Hatomugi Skin Conditioner

A versitile Japanese affordable toner

Jun 18, 2017 | review | 16 comments

Hi Everyone,

Kawaii Beauty Japan mengirimkan Hatomugi Skin Conditioner untuk gw reviewToner ini, lebih spesifik lagi hydrating toner karena harganya yang affordable untuk jumlah produk yang didapat hingga kegunaan menjadi versatile, serba guna. Gw mengatakan toner karena produk ini memiliki sifat dan ciri-ciri toner. Secara singkat toner adalah produk dengan bahan-bahan yang memiliki khasiat baik untuk menutrisi kembali kulit setelah dibersihkan dan membantu membersihkan kulit dari debu, polusi, dan segala kotoran yang mungkin masih tertinggal dikulit setelah proses cleansingToner bisa secara cepat kembali “mengisi” kembali kulit dengan antioksidan, menenangkan kuilt, mengembalikan kelembabkan kulit hingga kulit nampak lebih fresh, halus, dan lembab. Ciri lain dari toner selain teksturnya yang cair karena merupakan water-based product adalah penggunaan ekstrak tumbuh-tumbuhan dan minyak esensial yang diformulasikan untuk berbagai macam tipe kulit.

Claim & Ingredients: 

Kegunaan Hatomugi Skin Conditioner sebagai penyejuk kulit dan menormalkan siklus sel-sel kulit. Mengandung bahan yang efektif untuk mencegah timbulnya jerawat, menghilangkan bintik-bintik noda dan penuaan kulit. Hatomugi Skin Conditioner membuat kulit selalu tampak segar, lebih kenyal, halus, dan lembut. Teksturnya ringan, tidak lengket di kulit dan tidak membuat kulit menjadi berminyak. Menghidrasi, menjaga kelembaban kulit secara maksimal, bisa digunakan di tubuh untuk menyegarkan kulit, dan tidak menggunakan pewangi tambahan.

Bahan-bahannya: Water, Dipropylene Glycol, Butylene Glycol, Glycerin, Dipottasium Glycyrrhizate, Coix Lacryma-Jobi (Job’s Tear) Seed Extract, Styrene/Acrylates Copolymer, Alcohol, Citric Acid, Sodium Citrate, Methylparaben, Propylparaben.

Coix lacryma-jobi (job’s tear) seed extract atau populer dengan nama Chinese pearl barley. Sedikit sulit mencari informasi mengenai manfaat pasti untuk kulit karena belum banyak riset yang dilakukan. Ekstrak gandum tumbuhan ini sering digunakan sebagai pengobatan alternatif pasien kanker. Di Jepang banyak sekali suplemen yang mengandung Hatomugi dengan konsentrasi tinggi untuk kesehatan kulit, kuku, dan rambut. Ada 1-2 artikel yang membahas bagaimana kulit yang berjerawat bisa membaik dengan mengkonsumsi Hatomugi dicampur dengan beras dan sedikit gula tetapi bukan penggunaan secara topikal (dioleskan ke kulit). Menurut Mystic Farmer’s Herbal Handbook disebutkan beberapa manfaat bagi kulit seperti merawat, memperbarui kulit dan menghilangkan keriput. Penggunaannya sebagai skin care lebih diinspirasi oleh pengobatan China kuno dan hanya populer dibeberapa negara asia. Pengobatan China kuno telah menggunakan ekstrak gandum Chinese pearl barley sebagai perawatan kulit yang dipercaya dengan menggunakan secara rutin dapat menghaluskan, memperbaiki, dan mengencangkan kulit, memperkecil pori-pori, mencegah dan mengobati jerawat dan hiperpigmentasi yang disebabkan oleh paparan sinar matahari, usia, dan kehamilan (ketidakseimbangan hormon pada bumil bisa menyebabkan timbulnya bintik hitam di wajah), menyeragamkan warna kulit, melembabkan kulit, dan mencegah kulit menjadi terkelupas dan kasar karena terlalu kering. Secara kimia, biji atau gandum Hatomugi kaya akan asam lemak esensial seperti linoleic acidpalmitic acidstearic, cis-8-oc-tadecenoic acid, hexanoic acid, nonanoic acid, octanoic aid, dan ethylpalmitate. Asam lemak esensial memiliki khasiat anti radang dan anti virus, steroids membantu menyeimbangkan hormon, polysaccharides dapat menguatkan sistem imun dan menurunkan glukosa, protein dan vitamin B1, B12, dan E dapat mengurangi pembentukan keriput, memperhalus kulit, dan menghilangkan dark spots. Enzim protease yang terkandung dalam biji atau gandum dapat melarutkan lapisan keratin kulit yang membuat kulit lebih lembut dan lembab. Manfaat lainnya yang baru saja ditemukan adalah bubuk gandum Hatomugi memiliki kemampuan menyerap sinar UV dan bisa digunakan sebagai tabir surya dengan menambahkan ke produk-produk perawatan kulit.

