Mizzu Cosmetic Alter Ego

An overall good product but require a slight improvement

Jun 4, 2017 | review | 18 comments

Hi Everyone,

I’ve never been this excited over local affordable product! Gw sudah banyak mendengar hal positif mengenai Mizzu Cosmetics dan melihat jenis produk yang dikeluarkan, I’m impressed. Mizzu Cosmetics sebagai brand baru memiliki cukup banyak jenis produk mulai dari falsies, eyeshadow primer, beberapa tools, blush, liquid lipstick, dan yang terbaru Alter Ego sebagai contour highlight kit. Alter Ego memiliki 2 shades yaitu Banana dan Rose, gw memilih Banana karena tampaknya lebih sesuai dengan warna kulit gw yang sedikit gelap. Mizzu Cosmetics Alter Ego berisi contour powderpowder highlighter, dan powder bronzer untuk menciptakan ilusi tulang pipi yang tinggi, rahang yang lebih lembut, hidung dan dahi yang lebih kecil, dan menciptkan glowing sculpted lookI know everyone’s saying contouring is so last season and strobing (highlight) is the current trend but I don’t see it that way, the two complement each other.

Let’s discuss my personal preference. Warna, gw menyukai cool tone dan sedikit nuansa keabu-abuan. Kenapa, karena tujuan contour adalah menciptakan bayangan agar tercipta hollow atau rongga untuk menonjolkan bagian lain. Perhatikan bayangan yang tercipta dikulit kamu, warnanya pasti cool tone sedikit ashy bukan warm. Sedangkan highlight, gw menyukai wet look atau highlight yang hanya menciptakan kemilau daripada yang terlihat glittery dengan 3 visible stripes. Warnanya juga harus tepat sehingga tidak terlihat ashy. Gw tidak terlalu suka menggunakan matte banana powder karena pada dasarnya produk ini adalah tinted powder sehingga bisa merubah foundation dan membuat makeup menjadi cake-y. Kebalikan dari contour, bertujuan untuk membuat kulit terlihat lebih terang yang membuat bagian tersebut menonjol, terkadang dikulit yang lebih gelap akan terlihat sekali pemisahan antara too lighter colored face dengan misalnya bagian leher.

Packaginglove it! dikemas dalam compact yang terasa sangat kuat, dilengkapi dengan cermin dan kalo kamu perhatikan ada lubang kecil yang bisa digunakan untuk mengangkat dan memindahkan pan. Walaupun begitu pan tetap menempel dengan baik. Mizzuare you going to sell refill or customize kitI’m patiently waiting :). Sidik jari memang menempel di packaging tetapi untuk gw tidak masalah. Gw juga suka dengan kotak kemasan, zebra stripes with pink accent dan dilengkapi dengan tips pemakaian. Produk yang didapat 4.5gr untuk masing-masing pan jadi totalnya 13.5gr.

Texturepowder yang sangat buttery dan lembut apabila disentuh tetapi sayangnya membuat terlalu banyak residu bedak yang terambil atau beterbangan. Akhirnya compact menjadi terlihat kotor karena banyak kelebihan produk yang tertinggal.

Performance: gw akan terlebih dahulu membicarakan performance masing-masing warna sebelum membahas secara keseluruhan. Karena tidak ada nama untuk masing-masing warna jadi silahkan refer ke foto.

Swatches gw lakukan dengan jari tangan dan kuas, palet ini terdiri dari:

  • Warna cokelat mid-tone taupe tetapi dengan dominasi warna cokelat dengan sedikit hint keabu-abuan dengan finish matte. Gw sangat menghargai Mizzu karena warna yang ada dipalet ini cukup baik untuk contouring dan sesuai untuk pemilik kulit sawo matang. Warna yang terlalu kental unsur keabu-abuannya akan terlihat ashy, tidak demikian dengan warna ini, it has just enough grey in it to make a good “shadow“. Walaupun bagi gw pribadi, i wish it had a tad bit ashy undertone to it daripada didominasi oleh rona kecokelatan. Ketahanannya hanya 4-5 jam sebelum memudar. Pigmentasinya sayang tidak translate dengan baik pada saat disapukan dengan kuas, diperlukan aplikasi berkali-kali sebelum mendapatkan intensitas yang gw inginkan. Blendability lumayan baik, pastikan kalian menyapukan lapisan bedak tipis agar tidak menempel di foundatiodan aplikasi menjadi rata.
  • Warna beige dengan tone kuning pucat dengan finish matteSuprisingly gw cukup menyukai finishing powder ini, aplikasi membuat undereye concealer gw tidak berpisah, masuk ke garis halus kerutan, dan tidak terihat chalky alias kering. Kemudian sama sekali tidak terlihat cake-yyey! Hanya jangan pernah menggunakan sponge basah untuk aplikasi, tekstur menjadi menggumpal dan berubah menjadi seperti adonan. Gw perhatikan selama 6-7 jam tetap bertahan dan membuat undereye terlihat fresh.
  • Warna champagne yang sedikit tricky untuk diaplikasikan. Sapukan dengan fan brush dan hasilnya terlalu intense dan membuat tekstur kulit menjadi lebih jelas, hello finelines. Gw harus menghaluskan kembali dengan stippling brush kecil hingga sebagian besar shimmer menjadi tone down walaupun tetap terlalu instense. Untungnya kilau akan memudar 2-3 jam kemudian yang malah menghasilkan sheen alias kemilau seperti wet look yang gw suka. Efek glossy wet tetap bertahan hingga 8 jam.

