliki bulu mata dan alis yang sangat tipis. Anyway, if you decide to try this product, let me know your experience, be mindful terhadap beberapa kandungan bahan yang sudah gw uraikan diatas, kalian bisa mencari informasi lebih lengkap untuk membantu memutuskan apakah you’re okay with itI will keep on updating this post setelah ini dan report back apabila ada perkembangan lainnya. XOXO