Satu ingredient that causes concern adalah alcohol, tidak dijelaskan secara spesifik jenis yang digunakan. Walaupun konsentrasinya kemungkinan kecil karena terletak sebagai bahan 5 terbawah. Biasanya alkohol tanpa spesifikasi adalah jenis simple alcohol. Alkohol jenis ini dengan cepat melarutkan minyak dipermukaan kulit dan karena sifatnya yang menguap dengan cepat jadi mengeringkan kulit. Proses tersebut membuat lapisan pelindung kulit menjadi lemah dan dapat membuat kulit menjadi rentan misalnya terhadap iritasi. Agak sedikit counterintuitive atau berlawanan untuk menaruh alkohol di produk yang ditujukan untuk melembabkan kulit.

Dipropylene glycol digunakan untuk melarutkan bahan lain ke dalam air atau solvent dan biasanya sekaligus sebagai viscoscity controlling untuk mengatur kekentalan suatu produk. Butylene Glycol adalah fatty alcohol yang digunakan selain sebagai solvent juga memiliki manfaat untuk meningkatkan penetrasi bahan-bahan lain yang memiliki manfaat ke dalam kulit. Sifatnya sebagai humektan mampu menjaga kelembaban kulit dengan membantu menarik kelembaban dari udara kedalam kulit. Glycerin juga bersifat humektan untuk membantu menjaga kelembaban pada kulit. Dipottasium Glycyrrhizate garam yang berasal dari licorice root extract atau ekstrak akar kayu manis. Bahan ini dikatakan sangat baik bagi khususnya pemilik kulit kering yang bekerja untuk memperbaiki tampilan kulit yang kering atau rusak dengan mengurangi kulit mengelupas dan mengembalikan kekenyalan, bisa disebut dengan skin conditioning. Selain itu juga memiliki khasiat anti radang dan anti iritasi dengan kemampuan menenangkan kulit. Secara lebih lanjut, ada beberapa riset yang menyebutkan bahan ini menghambat enzim tyrosinase dan produksi melanin sehingga berpotensi untuk brightening agent untuk mencegah hiperpigmentasi. Riset selanjutnya juga menunjukkan manfaat lebih lanjut untuk mengurangi kemerahan dan iritasi yang sering dikaitkan dengan rosacea, psorias, dan jerawat. Styrene/acrylates copolymer bisa dikatakan bahan dasar plastik adalah gabungan antara 2 atau lebih monomer menjadi satu yang terdiri dari asam akrilat, asam metrakrilat atau salah satu dari ester sederhana dari kedua asam tersebut. Biasanya ingredients ini digunakan di nail polish karena kemampuannya membentuk lapisan tipis sekaligus menambah opacity warna. Diproduk ini gw rasa digunakan sebagai viscocity increasing agent – aquaeous, zat yang digunakan untuk meningkatkan kekentalan air yang digunakan disuatu produk. Gw tidak khawatir menyebabkan iritasi karena zat ini memiliki molekul yang besar sehingga tidak bisa berpenetrasi kedalam kulit. Citric acid dan sodium citrate keduanya digunakan untuk menyesuaikan kadar pH sehingga produk tidak terlalu asam maupun basa. Methylparaben dan propylparaben digunakan sebagai pengawet.

Packaging: dikemas dalam botol plastik tetapi tidak seringkih botol air minum mineral dengan tutup ulir. Untungnya lubang yang disediakan tidak terlalu besar jadi produk yang tertuang tidak terlalu banyak. Produk yang didapat 500ml.

Texture Scent: memiliki tekstur cair dan aroma seperti astringent atau toner jaman dahulu tetapi tidak menyengat, it’s quite refreshing actually. Berwarna milky layaknya susu yang berasal dari coix seed extract.

How I use it: karena gw sudah sebutkan salah satu kelebihan utama adalah produk yang didapat berlimpah sehingga kegunaannya sangat versitle jadi gw akan sebutkan beberapa diantaranya. Apabila kalian tahu kegunaan lainnya, lemme know in the comment section.