Gw menggunakan warna contour didaerah rahang, tulang pipi, dan digaris pelipis hingga dahi. Efek yang gw inginkan adalah membuat wajah gw sedikit lonjong, jadi gw menyisakan kira-kira 3 jari ditengah dahi. Gw juga menggunakan sebagai crease nose contourBanana powder digunakan didaerah bawah mata, dibagian antara alis, batang hidung, dan dagu. Gw memilih matte highlight yang membuat kulit gw lebih terang dan menonjolkan bagian wajah yang diinginkan tanpa terlihat berminyak. Sedangkan shimmer gw gunakan didaerah cupid’s bow dan membuat “C” ditulang pipi hingga atas alis, inner conner, sekaligus sebagai eyeshadow. I have before after picture, please excuse the slightly lighter foundation. 

Tekstur palet ini seperti gw jelaskan diatas sangat lembut tetapi kick off powder-nya alias bedak yang berterbangan terlalu banyak sehingga membuat palet ini menjadi kotor dan yang paling mengganggu residu tersebut mempengaruhi produk lain. Misalnya residu shimmer yang menempel diproduk yang bertekstur matte jadi setiap kali gw memakai harus dibersihkan layer teratas terlebih dahulu, yang berarti membuang produk.

Verdict: Deskripsi produk sedikit membinggungkan yang menyatakan produk yang didapat 1 powder bronzer, contour, powder highlighter. Padahal isi dari palet ini adalah 1 contour, 1 matte highlight, 1 shimmer highlight. Mizzu Cosmetics needs to make up their mind folks. Jelas bahwa contour powder berbeda dengan bronzer powder baik dari warna dan kegunaannya, sedikit missleading dan terlihat produk tidak memiliki concept yang baik. Apabila disebutkan ada bronzer maka gw mengharapkan ada 1 shade lagi berwarna cokelat dengan tone yang lebih warm.

Apakah menurut gw produk ini exceptional? Tidak, karena pigmentasi, terlalu banyak kick off powder, ketahanan yang tidak terlalu baik tetapi you can work your way around it. Tetapi bagi gw palet ini cukup baik untuk dicoba. Perlu sedikit kesabaran untuk mengaplikasikan warna contour untuk mencapai intensitas yang gw inginkan, banana powder dengan baik bisa set my undereye concealershimmer highlight terlalu “shimmery” sehingga menonjolkan tekstur kulit untuk selera pribadi gw tetapi gw melihat ada beberapa orang yang memang senang dengan intensitas seperti itu. Palet berukuran kecil dan kuat sehinga bisa dibawah traveling. Untuk pemakaian pribadi cukup baik karena warnanya yang tepat dan lumayan multi purpose, misalnya shimmer bisa digunakan sebagai eyeshadow. Harganya IDR 110k dan bisa dibeli secara online di Sociolla*

It’s time for #lokalproduk giveaway. Gw memberikan 1 buah Mizzu Cosmetics Alter Ego shade Banana dan tentu saja tool yang bisa digunakan untuk touch up Stila Retracable Kabuki Brush. Syaratnya mudah, hanya tinggal subscribe dengan memasukkan e-mail dipojok kanan atas, mengisi form undian dibawah, dan jangan lupa reconfirm subscription kamu dengan mengklik link yang akan dikirim ke alamat e-mail yang didaftarkan. 

Click here to view this promotion.

Congratulation! The winner is Ivory Seiko 🙂 She has been contacted and the price is on its way.