Sebagai hydrating tonerAM – PM yang bisa digunakan setelah cleansing dan acid toner. Tuangkan produk ke kapas atau ke tangan kemudian press it against the skin daripada hanya ditepuk-tepukkan saja.

Sebagai masker untuk ekstra hidrasi, metode yang disarankan dengan menggunakan kapas kemudian tutup seluruh permukaan wajah dan diamkan 3 menit. Namun bagi gw metode tersebut too messy dan produk yang terbuang terlalu banyak baik yang terserap oleh kapas maupun tertinggal dikapas karena tidak dapat terserap oleh kulit. Gunakanlah tablet sheet mask kosong, harganya murah IDR 19k untuk 12 tablet. Tuangkan sedikit demi sedikit sehingga produk terserap dengan baik di sheet mask agar tidak menetes, membuang terlalu banyak produk, diamkan selama setidaknya 15 menit.

Sebagai pelarut masker, bagi yang suka menggunakan clay maskoatmeal mask yang masih alami, produk ini bisa digunakan untuk melarutkan berbagai masker tersebut.

Sebagai face mist untuk menyegarkan kulit sehabis misalnya kegiatan outdoor. Gw tidak langsung menyemprotkan saat selesai olahraga karena tidak ingin sunblock gw luntur. Semprotkan saat sudah berada didalam ruangan. Face mist ini cocok digunakan untuk menjaga kelembaban saat bepergian selama lebih dari 6 jam, AC pesawat sangat mengeringkan kulit dan hidrasi tambahan akan dihargai oleh kulit. Sayangnya tidak bisa digunakan untuk me-refresh makeup karena it doesn’t play well with makeup, melunturkan makeup gw.

Sebagai body mist, gw menggunakan sehabis mandi sebelum memakai body oil atau lotion. Keduanya akan mengunci “air” yang dibutuhkan kulit untuk menjaga kelembaban.

Performance: Sebagai toner dan face mist, gw cukup menikmati menggunakan produk ini walaupun tidak akan mengandalkan sebagai satu-satu produk untuk membantu menjaga maupun menambah kelembaban. Hatomugi Skin Conditioner menjadi lapisan pertama selain pelembab dan produk lain yang akan gw gunakan. Sama sekali tidak ada rasa menyengat atau perih pada saat terkena permukaan kulit bahkan dibagian seperti mata (karena terkadang saat menyemprotkan akan terkena ke mata). Biasanya membutuhkan waktu kira-kira 30 detik untuk produk benar-benar terserap oleh kulit. Setelahnya kulit lebih lembut dan kenyal. Apalagi apabila gw menggunakannya sebagai sheet mask karena produk yang terserap ke kulit lebih banyak. Sebagai pelarut masker, produk ini sangat berguna pada saat gw menggunakan clay mask. Sifat clay mask yang menghilangkan minyak berlebih di kulit terkadang membuat kulit terasa terlalu kering, dengan mencampurkan atau melarutkan clay mask sedikit menambahkan kembali kelembaban kulit.

Verdict: Kalau kamu mencari hydrating toner yang terjangkau dan ingin menggunakan produk yang ditujukan untuk merawat kulit untuk melarutkan masker daripada air biasa atau something to refresh your skin after an outdoor activity, dan tidak memiliki masalah dengan bahan-bahan yang sudah gw jabarkan diatas, then this is for you. Gw tidak mengalami jerawat tetapi tidak bisa mencegah timbulnya jerawat khususnya bagi mereka yang memiliki kulit acne-prone. Jerawat masih timbul here and there di wajah gw. Apalagi untuk menghilangkan bintik-bintik hitam yang sangat sulit dihilangkan bahkan dengan produk yang secara spesifik ditujukan untuk hal tersebut dan memiliki active ingredients yang terkenal lebih berkhasiat dengan konsentrasi yang tinggi. Simply produk ini dapat membantu menambah kelembaban kulit.  Teksturnya ringan, mudah terserap, dan tidak lengket jadi bagi pemilik kulit berminyak akan sangat senang sekali karena tidak ada greasy feeling, sedangkan bagi pemilik kulit cenderung kering produk ini adalah langkah awal yang baik untuk me-layer produk yang bersifat melembabkan. Harganya IDR 98.500 dan bisa didapat di SOGO, Guardian, Papaya, VIP Plaza, Perfect Beauty, Nihonmart, Elevania, dan Sociolla*.

Untuk informasi yang update silahkan kunjungi Facebook Hatomugi Skin Conditioner, disana juga sering di post beberapa tips yang berguna misalnya cara pemakaian sekaligus review dari blogger lain sebagai tambahan referensi. XOXO